Date Log
Media Sosial dalam Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan: Eksplorasi Masa Depan
Corresponding Author(s) : Harries Madiistriyatno
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 1 (2023): September
Abstract
Penggunaan media sosial yang semakin meningkat menghasilkan pengumpulan data dalam jumlah besar. Bisnis semakin banyak memanfaatkan platform media sosial dan data yang disediakan oleh platform ini untuk pemasaran, kreasi bersama, dan interaksi dengan pelanggan. Namun, peran media sosial dalam konteks manajemen operasi dan rantai pasokan masih belum jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan tinjauan terhadap literatur yang ada tentang media sosial dalam konteks manajemen operasi dan rantai pasokan dan untuk menekankan aplikasi, metodologi, dan masa depan media sosial dalam manajemen operasi dan rantai pasokan. Untuk mengorganisir, menilai, dan mensintesis literatur yang ada, studi ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis. Temuan ini menunjukkan bahwa potensi disruptif dari media sosial belum sepenuhnya diapresiasi oleh para praktisi dan akademisi manajemen operasi dan rantai pasokan, sehingga bidang integrasi media sosial - manajemen operasi dan rantai pasokan masih dalam tahap awal. Hasilnya, para praktisi mendapatkan wawasan sekaligus menggarisbawahi pentingnya menggabungkan media sosial untuk meningkatkan efektivitas manajemen operasi dan rantai pasokan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- G. Ghozali, “JARINGAN INTERNET DAN SOSIAL MEDIA DALAM RANTAI PASOKAN DAN LOGISTIK: PERKEMBANGAN DAN TOPIK YANG MUNCUL,” Media Mahardhika, vol. 18, no. 3, pp. 500–520, 2020.
- K. Katili, P. Kindangen, and M. M. Karuntu, “Analisis Manajemen Rantai Pasok Ikan Roa Di Desa Kumu Kecamatan Tombariri,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 3, 2020.
- E. T. Wibowo, “Pembangunan Ekonomi Pertanian Digital Dalam Mendukung Ketahanan Pangan (Studi di Kabupaten Sleman: Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Daerah Istimewa Yogyakarta),” Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 26, no. 2, pp. 204–228, 2020.
- A. Mulyana and B. Parikesit, “Manajemen Rantai Pasok: Implementasi dan Efektivitas Media Sosial Dalam Pengelolaan Bisnis Radio (Studi pada Radio 89.6 FM IRadio Jakarta),” MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 9, no. 3, p. 293239, 2019.
- A. T. Pada, “Strategi bertahan usaha mikro pada fase awal pandemi covid-19: studi kualitatif pada pelaku usaha kuliner,” Insight Management Journal, vol. 3, no. 2, pp. 56–62, 2023.
- F. G. Y. Soumokil, A. L. Tumbel, and I. D. Palandeng, “Analisis Manajemen Rantai Pasok Ikan Mas Di Desa Tatelu Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 1, 2020.
- K. N. Yekty and G. T. Solovida, “Pengaruh Strategi Kewirausahaan dan Modal Sosial Terhadap Kinerja Keuangan serta Non-Keuangan Melalui Manajemen Rantai Pasokan Berkelanjutan,” Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, vol. 16, no. 1, pp. 52–73, 2021.
- K. N. Lestari, “Analisis Hubungan Interorganisasi Ekosistem Bisnis Untuk Mendukung Proses Transformasi Digital Di Ukm,” 2022.
- R. Salam and A. Kho, “Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 198–207, 2023.
- A. PUTRI, “Analisis Manajemen Operasional Hubungan Pemasaran Pelangan Di PT Gudang Garam Tbk,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 12, no. 2, pp. 784–796, 2023.
- A. Chan and S. J. Raharja, “EKSPLORASI PENELITIAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI: SUATU STUDI PEMETAAN SISTEMATIS,” AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 7, no. 3, pp. 319–336, 2023.
- D. Zarasky and N. Septiani, “Analisis Faktor Kepuasan dan Minat Penggunaan E-Money Flazz BCA di Kota Tangerang,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89–99, 2022.
- E. Radiansyah, “Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital: Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan,” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., vol. 9, no. 2, pp. 828–837, 2022.
