Date Log
Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter
Corresponding Author(s) : Fariz Kartika Yudha
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 3 No. 1 (2024): September
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan karakter dapat meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan melibatkan 100 anak usia 4-6 tahun dari 10 Taman Kanak-Kanak di di berbagai wilayah Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan perangkat lunak SPSS versi terbaru. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan karakter memiliki pengaruh positif signifikan terhadap semua aspek perkembangan sosial yang diukur, seperti kemampuan berkomunikasi, kerja sama, empati, dan penyelesaian konflik. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan pada level p $<$ 0.05 antara anak yang mendapatkan pendidikan karakter dan yang tidak. Nilai koefisien regresi (β) untuk masing-masing aspek berkisar antara 0.38 hingga 0.48 dengan nilai p < 0.01. Nilai R2 dan F-value menunjukkan model regresi signifikan dalam menjelaskan variasi dalam perkembangan sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter berperan penting dalam meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini dan merekomendasikan pengembangan program pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan anak usia dini.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- M. A. Pike, P. Hart, S.-A. S. Paul, T. Lickona, and P. Clarke, “Character development through the curriculum: teaching and assessing the understanding and practice of virtue,” Journal of Curriculum Studies, vol. 53, no. 4, pp. 449–466, 2021.
- D. Desmila and D. Suryana, “Upaya guru dalam menanamkan karakter anak usia dini melalui pendidikan multikultural,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 2474–2484, 2023.
- B. Taib, R. Samad, W. Oktaviani, and M. Irham, “Implementasi seni gerak dan lagu dalam membentuk karakter anak usia 4-5 tahun di paud kemala bhayangkari,” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, vol. 4, no. 2, pp. 1–14, 2022.
- N. Komariah and I. Nihayah, “Improving the personality character of students through learning islamic religious education,” At-Tadzkir: Islamic Education Journal, vol. 2, no. 1, pp. 65–77, 2023.
- F. P. Lestari, F. Ahmadi, and R. Rochmad, “The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character.” European Journal of Educational Research, vol. 10, no. 1, pp. 497–508, 2021.
- E. K. Elbes and L. Oktaviani, “Character building in english for daily conversation class materials for english education freshmen students,” Journal of English Language Teaching and Learning, vol. 3, no. 1, pp. 36–45, 2022.
- E. N. Junita and L. Anhusadar, “Parenting dalam meningkatkan perkembangan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun,” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 57–63, 2021.
- S. Santia, T. Naat, and L. E. Jayadi, “Meningkatkan karakter menghormati orang tua lewat pendidikan agama kristen untuk anak usia sekolah dasar,” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 2, no. 2, pp. 123–132, 2021.
- D. Pramono, S. Yunita, M. Erviana, D. Setianingsih, R. P. Winahyu, and M. D. Suryaningsih, “Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini,” Journal of Education and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 104–112, 2021.
- S. E. Susanti, “Urgensi pendidikan karakter bagi perkembangan anak usia dini dalam pandangan islam,” Jurnal Islam Nusantara, vol. 5, no. 2, pp. 90–102, 2021.
- F. Permatasari, “Implementation of character education during the pandemic in tk aisyiyah 1 gurah kediri,” Journal of Childhood Development, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2021.
- C. Hastasari, B. Setiawan, and S. Aw, “Students’ communication patterns of islamic boarding schools: The case of students in muallimin muhammadiyah yogyakarta,” Heliyon, vol. 8, no. 1, 2022.
- L. B. Wadu, R. N. D. Kasing, A. F. Gultom, and K. Mere, “Child character building through the takaplager village children forum,” in 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020). Atlantis Press, 2021, pp. 31–35.
- D. Suri and D. Chandra, “Teacher’s strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education,” Journal of Ethnic and Cultural Studies, vol. 8, no. 4, pp. 271–285, 2021.
- M. Umar, F. Ismail, and N. Syawie, “Implementasi pendidikan karakter berbasis moderasi beragama pada jenjang pendidikan anak usia dini,” Edukasi, vol. 19, no. 1, pp. 101–111, 2021.
- H. Antonopoulou, C. Halkiopoulos, E. Gkintoni, and A. Katsimpelis, “Application of gamification tools for identification of neurocognitive and social function in distance learning education,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 21, no. 5, pp. 367–400, 2022.
