Date Log

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Analisis Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh Dampak Aksesibilitas dan Efektivitas Pendidikan
Corresponding Author(s) : Muhammad Daffa Firiza
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 3 No. 2 (2025): March
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya adopsi teknologi dalam pembelajaran jarak jauh serta tantangan dalam aksesibilitas dan efektivitasnya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor aksesibilitas, kepribadian merek, adopsi teknologi, efektivitas, dan literasi digital dalam mendukung keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan model persamaan struktural (SEM)
berbasis SmartPLS, menggunakan data dari survei 300 responden dengan berbagai latar belakang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas dan kepribadian merek berpengaruh signifikan terhadap adopsi teknologi, yang meningkatkan efektivitas pembelajaran. Selain itu, literasi digital berperan penting dalam mengoptimalkan pengalaman belajar. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan bahwa aksesibilitas dan literasi digital adalah faktor kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh, sehingga rekomendasi diberikan kepada pengembang teknologi dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan aksesibilitas serta dukungan terhadap literasi digital.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- F. R. Sari, “Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran kimia kelas x di smk multi mekanik masmur,” Ph.D. dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2021.
- R. Singh and S. Sharma, “Efektivitas platform pembelajaran jarak jauh: Pengalaman dan keterlibatan pengguna,” Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan, vol. 45, no. 3, pp. 67–80, 2021.
- T. Miller and J. Thompson, “Strategi komunikasi kreatif dalam pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Media Pendidikan, vol. 54, no. 1, pp. 12–25, 2022.
- U. Rahardja, M. A. Ngadi, R. Budiarto, Q. Aini, M. Hardini, and F. P. Oganda, “Education exchange storage protocol: Transformation into decentralized learning platform,” in Frontiers in Education, vol. 6. Frontiers Media SA, 2021, p. 782969.
- M. Coklat and K. Hijau, “Kepribadian merek dan pengaruhnya terhadap keterlibatan pengguna di platform e-learning,” Jurnal Manajemen Merek, vol. 29, no. 5, pp. 43–55, 2020.
- H. Patel and K. Lee, “Peran kepribadian merek dalam adopsi platform pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Internasional Pendidikan Jarak Jauh, vol. 39, no. 1, pp. 89–101, 2023.
- C. Anderson et al., “Konten buatan pengguna dan dampaknya terhadap keterlibatan dalam pembelajaran online,” Teknologi Masyarakat Pendidikan, vol. 24, no. 3, pp. 45–58, 2021.
- Z. Abidin, A. Hudaya, and D. Anjani, “Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19,” Research and Development Journal of Education, vol. 1, no. 1, pp. 131–146, 2020.
- D. P. Parlindungan, G. P. Mahardika, and D. Yulinar, “Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (pjj) di sd islam an-nuriyah,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020.
- A. Widyastuti, Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo, 2021.
- A. Leffia, S. A. Anjani, M. Hardini, S. V. Sihotang, and Q. Aini, “Corporate strategies to improve platform economic performance: The role of technology, ethics, and investment management,” CORISINTA, vol. 1, no. 1, pp. 16–25, 2024.
- F. Hapsari, L. Desnaranti, and S. Wahyuni, “Peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran jarak jauh,” Research and Development Journal of Education, vol. 7, no. 1, pp. 193–204, 2021.
- S. Wijaya, A. Husain, M. Laurens, and A. Birgithri, “ilearning education challenge: Combining the power of blockchain with gamification concepts,” CORISINTA, vol. 1, no. 1, pp. 8–15, 2024.
- F. D. Pertiwi, A. M. Arsyati, A. Asnifatima, S. K. Parinduri, R. Jayanti, T. N. Prastia, and A. Nasution, “Dampak implementasi pembelajaran jarak jauh (pjj) terhadap kinerja di fakultas ilmu kesehatan universitas ibn khaldun bogor,” Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 71–82, 2022.
- S. Sunarti and M. Mitrohardjono, “Analisis dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran jarak jauh pada dunia pendidikan di fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah jakarta,” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, pp. 47–56, 2021.
- M. Syahroni, F. E. Dianastiti, and F. Firmadani, “Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh,” International Journal of Community Service Learning, vol. 4, no. 3, pp. 170–178, 2020.
- A. G. Prawiyogi, A. Purwanugraha, G. Fakhry, and M. Firmansyah, “Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di sdit cendekia purwakarta,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 94–101, 2020.
