Peranan Tantangan Dakwah Pendidikan Agama Islam Dalam Media Komunikasi Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.34306/alwaarits.v1i1.33Keywords:
Teknologi, Komunikasi, TantanganAbstract
Teknologi Informasi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Pertumbuhan tersebut membuatnya memudahkan manusia sebagai media yang menghubungkan satu dengan yang lainnya. Beragam Informasi serta kejadian yang telah terjadi di seluruh penjuru dunia sangat dengan sangat cepat dapat diakses oleh manusia. Globalisasi muncul ditandai dengan semakin perkembangan teknologi informasi. Seluruh lapisan masyarakat di dunia, terutama orang yang beragama islam dapat melihat berbagai keseruan program televisi yang menghadirkan bermacam-macam tayangan. Dengan adanya satelit pemancar siaran televisi tidak hanya bersifat nasional saja tetapi penduduk juga dapat merasakan saluran televisi yang bersifat internasional. Pada satu sisi menyampaikan informasi atau gagasan kreativitas pada manusia lain baik memakai media komunikasi ataupun tidak guna mengubah pola pikir dan tingkah laku masyarakat. Komunikasi bertujuan sebagai untuk memenuhi tujuan tertentu. Komunikasi dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya dikarenakan peranannya sebagai ilmu, seni, dan lapangan kerja. Menyampaikan sebuah informasi serta mencari informasi. Komunikasi sendiri mempunyai tujuan sebagai media pengutaraan informasi juga menjadi sebagai alat pencari informasi kepada yang lain agar apa yang hendak disampaikan bisa dipahami sehingga komunikasi yang dilakukan bisa terpenuhi. Informasi yang di dapat atau pesan yang disampaikan oleh komunikator pada khalayak umum terjalin secara komunikatif apabila keadaan terbentuk psikologis manusia yang sama di antara manusia-manusia yang masuk ke dalam teknik yang digunakan. Dengan arti yang disimpulkan, informasi yang telah disampaikan oleh sang komunikator pada manusia lain merupakan kondisi komunikatif dengan cerminan adab daripada diri sang komunikator tersebut.