- N. E. Oktaviana, E. Elan, and E. H. Mulyana, “Dasar kebutuhan pengembangan buku panduan bermain peran untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Jurnal PAUD Agapedia, vol. 5, no. 1, pp. 50–61, 2021.
- A. Suryanto, S. Saliman, and S. Sudrajat, “The weakness of character education in indonesian teenager,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 9, no. 5, pp. 3869–3874, 2023.
- S. Mardliyah, W. Yulianingsih, and L. S. R. Putri, “Sekolah keluarga: Menciptakan lingkungan social untuk membangun empati dan kreativitas anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 576, 2020.
- T. T. Mukarromah and P. Agustina, “Gamifikasi berbasis aplikasi dan pembelajaran anak usia dini,” Edukids J. Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 18, no. 1, pp. 18–27, 2021.
- N. Nurlailah and H. Ardiansyah, “The influence of the school environment on character form students in pkn lessons,” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, vol. 5, no. 2, pp. 281–289, 2022.
- M. Ahsan, “Implementation of character education in madrasah students,” International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), vol. 1, no. 4, pp. 113–118, 2023.
- H. H. Sukma, “Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital dini,” in Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta, vol. 1, no. 01, 2021, pp. 85–92.
- K. A. Triana, N. H. Cipta, and S. Rokmanah, “Pengaruh kemajuan teknologi terhadap perkembangan pendidikan karakter anak sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 24 623–24 627, 2023.
- A. Fitrianingtyas, U. E. E. Rasmani, S. Wahyuningsih, J. Jumiatmoko, N. S. Zuhro, B. Winarji, and N. E. Nurjanah, “Mengembangkan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis proyek di paud,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, pp. 5675–5686, 2023.
- M. R. Andhika, “Peran orang tua sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak usia dini,” AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, pp. 73–81, 2021.
- P. H. Pebriana, S. Hasanah, N. Amalia, and M. Mufarizuddin, “Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 3, pp. 1216–1221, 2022.
- R. Rakhmawati, “Alat permainan edukatif (ape) untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Bulletin of Counseling and Psychotherapy, vol. 4, no. 2, pp. 381–387, 2022.
- N. Q. Aini, N. Faturohman, and D. Darmawan, “Penerapan penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan guna pembentukan kemandirian anak usia dini di kb azzahroh serang,” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), vol. 6, no. 2, pp. 98–113, 2023.
- J. Jumriani, E. W. Abbas, U. Isnaini, M. Mutiani, and B. Subiyakto, “Pattern of religious character development at the aisyiyah orphanage in banua anyar village banjarmasin city,” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 2251–2260, 2022.
References
M. A. Pike, P. Hart, S.-A. S. Paul, T. Lickona, and P. Clarke, “Character development through the curriculum: teaching and assessing the understanding and practice of virtue,” Journal of Curriculum Studies, vol. 53, no. 4, pp. 449–466, 2021.
D. Desmila and D. Suryana, “Upaya guru dalam menanamkan karakter anak usia dini melalui pendidikan multikultural,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 2474–2484, 2023.
B. Taib, R. Samad, W. Oktaviani, and M. Irham, “Implementasi seni gerak dan lagu dalam membentuk karakter anak usia 4-5 tahun di paud kemala bhayangkari,” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, vol. 4, no. 2, pp. 1–14, 2022.
N. Komariah and I. Nihayah, “Improving the personality character of students through learning islamic religious education,” At-Tadzkir: Islamic Education Journal, vol. 2, no. 1, pp. 65–77, 2023.
F. P. Lestari, F. Ahmadi, and R. Rochmad, “The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character.” European Journal of Educational Research, vol. 10, no. 1, pp. 497–508, 2021.
E. K. Elbes and L. Oktaviani, “Character building in english for daily conversation class materials for english education freshmen students,” Journal of English Language Teaching and Learning, vol. 3, no. 1, pp. 36–45, 2022.
E. N. Junita and L. Anhusadar, “Parenting dalam meningkatkan perkembangan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun,” Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 57–63, 2021.
S. Santia, T. Naat, and L. E. Jayadi, “Meningkatkan karakter menghormati orang tua lewat pendidikan agama kristen untuk anak usia sekolah dasar,” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 2, no. 2, pp. 123–132, 2021.
