Date Log
Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris
Corresponding Author(s) : Widhy setyowati
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 1 (2023): September
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan paradigma dalam dunia pendidikan. Era kurikulum digital menuntut adanya adaptasi dan strategi yang tepat dalam menyikapi tantangan baru dalam proses pembelajaran di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi pendidikan dasar yang efektif dalam menghadapi perubahan kurikulum digital, dengan menggunakan pendekatan studi empiris. Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dengan pendekatan studi empiris. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi terkait implementasi kurikulum digital di sekolah-sekolah dasar. Partisipan penelitian terdiri dari guru-guru dan siswa-siswa dari beberapa sekolah dasar yang telah mengimplementasikan kurikulum digital dalam proses pembelajaran.Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam merumuskan strategi pendidikan dasar yang efektif untuk menghadapi tantangan era kurikulum digital. Hasil temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak-pihak terkait dalam memperbaiki sistem pendidikan dasar dan menyongsong masa depan pendidikan yang lebih inovatif dan adaptif dengan perkembangan teknologi
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. S. Ningrum, “Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar),” Prosiding Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 166–177, 2022.
- H. D. Ikawati, “PEMANFAATAN TIK SEBAGAI STRATEGI MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL,” Journal Scientific of Mandalika (JSM), vol. 2, no. 3, pp. 95–100, 2021.
- S. B. Dito and H. Pujiastuti, “Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah,” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 2, pp. 59–65, 2021.
- A. Wahab, A. R. Sari, M. M. M. Zuana, Y. Luturmas, and B. Kuncoro, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 5, pp. 4644–4653, 2022.
- E. L. F. Ahsani, N. W. Romadhoni, E. L. Layyiatussyifa, W. N. A. Ningsih, P. Lusiana, and N. N. Roichanah, “Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag,” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 8, no. 2, pp. 228–236, 2021.
- N. Nurjannah, “Tantangan Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik di Indonesia,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6844–6854, 2022.
- P. D. Purnasari and Y. D. Sadewo, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3089–3100, 2021.
- N. P. Y. Parwati and I. N. B. Pramartha, “Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0,” Widyadari, vol. 22, no. 1, pp. 143–158, 2021.
- S. Sa’odah and Y. D. Haryanti, “PERSPEKTIF KURIKULUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 3, no. 2, 2020.
- S. Annur et al., “TANTANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL DI MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAJIRIN TUGUMULYO MUSI RAWAS,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 3266–3270, 2023.
- H. M. Saerang, J. M. Lembong, S. D. M. Sumual, and R. M. S. Tuerah, “Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang,” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1, pp. 88–102, 2023.
- R. Fernandes, “Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0,” Jurnal Socius: Journal of sociology research and education, vol. 6, no. 2, pp. 70–80, 2019.
- M. Rudiyanto and R. Kasanova, “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: MENGHARGAI DAN MERANGKUL PERBEDAAN DI ERA DIGITAL,” Kabilah: Journal of Social Community, vol. 8, no. 1, pp. 437–446, 2023.
- B. A. Saputra and N. Nurdiansyah, “Penguatan Literasi Digital melalui Model Pengembangan Kurikulum SMA Islam Berbasis Media Digital di Era 4.0,” Islamika, vol. 2, no. 1, pp. 36–45, 2020.
- M. H. Wening and A. B. Santosa, “Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 56–64, 2020.
- M. Jannah, N. Shafika, E. B. Parsetyo, and S. Habib, “TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: PELUANG DAN TANTANGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), vol. 5, no. 1, pp. 131–140, 2023.
- M. Jannah, N. Shafika, E. B. Parsetyo, and S. Habib, “TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: PELUANG DAN TANTANGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), vol. 5, no. 1, pp. 131–140, 2023.
- B. V. Rismawati, M. Arif, and M. Mahfud, “Strategi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Kelas Di Era Revolusi Industri 4.0,” Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, vol. 3, no. 1, pp. 59–77, 2021.
- M. H. Wening and A. B. Santosa, “Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 56–64, 2020.
- A. W. Alfikri, “Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2023, pp. 21–25.
- R. A. Barus, S. Supriyadi, S. Ridlo, and W. Lestari, “Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2023.
References
A. S. Ningrum, “Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar),” Prosiding Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 166–177, 2022.
H. D. Ikawati, “PEMANFAATAN TIK SEBAGAI STRATEGI MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL,” Journal Scientific of Mandalika (JSM), vol. 2, no. 3, pp. 95–100, 2021.
S. B. Dito and H. Pujiastuti, “Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah,” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 2, pp. 59–65, 2021.
A. Wahab, A. R. Sari, M. M. M. Zuana, Y. Luturmas, and B. Kuncoro, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 5, pp. 4644–4653, 2022.
E. L. F. Ahsani, N. W. Romadhoni, E. L. Layyiatussyifa, W. N. A. Ningsih, P. Lusiana, and N. N. Roichanah, “Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag,” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 8, no. 2, pp. 228–236, 2021.
N. Nurjannah, “Tantangan Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta Pembentukan Karakter Peserta Didik di Indonesia,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6844–6854, 2022.
P. D. Purnasari and Y. D. Sadewo, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3089–3100, 2021.
N. P. Y. Parwati and I. N. B. Pramartha, “Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0,” Widyadari, vol. 22, no. 1, pp. 143–158, 2021.
S. Sa’odah and Y. D. Haryanti, “PERSPEKTIF KURIKULUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL,” Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 3, no. 2, 2020.
S. Annur et al., “TANTANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL DI MADRASAH ALIYAH (MA) MUHAJIRIN TUGUMULYO MUSI RAWAS,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 3266–3270, 2023.
H. M. Saerang, J. M. Lembong, S. D. M. Sumual, and R. M. S. Tuerah, “Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang,” El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1, pp. 88–102, 2023.
R. Fernandes, “Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0,” Jurnal Socius: Journal of sociology research and education, vol. 6, no. 2, pp. 70–80, 2019.
M. Rudiyanto and R. Kasanova, “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: MENGHARGAI DAN MERANGKUL PERBEDAAN DI ERA DIGITAL,” Kabilah: Journal of Social Community, vol. 8, no. 1, pp. 437–446, 2023.
B. A. Saputra and N. Nurdiansyah, “Penguatan Literasi Digital melalui Model Pengembangan Kurikulum SMA Islam Berbasis Media Digital di Era 4.0,” Islamika, vol. 2, no. 1, pp. 36–45, 2020.
M. H. Wening and A. B. Santosa, “Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 56–64, 2020.
M. Jannah, N. Shafika, E. B. Parsetyo, and S. Habib, “TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: PELUANG DAN TANTANGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), vol. 5, no. 1, pp. 131–140, 2023.
M. Jannah, N. Shafika, E. B. Parsetyo, and S. Habib, “TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: PELUANG DAN TANTANGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), vol. 5, no. 1, pp. 131–140, 2023.
B. V. Rismawati, M. Arif, and M. Mahfud, “Strategi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Kelas Di Era Revolusi Industri 4.0,” Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, vol. 3, no. 1, pp. 59–77, 2021.
M. H. Wening and A. B. Santosa, “Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 1, pp. 56–64, 2020.
A. W. Alfikri, “Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2023, pp. 21–25.
R. A. Barus, S. Supriyadi, S. Ridlo, and W. Lestari, “Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2023.