- U. Rahardja, A. N. Hidayanto, N. Lutfiani, D. A. Febiani, and Q. Aini, “Immutability of distributed hash model on blockchain node storage,” Sci. J. Informatics, vol. 8, no. 1, pp. 137–143, 2021.
- N. Norma, “Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media video pembelajaran pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19,” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, vol. 1, no. 2, pp. 101–115, 2021.
- I. Q. Qotimah, “Kriteria pengembangan e-modul interaktif dalam pembelajaran jarak jauh,” Indonesian journal of learning education and counseling, vol. 4, no. 2, pp. 125–131, 2022.
- A. A. F. Hidayah, R. Al Adawiyah, and P. A. R. Mahanani, “Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19,” JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 21, no. 2, pp. 53–56, 2020.
- T. Wartono, “Tantangan manajemen sdm dalam pendidikan jarak jauh di perguruan tinggi,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), vol. 6, no. 4, pp. 4052–4060, 2023.
- M. R. Anwar, “Analysis of expert system implementation in computer damage diagnosis with forward chaining method,” International Transactions on Artificial Intelligence, vol. 1, no. 2, pp. 139–155, 2023.
- I. Widiasanti, S. Zahra, A. N. Sholikha, A. Waluny, and M. A. N. Najva, “Pemanfaatan big data dalam pembelajaran jarak jauh (pjj) selama pandemi pada daerah 3t (terdepan, terpencil dan tertinggal),” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 398–410, 2023.
- S. Brown, M. Pereira, and I. Guvlor, “Implementation of artificial intelligence framework to enhance human resources competency in indonesia,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 4, no. 1, pp. 65–71, 2024.
- M. K. Razikin, A. Wijaya, and D. Diana, “Peran dan dampak pengembangan teknologi dalam penyelenggaraan program dan layanan masyarakat,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 6734–6739, 2023.
- Z. Lubis, M. Zarlis, and M. R. Aulia, “Performance analysis of oil palm companies based on barcode system through fit viability approach: Long work as a moderator variable,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 5, no. 1, pp. 40–52, 2023.
- D. Anggraeni and J. F. Rezki, “Dampak pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa sma di indonesia,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 29, no. 2, pp. 175–191, 2024.
- A. R. Setiawan and S. Ilmiyah, “Lembar kegiatan siswa untuk pembelajaran jarak jauh berdasarkan literasi saintifik pada topik penyakit coronavirus 2019 (covid-19),” EdArXiv. DOI: https://doi. org/10.35542/osf. io/h4632, 2020.
- M. Mukhlis, A. Al Masjid, H. K. Widyaningrum, K. Komariah, and S. Sumarlam, “Analisis wacana kritis model teun a. van dijk pada surat kabar online dengan tajuk kilas balik pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19,” Geram: Gerakan Aktif Menulis, vol. 8, no. 2, pp. 73–85, 2020.
References
F. R. Sari, “Analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran kimia kelas x di smk multi mekanik masmur,” Ph.D. dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU, 2021.
R. Singh and S. Sharma, “Efektivitas platform pembelajaran jarak jauh: Pengalaman dan keterlibatan pengguna,” Jurnal Internasional Penelitian Pendidikan, vol. 45, no. 3, pp. 67–80, 2021.
T. Miller and J. Thompson, “Strategi komunikasi kreatif dalam pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Media Pendidikan, vol. 54, no. 1, pp. 12–25, 2022.
U. Rahardja, M. A. Ngadi, R. Budiarto, Q. Aini, M. Hardini, and F. P. Oganda, “Education exchange storage protocol: Transformation into decentralized learning platform,” in Frontiers in Education, vol. 6. Frontiers Media SA, 2021, p. 782969.
M. Coklat and K. Hijau, “Kepribadian merek dan pengaruhnya terhadap keterlibatan pengguna di platform e-learning,” Jurnal Manajemen Merek, vol. 29, no. 5, pp. 43–55, 2020.
H. Patel and K. Lee, “Peran kepribadian merek dalam adopsi platform pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Internasional Pendidikan Jarak Jauh, vol. 39, no. 1, pp. 89–101, 2023.
C. Anderson et al., “Konten buatan pengguna dan dampaknya terhadap keterlibatan dalam pembelajaran online,” Teknologi Masyarakat Pendidikan, vol. 24, no. 3, pp. 45–58, 2021.
Z. Abidin, A. Hudaya, and D. Anjani, “Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19,” Research and Development Journal of Education, vol. 1, no. 1, pp. 131–146, 2020.
D. P. Parlindungan, G. P. Mahardika, and D. Yulinar, “Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (pjj) di sd islam an-nuriyah,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020.