D. Pramono, S. Yunita, M. Erviana, D. Setianingsih, R. P. Winahyu, and M. D. Suryaningsih, “Implementasi penggunaan teknologi oleh orang tua sesuai pendidikan karakter moral untuk anak usia dini,” Journal of Education and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 104–112, 2021.
S. E. Susanti, “Urgensi pendidikan karakter bagi perkembangan anak usia dini dalam pandangan islam,” Jurnal Islam Nusantara, vol. 5, no. 2, pp. 90–102, 2021.
F. Permatasari, “Implementation of character education during the pandemic in tk aisyiyah 1 gurah kediri,” Journal of Childhood Development, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2021.
C. Hastasari, B. Setiawan, and S. Aw, “Students’ communication patterns of islamic boarding schools: The case of students in muallimin muhammadiyah yogyakarta,” Heliyon, vol. 8, no. 1, 2022.
L. B. Wadu, R. N. D. Kasing, A. F. Gultom, and K. Mere, “Child character building through the takaplager village children forum,” in 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020). Atlantis Press, 2021, pp. 31–35.
D. Suri and D. Chandra, “Teacher’s strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education,” Journal of Ethnic and Cultural Studies, vol. 8, no. 4, pp. 271–285, 2021.
M. Umar, F. Ismail, and N. Syawie, “Implementasi pendidikan karakter berbasis moderasi beragama pada jenjang pendidikan anak usia dini,” Edukasi, vol. 19, no. 1, pp. 101–111, 2021.
H. Antonopoulou, C. Halkiopoulos, E. Gkintoni, and A. Katsimpelis, “Application of gamification tools for identification of neurocognitive and social function in distance learning education,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 21, no. 5, pp. 367–400, 2022.
N. E. Oktaviana, E. Elan, and E. H. Mulyana, “Dasar kebutuhan pengembangan buku panduan bermain peran untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Jurnal PAUD Agapedia, vol. 5, no. 1, pp. 50–61, 2021.
A. Suryanto, S. Saliman, and S. Sudrajat, “The weakness of character education in indonesian teenager,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 9, no. 5, pp. 3869–3874, 2023.
S. Mardliyah, W. Yulianingsih, and L. S. R. Putri, “Sekolah keluarga: Menciptakan lingkungan social untuk membangun empati dan kreativitas anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 576, 2020.
T. T. Mukarromah and P. Agustina, “Gamifikasi berbasis aplikasi dan pembelajaran anak usia dini,” Edukids J. Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 18, no. 1, pp. 18–27, 2021.
N. Nurlailah and H. Ardiansyah, “The influence of the school environment on character form students in pkn lessons,” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, vol. 5, no. 2, pp. 281–289, 2022.
M. Ahsan, “Implementation of character education in madrasah students,” International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), vol. 1, no. 4, pp. 113–118, 2023.
H. H. Sukma, “Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital dini,” in Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UTP Surakarta, vol. 1, no. 01, 2021, pp. 85–92.
K. A. Triana, N. H. Cipta, and S. Rokmanah, “Pengaruh kemajuan teknologi terhadap perkembangan pendidikan karakter anak sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 24 623–24 627, 2023.
A. Fitrianingtyas, U. E. E. Rasmani, S. Wahyuningsih, J. Jumiatmoko, N. S. Zuhro, B. Winarji, and N. E. Nurjanah, “Mengembangkan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis proyek di paud,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, pp. 5675–5686, 2023.
M. R. Andhika, “Peran orang tua sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak usia dini,” AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, pp. 73–81, 2021.
P. H. Pebriana, S. Hasanah, N. Amalia, and M. Mufarizuddin, “Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 3, pp. 1216–1221, 2022.
R. Rakhmawati, “Alat permainan edukatif (ape) untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini,” Bulletin of Counseling and Psychotherapy, vol. 4, no. 2, pp. 381–387, 2022.
N. Q. Aini, N. Faturohman, and D. Darmawan, “Penerapan penguatan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan guna pembentukan kemandirian anak usia dini di kb azzahroh serang,” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), vol. 6, no. 2, pp. 98–113, 2023.
J. Jumriani, E. W. Abbas, U. Isnaini, M. Mutiani, and B. Subiyakto, “Pattern of religious character development at the aisyiyah orphanage in banua anyar village banjarmasin city,” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 2251–2260, 2022.