- R. Reynold, C. Rahardja, and A. Setyawan, “Faktor-Faktor Mempengaruhi Behavioral Intention Pada Penggunaan Mobile Payment Dana Di Surabaya,” 2022.
- O. A. Putri and S. Hariyanti, “Review Artikel: Transformasi Digital Dalam Bisnis Dan Manajemen,” Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, vol. 1, no. 1, pp. 135–166, 2022.
- F. Yuswantoro, N. Oktaria, and H. Mujoko, “Peran Implementasi E-Procurement dan Inovasi Supply Chain Terhadap Kinerja Supply Chain Industri Pertahanan Pada Era Digital,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 3, no. 6, pp. 7–16, 2022.
- M. M. M. Zuana and S. Sopiah, “Manajemen Pengetahuan dan Transformasi Digital di Era Industri 4.0,” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 6, no. 2, p. 460805, 2022.
- A. P. N. Sari and F. S. Goestjahjanti, “Pengaruh CR dan NPM Terhadap ROE pada PT Mustika Ratu Tbk,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 111–122, 2023.
- W. O. Manurung, T. Annisah, I. Syafrina, N. Pramita, and C. Tan, “Implementasi Strategi Digital Marketing dan Manajemen Operasional pada UMKM 2Nailhouse Kota Batam,” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 1, pp. 327–333, 2023.
- R. Kansil, O. Porajouw, and R. Kaunang, “ANALISIS RANTAI PASOK KOMODITI CABAI RAWIT DI PASAR BERSEHATI KOTA MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19 ANALYSIS OF THE SUPPLY CHAIN OF CABAI RAWIT COMMODITY IN THE BERSEHATI MARKET OF MANADO CITY IN THE PANDEMIC COVID-19”.
- E. Tandelilin and S. Munajah, “Aplikasi Knowledge Hiding, Hoarding, Collection Dan Donation: Studi Kasus Pada UMKM Di Surabaya,” 2022.
- C. L. Lay, I. Gunawan, F. Abednego, and S. Natasha, “Pengaruh Cause Related Marketing Terhadap Trust In Cause Related Marketing Dan Brand Loyalty,” Jurnal E-Bis, vol. 5, no. 2, pp. 409–424, 2021.
- H. Akbar and A. Syamil, “Peningkatan Kinerja Operations Pada Perusahaan E-Commerce Enabler Indonesia PT XYZ,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 5, no. 3, 2021.
- B. Irawan, “Adopsi platform digital dalam pengembangan kapasitas usaha mikro, kecil dan menengah di daerah khusus ibukota Jakarta,” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 4, no. 7, pp. 3246–3252, 2022.
- M. Sinuraya and M. M. A. P. Darmawan, “Sistematic Mapping Study Terhadap Peran Usaha Informal Sebagai Antisipasi Krisis Ekonomi di Era Covid 19”.
References
G. Ghozali, “JARINGAN INTERNET DAN SOSIAL MEDIA DALAM RANTAI PASOKAN DAN LOGISTIK: PERKEMBANGAN DAN TOPIK YANG MUNCUL,” Media Mahardhika, vol. 18, no. 3, pp. 500–520, 2020.
K. Katili, P. Kindangen, and M. M. Karuntu, “Analisis Manajemen Rantai Pasok Ikan Roa Di Desa Kumu Kecamatan Tombariri,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 3, 2020.
E. T. Wibowo, “Pembangunan Ekonomi Pertanian Digital Dalam Mendukung Ketahanan Pangan (Studi di Kabupaten Sleman: Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Daerah Istimewa Yogyakarta),” Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 26, no. 2, pp. 204–228, 2020.
A. Mulyana and B. Parikesit, “Manajemen Rantai Pasok: Implementasi dan Efektivitas Media Sosial Dalam Pengelolaan Bisnis Radio (Studi pada Radio 89.6 FM IRadio Jakarta),” MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 9, no. 3, p. 293239, 2019.
A. T. Pada, “Strategi bertahan usaha mikro pada fase awal pandemi covid-19: studi kualitatif pada pelaku usaha kuliner,” Insight Management Journal, vol. 3, no. 2, pp. 56–62, 2023.
F. G. Y. Soumokil, A. L. Tumbel, and I. D. Palandeng, “Analisis Manajemen Rantai Pasok Ikan Mas Di Desa Tatelu Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 1, 2020.
