Date Log

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dampak Platform E-Learning terhadap Keterlibatan Siswa dan Prestasi Akademik
Corresponding Author(s) : Charlotte Pasha
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 3 No. 2 (2025): March
Abstract
Transformasi digital telah mendorong inovasi dalam manajemen pendidikan tinggi, dengan integrasi data dan teknologi blockchain sebagai solusi untuk meningkatkan transparansi, efisiensi, dan keamanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan teknologi blockchain dalam manajemen akademik, termasuk pencatatan kehadiran, sertifikasi digital, dan pengelolaan data mahasiswa. Dengan menggunakan metode campuran, data kuantitatif dikumpulkan melalui survei terhadap 500 mahasiswa dan
pendidik, sedangkan wawancara mendalam memberikan wawasan kualitatif mengenai efektivitas sistem berbasis blockchain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blockchain meningkatkan keandalan data akademik, mengurangi risiko pemalsuan dokumen, serta mempercepat proses administrasi. Kesimpulannya,
penerapan blockchain dalam pendidikan tinggi dapat meningkatkan tata kelola akademik secara signifikan, meskipun tantangan seperti biaya implementasi dan adopsi teknologi masih menjadi kendala yang perlu diatasi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- R. Panigrahi, P. R. Srivastava, and P. K. Panigrahi, “Effectiveness of e-learning: the mediating role of student engagement on perceived learning effectiveness,” Information Technology People, vol. 34, no. 7, pp. 1840–1862, 2021.
- W. Sejati, A. S. Bist, A. Tambunan et al., “Pengembangan analisis sentimen dalam rekayasa software engineering menggunakan tinjauan literatur sistematis,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 95–103, 2023.
- R. Zulfikhar, M. Mustofa, E. Hamidah, H. Sapulete, J. W. Sitopu, and M. N. Sari, “Dampak integrasi teknologi dalam pembelajaran terhadap prestasi akademis mahasiswa perguruan tinggi,” Journal on Education, vol. 6, no. 4, pp. 18 381–18 390, 2024.
- E. Y. Zolochevskaya, S. G. Zubanova, N. V. Fedorova, and Y. E. Sivakova, “Education policy: the impact of e-learning on academic performance,” in E3S Web of Conferences, vol. 244. EDP Sciences, 2021, p. 11024.
- S. Rahmah, “Analisis pengaruh e-learning terhadap penguasaan materi pelajaran di sekolah menengah,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 124–133, 2023.
- W. Wagino, H. Maksum, W. Purwanto, W. Simatupang, R. Lapisa, and E. Indrawan, “Enhancing learning outcomes and student engagement: Integrating e-learning innovations into problem-based higher education,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 18, no. 10, 2024.
- E. R. Risnawati, R. N. Viddyartha, S. Al-Ghiffari, and F. J. J. Laoh, “Metode systematic literature review efektivitas platform e-learning pada mahasiswa,” Journal of Comprehensive Science (JCS), vol. 2, no. 6, pp. 1690–1713, 2023.
- A. Banat, E. Wahyuni, E. Erwin, S. A. S. A. Hanim, and A. Mudinillah, “Impact of using online learning platforms on student engagement,” Journal Emerging Technologies in Education, vol. 2, no. 1, pp. 110– 121, 2024.
- H. Herlina and J. Loisa, “Persepsi kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, pp. 189–197, 2020.
- R. Rahayu, M. I. Haliq, and N. Nasrul, “Penerapan pembelajaran berbasis e-learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas iv sdn pinrang,” Cokroaminoto Journal of Primary Education, vol. 7, no. 2, pp. 633–643, 2024.
- P. Bhardwaj, P. K. Gupta, H. Panwar, M. K. Siddiqui, R. Morales-Menendez, and A. Bhaik, “Application of deep learning on student engagement in e-learning environments,” Computers Electrical Engineering, vol. 93, p. 107277, 2021.
