Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Ruang Lingkup Jurnal Mentari mengenai:

Manajemen: Manajemen Syariah, Pemasaran, Manajemen Informatika, Manajemen Pendidikan, Manajemen Komunikasi dan Media,

Pendidikan: Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Bahasa

Teknologi Informasi: Teknik Komputer, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Computer Science (CS), Software Engineering (SE), Internet of Things (IoT), Network Security, IT Business Incubation, Blockchain

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

 

Proses Peer Review (Single Blind)

1. Artikel yang diterima untuk diproses adalah artikel yang sesuai dengan kerangka penulisan jurnal yang ditentukan pada link berikut ini.
2. Artikel diterima untuk diproses merupakan artikel yang telah memenuhi Petunjuk Penulis pada link berikut ini.
3. Proses review artikel terbagi menjadi 2 tahap, review oleh Editor dan Reviewer.
4. Proses review oleh Editor akan melibatkan proses pengecekan penulisan artikel dimana artikel yang disetujui hanyalah artikel dengan penulisan yang sesuai dengan template.
5. Setelah proses review artikel oleh Editor kemudian artikel akan proses kembali untuk di scan plagiarisme dimana artikel yang lolos review tahap Editor hanya artikel dengan hasil scan.
6. Jurnal yang telah lolos tahap review oleh Editor akan di review kembali oleh 2 orang Reviewer.
7. Artikel akan di review oleh Reviewer selama paling lama 14 hari pengerjaan.
8. Proses penilaian Reviewer sepenuhnya berdasarkan hasil penilaian Reviewer.
9. Proses pengerjaan revisi dari reviewer paling lambat 7 hari setelah hasil review dikirimkan.
10. Pengiriman revisi yang melebihi batas yang ditentukan akan otomatis ditolak.
11. Artikel harus bersifat original dengan tingkat plagiat <20%.

 

Jadwal Terbitan

Jurnal MENTARI terbit sebanyak 2 kali setahun dengan 1 volume setiap 6 bulan sekali pada bulan September dan Maret. Penyerahan Artikel dapat diterima kapan saja dan akan diterbitkan pada terbitan mendatang. Untuk setiap terbitan, akan ada 10 makalah. Dalam satu tahun, akan ada 20 makalah.

Tanggal Penyerahan Artikel : Kapan saja.
Pemberitahuan Penerimaan: 8 Minggu sejak Tanggal Pengiriman.
Tanggal Publikasi Online: September dan Maret

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan.

Pernyataan Akses Terbuka

Semua artikel yang dimuat di Jurnal MENTARI bersifat Open Access.

Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan, dan Teknologi Informasi telah mematuhi standar I4OC untuk kutipan terbuka yang berarti semua konten tersedia secara gratis tanpa dipungut biaya kepada pengguna atau lembaga.

Pengguna diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis selama mengakui penulis asli sebagaimana tercantum dalam lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0).

Lisensi dan alat hak cipta Creative Commons membentuk keseimbangan dalam pengaturan "semua hak dilindungi undang-undang" yang dibuat oleh undang-undang hak cipta. Pencipta individu, perusahaan, dan institusi besar dapat menggunakan alat ini untuk memberikan izin hak cipta atas karyanya secara langsung dan terstandarisasi.

Pengguna memiliki kebebasan penuh untuk:

  • Membagi, menyalin, dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun.
  • Menyesuaikan materi untuk tujuan apa pun, dengan mencampur ulang, mengubah, dan mengembangkannya.

Ketentuan berlaku:

Jurnal MENTARI menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang meningkat. Artikel diterbitkan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 (CC BY 4.0) International License yang mengizinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam media apapun asalkan karya asli dikutip dengan benar.

 

Etika Publikasi Penulis

Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi adalah jurnal ilmiah dengan kualitas terbaik sebagai hasil penelitian dari berbagai peneliti dunia dalam ruang lingkup Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi. Jurnal Mentari merupakan bagian dari Pandawan Sejahtera Indonesia, serta didukung oleh Alphabet Incubator sebagai wadah dalam menuangkan hasil penelitian secara konseptual, eksperimen, maupun teknis bagi seluruh peneliti di dunia yang diterbitkan setiap bulan Maret dan September.