A. Widyastuti, Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo, 2021.
A. Leffia, S. A. Anjani, M. Hardini, S. V. Sihotang, and Q. Aini, “Corporate strategies to improve platform economic performance: The role of technology, ethics, and investment management,” CORISINTA, vol. 1, no. 1, pp. 16–25, 2024.
F. Hapsari, L. Desnaranti, and S. Wahyuni, “Peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama kegiatan pembelajaran jarak jauh,” Research and Development Journal of Education, vol. 7, no. 1, pp. 193–204, 2021.
S. Wijaya, A. Husain, M. Laurens, and A. Birgithri, “ilearning education challenge: Combining the power of blockchain with gamification concepts,” CORISINTA, vol. 1, no. 1, pp. 8–15, 2024.
F. D. Pertiwi, A. M. Arsyati, A. Asnifatima, S. K. Parinduri, R. Jayanti, T. N. Prastia, and A. Nasution, “Dampak implementasi pembelajaran jarak jauh (pjj) terhadap kinerja di fakultas ilmu kesehatan universitas ibn khaldun bogor,” Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 71–82, 2022.
S. Sunarti and M. Mitrohardjono, “Analisis dampak pandemi covid-19 terhadap pembelajaran jarak jauh pada dunia pendidikan di fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah jakarta,” Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, pp. 47–56, 2021.
M. Syahroni, F. E. Dianastiti, and F. Firmadani, “Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh,” International Journal of Community Service Learning, vol. 4, no. 3, pp. 170–178, 2020.
A. G. Prawiyogi, A. Purwanugraha, G. Fakhry, and M. Firmansyah, “Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di sdit cendekia purwakarta,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 94–101, 2020.
U. Rahardja, A. N. Hidayanto, N. Lutfiani, D. A. Febiani, and Q. Aini, “Immutability of distributed hash model on blockchain node storage,” Sci. J. Informatics, vol. 8, no. 1, pp. 137–143, 2021.
N. Norma, “Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media video pembelajaran pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19,” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, vol. 1, no. 2, pp. 101–115, 2021.
I. Q. Qotimah, “Kriteria pengembangan e-modul interaktif dalam pembelajaran jarak jauh,” Indonesian journal of learning education and counseling, vol. 4, no. 2, pp. 125–131, 2022.
A. A. F. Hidayah, R. Al Adawiyah, and P. A. R. Mahanani, “Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19,” JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 21, no. 2, pp. 53–56, 2020.
T. Wartono, “Tantangan manajemen sdm dalam pendidikan jarak jauh di perguruan tinggi,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), vol. 6, no. 4, pp. 4052–4060, 2023.
M. R. Anwar, “Analysis of expert system implementation in computer damage diagnosis with forward chaining method,” International Transactions on Artificial Intelligence, vol. 1, no. 2, pp. 139–155, 2023.
I. Widiasanti, S. Zahra, A. N. Sholikha, A. Waluny, and M. A. N. Najva, “Pemanfaatan big data dalam pembelajaran jarak jauh (pjj) selama pandemi pada daerah 3t (terdepan, terpencil dan tertinggal),” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 2, pp. 398–410, 2023.
S. Brown, M. Pereira, and I. Guvlor, “Implementation of artificial intelligence framework to enhance human resources competency in indonesia,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 4, no. 1, pp. 65–71, 2024.
M. K. Razikin, A. Wijaya, and D. Diana, “Peran dan dampak pengembangan teknologi dalam penyelenggaraan program dan layanan masyarakat,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 6734–6739, 2023.
Z. Lubis, M. Zarlis, and M. R. Aulia, “Performance analysis of oil palm companies based on barcode system through fit viability approach: Long work as a moderator variable,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 5, no. 1, pp. 40–52, 2023.
D. Anggraeni and J. F. Rezki, “Dampak pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa sma di indonesia,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 29, no. 2, pp. 175–191, 2024.
A. R. Setiawan and S. Ilmiyah, “Lembar kegiatan siswa untuk pembelajaran jarak jauh berdasarkan literasi saintifik pada topik penyakit coronavirus 2019 (covid-19),” EdArXiv. DOI: https://doi. org/10.35542/osf. io/h4632, 2020.
M. Mukhlis, A. Al Masjid, H. K. Widyaningrum, K. Komariah, and S. Sumarlam, “Analisis wacana kritis model teun a. van dijk pada surat kabar online dengan tajuk kilas balik pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19,” Geram: Gerakan Aktif Menulis, vol. 8, no. 2, pp. 73–85, 2020.