K. N. Yekty and G. T. Solovida, “Pengaruh Strategi Kewirausahaan dan Modal Sosial Terhadap Kinerja Keuangan serta Non-Keuangan Melalui Manajemen Rantai Pasokan Berkelanjutan,” Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, vol. 16, no. 1, pp. 52–73, 2021.
K. N. Lestari, “Analisis Hubungan Interorganisasi Ekosistem Bisnis Untuk Mendukung Proses Transformasi Digital Di Ukm,” 2022.
R. Salam and A. Kho, “Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 198–207, 2023.
A. PUTRI, “Analisis Manajemen Operasional Hubungan Pemasaran Pelangan Di PT Gudang Garam Tbk,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 12, no. 2, pp. 784–796, 2023.
A. Chan and S. J. Raharja, “EKSPLORASI PENELITIAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI: SUATU STUDI PEMETAAN SISTEMATIS,” AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 7, no. 3, pp. 319–336, 2023.
D. Zarasky and N. Septiani, “Analisis Faktor Kepuasan dan Minat Penggunaan E-Money Flazz BCA di Kota Tangerang,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89–99, 2022.
E. Radiansyah, “Peran Digitalisasi Terhadap Kewirausahaan Digital: Tinjauan Literatur Dan Arah Penelitian Masa Depan,” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., vol. 9, no. 2, pp. 828–837, 2022.
R. Reynold, C. Rahardja, and A. Setyawan, “Faktor-Faktor Mempengaruhi Behavioral Intention Pada Penggunaan Mobile Payment Dana Di Surabaya,” 2022.
O. A. Putri and S. Hariyanti, “Review Artikel: Transformasi Digital Dalam Bisnis Dan Manajemen,” Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, vol. 1, no. 1, pp. 135–166, 2022.
F. Yuswantoro, N. Oktaria, and H. Mujoko, “Peran Implementasi E-Procurement dan Inovasi Supply Chain Terhadap Kinerja Supply Chain Industri Pertahanan Pada Era Digital,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 3, no. 6, pp. 7–16, 2022.
M. M. M. Zuana and S. Sopiah, “Manajemen Pengetahuan dan Transformasi Digital di Era Industri 4.0,” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 6, no. 2, p. 460805, 2022.
A. P. N. Sari and F. S. Goestjahjanti, “Pengaruh CR dan NPM Terhadap ROE pada PT Mustika Ratu Tbk,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 111–122, 2023.
W. O. Manurung, T. Annisah, I. Syafrina, N. Pramita, and C. Tan, “Implementasi Strategi Digital Marketing dan Manajemen Operasional pada UMKM 2Nailhouse Kota Batam,” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 1, pp. 327–333, 2023.
R. Kansil, O. Porajouw, and R. Kaunang, “ANALISIS RANTAI PASOK KOMODITI CABAI RAWIT DI PASAR BERSEHATI KOTA MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19 ANALYSIS OF THE SUPPLY CHAIN OF CABAI RAWIT COMMODITY IN THE BERSEHATI MARKET OF MANADO CITY IN THE PANDEMIC COVID-19”.
E. Tandelilin and S. Munajah, “Aplikasi Knowledge Hiding, Hoarding, Collection Dan Donation: Studi Kasus Pada UMKM Di Surabaya,” 2022.
C. L. Lay, I. Gunawan, F. Abednego, and S. Natasha, “Pengaruh Cause Related Marketing Terhadap Trust In Cause Related Marketing Dan Brand Loyalty,” Jurnal E-Bis, vol. 5, no. 2, pp. 409–424, 2021.
H. Akbar and A. Syamil, “Peningkatan Kinerja Operations Pada Perusahaan E-Commerce Enabler Indonesia PT XYZ,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 5, no. 3, 2021.
B. Irawan, “Adopsi platform digital dalam pengembangan kapasitas usaha mikro, kecil dan menengah di daerah khusus ibukota Jakarta,” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 4, no. 7, pp. 3246–3252, 2022.
M. Sinuraya and M. M. A. P. Darmawan, “Sistematic Mapping Study Terhadap Peran Usaha Informal Sebagai Antisipasi Krisis Ekonomi di Era Covid 19”.