Pernyataan etika publikasi ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini didasarkan pada Comitte on Publication Ethics yang sudah diadopsi dalam Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

1. Penulis menyatakan bahwa manuskrip tersebut merupakan karya asli dan manuskrip tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.
2. Penulis menyatakan bahwa semua penulis telah menyetujui publikasi ini dan tidak ada konflik kepentingan.
3. Penulis menegaskan bahwa naskah yang tercantum pada halaman judul telah memberikan kontribusi signifikan terhadap karya tersebut, telah membaca naskah, membuktikan validitas dan legitimasi data dan interpretasinya, dan menyetujui pengajuannya.
4. Penulis menegaskan bahwa makalah yang sekarang dikirimkan tidak menyalin atau menjiplak versi beberapa karya lain yang diterbitkan.
5. Penulis menyatakan bahwa tidak akan mengirimkan makalah untuk publikasi di Jurnal lain sampai keputusan dibuat oleh editor Jurnal MENTARI.
6. Jika makalah akhirnya diterima oleh jurnal untuk diterbitkan, penulis menegaskan bahwa akan segera menerbitkan makalah atau menariknya sesuai dengan kebijakan penarikan.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, frekuensi penerbitan, dan akreditasi jika diperlukan.
2. Memilih anggota dewan editor.
3. Menetapkan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak terkait lainnya melalui kontrak.
4. Menghormati kerahasiaan informasi untuk peneliti, penulis, editor, dan mitra bestari.
5. Menerapkan norma dan ketentuan hak kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
6. Mengkaji kebijakan jurnal dan mengkomunikasikannya kepada penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
7. Menyusun panduan kode etik bagi editor dan mitra bestari.
8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
9. Menjamin ketersediaan dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

1. Memenuhi kebutuhan pembaca dan penulis.
2. Terus meningkatkan kualitas publikasi.
3. Menerapkan prosedur untuk memastikan kualitas karya tulis yang diterbitkan.
4. Mempromosikan kebebasan berpendapat secara objektif.
5. Mempertahankan integritas rekam jejak akademik penulis.
6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf bila diperlukan.
7. Bertanggung jawab atas gaya dan format karya tulis, sementara isi dan pernyataan dalam karya tulis menjadi tanggung jawab penulis.
8. Secara aktif meminta masukan dari penulis, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan kualitas publikasi.
9. Mendorong penilaian terhadap jurnal jika ada temuan.
10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta penulis melampirkan formulir Klirens Etik yang disetujui oleh Komisi Klirens Etik.
11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi.
12. Mengkaji dampak kebijakan terbitan terhadap sikap penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan mengurangi kesalahan.
13. Terbuka terhadap pandangan baru atau pendapat yang mungkin bertentangan dengan pandangan pribadi.
14. Tidak memaksakan pendapat pribadi, penulis, atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif.
15. Mendorong penulis untuk memperbaiki karya tulis hingga layak diterbitkan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari

1. Diberi tugas oleh editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor sebagai bahan penentuan kelayakan publikasi.
2. Tidak boleh menelaah karya tulis yang memiliki keterlibatan langsung atau tidak langsung dengan dirinya.
3. Menjaga kerahasiaan penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi, serta memberikan kritik dan masukan secara konstruktif.
4. Mendorong penulis untuk memperbaiki karya tulis mereka.
5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
6. Melakukan penelaahan tepat waktu sesuai dengan gaya selingkung penerbitan berdasarkan kaidah ilmiah, termasuk metode pengumpulan data, legalitas penulis, kesimpulan, dan lainnya.

 

Pernyataan Privasi
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan Jurnal MENTARI dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan.

 

Kebijakan Pengabaian

Pengabaian atau pembebasan sebagian biaya penulis dapat diputuskan oleh editor jika terjadi kekurangan dana, panjang naskah yang diserahkan, atau alasan masuk akal lainnya yang diberikan oleh penulis selama penyerahan. Penulis harus menyatakan bahwa dia meminta pengabaian dalam komentar di kotak Editor selama permintaan mereka. Pelepasan kemungkinan besar akan ditolak jika tidak diminta pada tahap ini. Pengabaian tidak akan mempengaruhi hasil peninjauan.

Plagiarisme

Naskah yang dikirim ke jurnal ini akan difilter untuk penjiplakan menggunakan aplikasi otentikasi dengan tingkat yang sama maksimum 20% ketika diterbitkan. Naskah yang dikirimkan akan memeriksa plagiarisme dengan menggunakan: