Peran Program Kelas dalam Membina Literasi Sains pada Anak Usia Dini
Corresponding Author(s) : Sri Watini
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 2 (2024): Maret
Abstract
Literasi sains pada masa kanak-kanak memiliki peran yang signifikan dalam pembangunan kemampuan berpikir ilmiah. Fase kanak-kanak dianggap sebagai periode kritis dalam pembelajaran, dengan pendekatan yang berfokus pada siswa dalam ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan literasi sains pada tahap awal perkembangan anak. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menggali informasi, dengan melibatkan wawancara terhadap lima guru pendidikan anak usia dini sebagai sumber data. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Heuristik dan model analisis Miles dan Huberman. Temuan penelitian menyoroti pentingnya penerapan literasi sains pada anak usia dini sebagai bagian dari program pengembangan pembelajaran. Tiga aspek utama yang perlu dipertimbangkan meliputi sikap, keterampilan, dan kompetensi diri dalam kemampuan kognitif anak, serta partisipasi dalam strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Selain itu, penekanan pada pemenuhan kebutuhan pembelajaran di kelas dianggap sebagai langkah penting dalam meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pengajaran. Secara keseluruhan, penelitian ini memiliki implikasi yang luas dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengembangan kompetensi guru dalam mengelola literasi sains pada usia dini. Penerapan strategi inovatif diidentifikasi sebagai kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, yang pada gilirannya akan mendorong kemandirian anak-anak di masa depan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- F. Handayani, “Membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui literasi digital berbasis STEM pada masa pandemik covid 19,” Cendekiawan, vol. 2, no. 2, pp. 69–72, 2020.
- N. Amatullah, R. R. Fauzi, A. A. Padilah, F. Ramadhan, and C. D. Pavita, “Implementasi Peningkatan Minat Literasi Anak Usia Dini Melalui Program Pojok Literasi: Studi Kasus SPS TAAM Arrafi’i Kota Tasikmalaya,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 3, no. 5, pp. 681–686, 2023.
- M. Herlina, “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 144–154, 2023.
- J. Moscato and C. Embre, “Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 43–53, 2023.
- M. F. Kharisma, “Literasi sains untuk membangun sikap ilmiah siswa sekolah dasar,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2020.
- N. Asfiyah, N. Farida, and F. Firdaus, “STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS TEMA TANAMAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MADINA,” JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, vol. 21, no. 1, pp. 38–42, 2020.
- A. Rachman and I. Verawati, “Pentingnya Dukungan Orang Tua Dalam Penguatan Literasi Berbasis Pembiasaan Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 67–76, 2022.
- B. N. Purnamasari, N. Nirwana, and S. A. Asri, “Penerapan pembelajaran literasi dalam menstimulasi keaksaraan awal anak usia dini,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2019.
- A. Wahyuni, “Membangun Literasi Numerik Dan Sains PAUD Untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan,” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 11, pp. 3103–3108, 2022.
- A. R. Setiawan and W. E. Saputri, “Pembelajaran Literasi Saintifik untuk Pendidikan Dasar,” Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, vol. 14, no. 2, pp. 144–152, 2020.
- V. Sholeha et al., “Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 2013–2019, 2021.
- J. Dini, “Tingkat kemampuan literasi sains guru pendidikan anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 3868–3876, 2022.
- A. R. Atika, S. M. Westhisi, and I. F. Zahro, “Pelatihan literasi sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah pada guru pendidikan anak usia dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 7, no. 3, pp. 266–271, 2019.
- I. F. Zahro, A. R. Atika, and S. M. Westhisi, “Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini,” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 4, no. 2, pp. 121–130, 2019.
- A. R. Atika, S. M. Westhisi, and I. F. Zahro, “Pelatihan literasi sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah pada guru pendidikan anak usia dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 7, no. 3, pp. 266–271, 2019.
- M. Maulidan and R. Omar, “Pengelolaan Bahan Pembelajaran dalam Literasi Sains Anak Usia Dini Menggunakan Metode Nature Outbound,” Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), vol. 4, no. 1, pp. 20–28, 2023.
- S. Sumirah, M. Arsyad, and S. Sukarno, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Sikap Ilmiah dan Literasi Sains Siswa,” Journal of Educational Research, vol. 2, no. 1, pp. 81–98, 2023.
- F. M. Noor, “Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD,” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (1), pp. 56–67, 2020.
- J. Dini, “Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 3648–3658, 2022.
- M. L. Sari, L. Asmawati, and C. Atikah, “Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini,” JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, vol. 8, no. 1, 2021.
- A. Mala, “BUDAYA LITERASI DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI ERA INDUSTRI 4.0: EKSPLORASI POTENSI KOLABORASI SEKOLAH DAN KOMUNITAS,” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, vol. 17, no. 1, pp. 121–133, 2021.
- C. Marisa and D. Ratnasari, “Penguatan minat literasi melalui layanan informasi pada taman baca masyarakat,” ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, vol. 1, no. 1, 2021.
- N. Asfiyah, N. Farida, and F. Firdaus, “STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS TEMA TANAMAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MADINA,” JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, vol. 21, no. 1, pp. 38–42, 2020.
- H. Lestari, “Literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran blended learning dengan blog,” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2b, pp. 597–604, 2020.
- J. R. Widayati, R. Safrina, and Y. Supriyati, “Alat permainan edukatif: analisis pengembangan literasi sains anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 654–664, 2021.
- N. Nia Lailin and P. Farah Kamelia Ali, “Pembelajaran sains inquiry pada anak usia dini,” Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 29–42, 2022.
- A. Ramdani, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 433–440, 2020.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
- A. Risnawati, “Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini,” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, vol. 2, pp. 513–515, 2020.
References
F. Handayani, “Membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui literasi digital berbasis STEM pada masa pandemik covid 19,” Cendekiawan, vol. 2, no. 2, pp. 69–72, 2020.
N. Amatullah, R. R. Fauzi, A. A. Padilah, F. Ramadhan, and C. D. Pavita, “Implementasi Peningkatan Minat Literasi Anak Usia Dini Melalui Program Pojok Literasi: Studi Kasus SPS TAAM Arrafi’i Kota Tasikmalaya,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 3, no. 5, pp. 681–686, 2023.
M. Herlina, “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 144–154, 2023.
J. Moscato and C. Embre, “Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 43–53, 2023.
M. F. Kharisma, “Literasi sains untuk membangun sikap ilmiah siswa sekolah dasar,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2020.
N. Asfiyah, N. Farida, and F. Firdaus, “STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS TEMA TANAMAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MADINA,” JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, vol. 21, no. 1, pp. 38–42, 2020.
A. Rachman and I. Verawati, “Pentingnya Dukungan Orang Tua Dalam Penguatan Literasi Berbasis Pembiasaan Bagi Siswa Sekolah Dasar,” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 67–76, 2022.
B. N. Purnamasari, N. Nirwana, and S. A. Asri, “Penerapan pembelajaran literasi dalam menstimulasi keaksaraan awal anak usia dini,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2019.
A. Wahyuni, “Membangun Literasi Numerik Dan Sains PAUD Untuk Menerapkan Pembelajaran Yang Menyenangkan,” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 11, pp. 3103–3108, 2022.
A. R. Setiawan and W. E. Saputri, “Pembelajaran Literasi Saintifik untuk Pendidikan Dasar,” Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, vol. 14, no. 2, pp. 144–152, 2020.
V. Sholeha et al., “Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 2013–2019, 2021.
J. Dini, “Tingkat kemampuan literasi sains guru pendidikan anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 3868–3876, 2022.
A. R. Atika, S. M. Westhisi, and I. F. Zahro, “Pelatihan literasi sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah pada guru pendidikan anak usia dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 7, no. 3, pp. 266–271, 2019.
I. F. Zahro, A. R. Atika, and S. M. Westhisi, “Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini,” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 4, no. 2, pp. 121–130, 2019.
A. R. Atika, S. M. Westhisi, and I. F. Zahro, “Pelatihan literasi sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah pada guru pendidikan anak usia dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 7, no. 3, pp. 266–271, 2019.
M. Maulidan and R. Omar, “Pengelolaan Bahan Pembelajaran dalam Literasi Sains Anak Usia Dini Menggunakan Metode Nature Outbound,” Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), vol. 4, no. 1, pp. 20–28, 2023.
S. Sumirah, M. Arsyad, and S. Sukarno, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Sikap Ilmiah dan Literasi Sains Siswa,” Journal of Educational Research, vol. 2, no. 1, pp. 81–98, 2023.
F. M. Noor, “Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD,” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (1), pp. 56–67, 2020.
J. Dini, “Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 3648–3658, 2022.
M. L. Sari, L. Asmawati, and C. Atikah, “Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini,” JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, vol. 8, no. 1, 2021.
A. Mala, “BUDAYA LITERASI DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI ERA INDUSTRI 4.0: EKSPLORASI POTENSI KOLABORASI SEKOLAH DAN KOMUNITAS,” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, vol. 17, no. 1, pp. 121–133, 2021.
C. Marisa and D. Ratnasari, “Penguatan minat literasi melalui layanan informasi pada taman baca masyarakat,” ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, vol. 1, no. 1, 2021.
N. Asfiyah, N. Farida, and F. Firdaus, “STRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI SAINS TEMA TANAMAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL MADINA,” JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, vol. 21, no. 1, pp. 38–42, 2020.
H. Lestari, “Literasi sains siswa melalui penerapan model pembelajaran blended learning dengan blog,” Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2b, pp. 597–604, 2020.
J. R. Widayati, R. Safrina, and Y. Supriyati, “Alat permainan edukatif: analisis pengembangan literasi sains anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 654–664, 2021.
N. Nia Lailin and P. Farah Kamelia Ali, “Pembelajaran sains inquiry pada anak usia dini,” Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 29–42, 2022.
A. Ramdani, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 433–440, 2020.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
A. Risnawati, “Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini,” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, vol. 2, pp. 513–515, 2020.