- N. A. Zakhiha, H. Maksum, W. Purwanto et al., “Kontribusi persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran partisipatif berbasis e-learning terhadap hasil belajar teknologi alat berat departemen teknik otomotif universitas negeri padang,” MSI Transaction on Education, vol. 4, no. 4, pp. 175–182, 2023.
- M. Kokoc¸ and A. Altun, “Effects of learner interaction with learning dashboards on academic performance in an e-learning environment,” Behaviour Information Technology, vol. 40, no. 2, pp. 161–175, 2021.
- S. Setiyarini, “Membangun partisipasi siswa pada pembelajaran kimia masa pandemi melalui pembelajaran discovery learning dengan aplikasi e-learning,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, pp. 73–82, 2023.
- M. J. N´acher, L. Badenes-Ribera, C. Torrijos, M. A. Ballesteros, and E. Cebadera, “The effectiveness of the gokoan e-learning platform in improving university students’ academic performance,” Studies in Educational Evaluation, vol. 70, p. 101026, 2021.
- I. Cahyanto, “Pemanfaatan platform e-learning berbasis cloud computing untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh,” Edum Journal, vol. 6, no. 2, pp. 18–31, 2023.
- Y. I. Sari and N. Trisnawati, “Analisis pengaruh e-learning dan kesiapan belajar terhadap minat belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening mahasiswa program beasiswa flats di surabaya pada masa pandemi covid-19,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 346–360, 2021.
- M. Yakin and K. Linden, “Adaptive e-learning platforms can improve student performance and engagement in dental education,” Journal of Dental Education, vol. 85, no. 7, pp. 1309–1315, 2021.
- H. Antoro, M. Prayito, and D. Nugrahani, “Manajemen pembelajaran e-learning dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di sekolah dasar negeri 1 tanggulanom kecamatan selopampang kabupaten temanggung,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 9, no. 04, pp. 387–397, 2024.
- K. A. Dahleez, A. A. El-Saleh, A. M. Al Alawi, and F. A. M. Abdel Fattah, “Student learning outcomes and online engagement in time of crisis: The role of e-learning system usability and teacher behavior,” The International Journal of Information and Learning Technology, vol. 38, no. 5, pp. 473–492, 2021.
- F. F. Adima, A. Sudrajat, and S. Sauri, “Manajemen pembelajaran daring melalui platform e-learning dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah atas (studi kualitatif di sma negeri 24 bandung dan sma swasta pasundan 1 bandung),” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 4, pp. 5124–5134, 2022.
- A. I. Fernandez, A. Al Radaideh, G. Singh Sisodia, A. Mathew, and J. A. Jimber del R´ıo, “Managing university e-learning environments and academic achievement in the united arab emirates: An instructor and student perspective,” PloS one, vol. 17, no. 5, p. e0268338, 2022.
- M. D. Bahtiar, D. M. Putri et al., “Upaya meningkatkanketerlibatan mahasiswa (student engagement) melalui mediae-learning interaktif,” Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi, vol. 2, no. 1, pp. 27–33, 2021.
- J. Sahni, “Is learning analytics the future of online education?: assessing student engagement and academic performance in the online learning environment,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 18, no. 2, pp. 33–49, 2023.
- F. Jaya, “Analisis kepuasan belajar mahasiswa pada platform e-learning: Peran instruktur, kualitas sistem, dan layanan pendukung,” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 4, pp. 3645–3653, 2024.
- K. A. Dahleez, A. A. El-Saleh, A. M. Al Alawi, and F. Abdelmuniem Abdelfattah, “Higher education student engagement in times of pandemic: the role of e-learning system usability and teacher behavior,” International Journal of Educational Management, vol. 35, no. 6, pp. 1312–1329, 2021.
- N. Miftachurohmah, T. Tanjung, R. A. Kasim, I. Alfit, and D. N. Azila, “Analisis anteseden e-learning, kesiapan digital dan perilaku penggunaan terhadap kinerja e-learning,” Jurnal Pendidikan Terapan, pp. 10–24, 2024.
- B. Murtiyasa, A. N. Aulida, and M. A. Affendi bin Abdullah, “Analisis efektivitas brainly sebagai platform e-learning untuk meningkatkan minat belajar siswa sma,” Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 16, no. 2, pp. 141–150, 2021.
- L. Wu, P. J. Hsieh, and S. M. Wu, “Developing effective e-learning environments through e-learning use mediating technology affordance and constructivist learning aspects for performance impacts: Moderator of learner involvement,” The Internet and Higher Education, vol. 55, p. 100871, 2022.
- A. Juneva, J. Jorgi, J. Julita, D. Dawa, and M. Mirna, “Peran inovasi teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital,” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 117–123, 2025.
- U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (mbkm) studi teknik informatika s1 universitas raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
References
R. Panigrahi, P. R. Srivastava, and P. K. Panigrahi, “Effectiveness of e-learning: the mediating role of student engagement on perceived learning effectiveness,” Information Technology People, vol. 34, no. 7, pp. 1840–1862, 2021.
W. Sejati, A. S. Bist, A. Tambunan et al., “Pengembangan analisis sentimen dalam rekayasa software engineering menggunakan tinjauan literatur sistematis,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 95–103, 2023.
R. Zulfikhar, M. Mustofa, E. Hamidah, H. Sapulete, J. W. Sitopu, and M. N. Sari, “Dampak integrasi teknologi dalam pembelajaran terhadap prestasi akademis mahasiswa perguruan tinggi,” Journal on Education, vol. 6, no. 4, pp. 18 381–18 390, 2024.
E. Y. Zolochevskaya, S. G. Zubanova, N. V. Fedorova, and Y. E. Sivakova, “Education policy: the impact of e-learning on academic performance,” in E3S Web of Conferences, vol. 244. EDP Sciences, 2021, p. 11024.
S. Rahmah, “Analisis pengaruh e-learning terhadap penguasaan materi pelajaran di sekolah menengah,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 124–133, 2023.
W. Wagino, H. Maksum, W. Purwanto, W. Simatupang, R. Lapisa, and E. Indrawan, “Enhancing learning outcomes and student engagement: Integrating e-learning innovations into problem-based higher education,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 18, no. 10, 2024.
E. R. Risnawati, R. N. Viddyartha, S. Al-Ghiffari, and F. J. J. Laoh, “Metode systematic literature review efektivitas platform e-learning pada mahasiswa,” Journal of Comprehensive Science (JCS), vol. 2, no. 6, pp. 1690–1713, 2023.
A. Banat, E. Wahyuni, E. Erwin, S. A. S. A. Hanim, and A. Mudinillah, “Impact of using online learning platforms on student engagement,” Journal Emerging Technologies in Education, vol. 2, no. 1, pp. 110– 121, 2024.
H. Herlina and J. Loisa, “Persepsi kemampuan pemahaman konsep matematika pada pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, pp. 189–197, 2020.
R. Rahayu, M. I. Haliq, and N. Nasrul, “Penerapan pembelajaran berbasis e-learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas iv sdn pinrang,” Cokroaminoto Journal of Primary Education, vol. 7, no. 2, pp. 633–643, 2024.
P. Bhardwaj, P. K. Gupta, H. Panwar, M. K. Siddiqui, R. Morales-Menendez, and A. Bhaik, “Application of deep learning on student engagement in e-learning environments,” Computers Electrical Engineering, vol. 93, p. 107277, 2021.
N. A. Zakhiha, H. Maksum, W. Purwanto et al., “Kontribusi persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran partisipatif berbasis e-learning terhadap hasil belajar teknologi alat berat departemen teknik otomotif universitas negeri padang,” MSI Transaction on Education, vol. 4, no. 4, pp. 175–182, 2023.
M. Kokoc¸ and A. Altun, “Effects of learner interaction with learning dashboards on academic performance in an e-learning environment,” Behaviour Information Technology, vol. 40, no. 2, pp. 161–175, 2021.
S. Setiyarini, “Membangun partisipasi siswa pada pembelajaran kimia masa pandemi melalui pembelajaran discovery learning dengan aplikasi e-learning,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, pp. 73–82, 2023.
M. J. N´acher, L. Badenes-Ribera, C. Torrijos, M. A. Ballesteros, and E. Cebadera, “The effectiveness of the gokoan e-learning platform in improving university students’ academic performance,” Studies in Educational Evaluation, vol. 70, p. 101026, 2021.
I. Cahyanto, “Pemanfaatan platform e-learning berbasis cloud computing untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran jarak jauh,” Edum Journal, vol. 6, no. 2, pp. 18–31, 2023.
Y. I. Sari and N. Trisnawati, “Analisis pengaruh e-learning dan kesiapan belajar terhadap minat belajar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening mahasiswa program beasiswa flats di surabaya pada masa pandemi covid-19,” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 346–360, 2021.
M. Yakin and K. Linden, “Adaptive e-learning platforms can improve student performance and engagement in dental education,” Journal of Dental Education, vol. 85, no. 7, pp. 1309–1315, 2021.
H. Antoro, M. Prayito, and D. Nugrahani, “Manajemen pembelajaran e-learning dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di sekolah dasar negeri 1 tanggulanom kecamatan selopampang kabupaten temanggung,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 9, no. 04, pp. 387–397, 2024.
K. A. Dahleez, A. A. El-Saleh, A. M. Al Alawi, and F. A. M. Abdel Fattah, “Student learning outcomes and online engagement in time of crisis: The role of e-learning system usability and teacher behavior,” The International Journal of Information and Learning Technology, vol. 38, no. 5, pp. 473–492, 2021.
F. F. Adima, A. Sudrajat, and S. Sauri, “Manajemen pembelajaran daring melalui platform e-learning dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah atas (studi kualitatif di sma negeri 24 bandung dan sma swasta pasundan 1 bandung),” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 4, pp. 5124–5134, 2022.
A. I. Fernandez, A. Al Radaideh, G. Singh Sisodia, A. Mathew, and J. A. Jimber del R´ıo, “Managing university e-learning environments and academic achievement in the united arab emirates: An instructor and student perspective,” PloS one, vol. 17, no. 5, p. e0268338, 2022.
M. D. Bahtiar, D. M. Putri et al., “Upaya meningkatkanketerlibatan mahasiswa (student engagement) melalui mediae-learning interaktif,” Al-Muttaqin: Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi, vol. 2, no. 1, pp. 27–33, 2021.
J. Sahni, “Is learning analytics the future of online education?: assessing student engagement and academic performance in the online learning environment,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 18, no. 2, pp. 33–49, 2023.
F. Jaya, “Analisis kepuasan belajar mahasiswa pada platform e-learning: Peran instruktur, kualitas sistem, dan layanan pendukung,” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 7, no. 4, pp. 3645–3653, 2024.
K. A. Dahleez, A. A. El-Saleh, A. M. Al Alawi, and F. Abdelmuniem Abdelfattah, “Higher education student engagement in times of pandemic: the role of e-learning system usability and teacher behavior,” International Journal of Educational Management, vol. 35, no. 6, pp. 1312–1329, 2021.
N. Miftachurohmah, T. Tanjung, R. A. Kasim, I. Alfit, and D. N. Azila, “Analisis anteseden e-learning, kesiapan digital dan perilaku penggunaan terhadap kinerja e-learning,” Jurnal Pendidikan Terapan, pp. 10–24, 2024.
B. Murtiyasa, A. N. Aulida, and M. A. Affendi bin Abdullah, “Analisis efektivitas brainly sebagai platform e-learning untuk meningkatkan minat belajar siswa sma,” Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 16, no. 2, pp. 141–150, 2021.
L. Wu, P. J. Hsieh, and S. M. Wu, “Developing effective e-learning environments through e-learning use mediating technology affordance and constructivist learning aspects for performance impacts: Moderator of learner involvement,” The Internet and Higher Education, vol. 55, p. 100871, 2022.
A. Juneva, J. Jorgi, J. Julita, D. Dawa, and M. Mirna, “Peran inovasi teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital,” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 117–123, 2025.
U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (mbkm) studi teknik informatika s1 universitas raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.