Date Log
Penggunaan Data Analistik dalam Strategi Pemasaran untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Corresponding Author(s) : Blasius Erik Sibarani
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 3 No. 1 (2024): September
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan data analistik dalam strategi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Di era digital yang terus berkembang, perusahaan semakin bergantung pada data analistik untuk memahami perilaku pelanggan dan menyusun strategi pemasaran yang efektif. Melalui analisis data yang mendalam, perusahaan dapat mengidentifikasi tren, preferensi, dan kebutuhan pelanggan secara lebih akurat. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai teknik dan alat data analistik yang digunakan dalam pemasaran, seperti segmentasi pelanggan, analisis sentimen, dan personalisasi kampanye. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan data analistik dalam strategi pemasaran tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memperkuat hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Studi kasus dari beberapa perusahaan terkemuka di industri menunjukkan bahwa integrasi data analistik dalam strategi pemasaran berkontribusi signifikan terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. Kesimpulannya, data analistik merupakan elemen krusial dalam pengembangan strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan, yang pada akhirnya berdampak positif pada retensi pelanggan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- S. Z. Aida et al., “Analisis strategi pemasaran konveksi baju jawaz tanjungsari boyolangu dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas pelanggan,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 3, no. 1, pp. 143–154, 2023.
- M. A. Budiana and N. Ariyani, “Strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di terminal petikemas koja,” ijd-demos, vol. 5, no. 1, 2023.
- D. Sonatasia, O. Onsardi, and E. Arini, “Strategi meningkatkan loyalitas konsumen makanan khas kota curup kabupaten rejang lebong,” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), vol. 1, no. 1, pp. 11–25, 2020.
- E. Safitri, L. Auliana, I. Sukoco, and C. S. Barkah, “Kajian literatur peran integrated marketing communication (imc) dalam mempertahankan loyalitas konsumen,” Jurnal Aplikasi Bisnis, vol. 19, no. 2, pp. 259–267, 2022.
- C. D. Amarta, A. Wardaya, A. V. Nugroho, and P. A. Setiawan, “Strategi pemasaran digital dan kualitas produk untuk mendapatkan loyalitas pelanggan,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 7608–7621, 2022.
- O. Evelin, F. Prima, and I. Sujana, “Strategi pemasaran madu kelulut dalam rangka mendukung produk unggulan khas kalimantan barat menggunakan analisis swot dan qspm,” Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjungpura, vol. 5, no. 1, 2021.
- S. R. Sasongko, “Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran),” Jurnal ilmu manajemen terapan, vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021.
- R. Putra, “Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek dan persepsi harga (literature review manajemen pemasaran),” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 4, pp. 516–524, 2021.
- F. Anggraini and A. Budiarti, “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek,” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), vol. 8,no. 3, pp. 86–94, 2020.
- A. B. Pertiwi, H. Ali, and F. D. S. Sumantyo, “Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan: Analisis persepsi harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan (literature review manajemen pemasaran),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 6, pp. 582–591, 2022.
- R. Anastasia, N. Ruruk, A. Jaya, J. B. Halik, and J. P. Londong, “Pengaruh relationship marketing dan loyalitas pelanggan terhadap keputusan pembelian konsumen mixue makassar,” Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), vol. 5, no. 2, pp. 56–70, 2023.
- R. T. Aldisa, P. Maulana, and M. A. Abdullah, “Penerapan big data analytic terhadap strategi pemasaran job portal di indonesia dengan karakteristik big data 5v,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, pp. 267–272, 2022.
- A. H. Widyadhini, B. M. Wibawa, and D. S. Ardiantoro, “Implementasi market basket analysis terhadap strategi pemasaran produk: Studi kasus pt. petrokimia gresik,” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 10, no. 1, pp. D33–D39, 2021.
- E. Agustian, I. Mutiara, and A. Rozi, “Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm kota jambi,” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), vol. 5, no. 2, pp. 257–262, 2020.
- A. Ma’rufah, “Strategi service quality sebagai media dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan jasa pendidikan,” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 813–822, 2023.
- H. Sa’diyah and R. Oktafia, “Strategi pemasaran sebagai upaya meningkatkan omset penjualan umkm kerajinan kopyah,” MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, vol. 13, no. 1, pp. 107–122, 2021.
- D. Darmawan, “Pencapaian kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui strategi pemasaran berdasarkan pengalaman (studi kasus pelanggan rumah makan ayam bakar wong solo di mojokerto),” Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2021.
- F. Sudirjo, T. Purwati, W. Widyastuti, Y. U. Budiman, and M. Manuhutu, “Analisis dampak strategi pemasaran digital dalam meningkatkan loyalitas pelanggan: Perspektif industri e-commerce,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 7524–7532, 2023.
- D. Wahyono, S. Supriandi, and D. R. Pontoan, “Menguji hubungan antara strategi pemasaran, loyalitas pelanggan, keterlibatan karyawan terhadap profitabilitas umkm kuliner di kota bandung,” Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, vol. 2, no. 02, pp. 106–117, 2023.
- A. Liubana, W. O. Kowey, P. V. Alfonso, and W. P. Putra, “Pengaruh strategi pemasaran digital, citra merek, dan loyalitas pelanggan terhadap kinerja penjualan produk fashion di e-commerce shopee,” Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, vol. 2, no. 04, pp. 352–361, 2023.
- S. Ratnawati et al., “Analisis swot dalam menentukan strategi pemasaran (studi kasus di kantor pos kota magelang 56100),” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 17, no. 2, pp. 58–70, 2020.
- R. B. Seran, E. Sundari, and M. Fadhila, “Strategi pemasaran yang unik: Mengoptimalkan kreativitas dalam menarik perhatian konsumen,” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 1, pp. 206–211, 2023.
- H. Hasbullah, E. Meidasari, and A. A. Isabella, “Kualitas custumer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada dealer yamaha bahana pagar bandar lampung,” Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), vol. 1, no. 1, 2022.
- A. E. Nasution, L. P. Putri, and R. A. Astuti, “Pemasaran digital terintegrasi terhadap loyalitas pelanggan,” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, vol. 23, no. 2, pp. 162–176, 2022.
- I. Wicaksana, “Pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan pada pelanggan usia muda,” Jurnal Manajemen Kewirausahaan, vol. 18, no. 1, pp. 1–10, 2021.
- A. Kurniasih and F. Yuliaty, “Pemasaran digital dan citra merek meningkatkan loyalitas pelanggan melalui kepuasan pada pelanggan produk fashion,” Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2022.
- A. Rostiani, R. Lestari, and A. Nurwulandari, “Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan pemasaran digital terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di apartemen kemang grup pt pudjiadi prestige tbk jakarta,” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 4, no. Spesial Issue 4, pp. 1989–2003, 2022.
- R. Widyastuti, A. Yulastri, K. Suryani, A. F. Rahmadani et al., “Strategi pemasaran online terhadap kepuasan konsumen penggemar fresh milk,” The Indonesian Journal of Computer Science, vol. 12, no. 6, 2023.
- O. Hapsara, W. D. Febrian, N. Nuzleha, I. Sani, L. Lustono, N. Yuni, A. Abdurohim, M. Karmila, R. Utami, L. Yuliana et al., “Manajemen pemasaran jasa: Membangun loyalitas pelanggan,” Repository Eureka Media Aksara, 2023.
- S. H. Maharani and T. Effendi, “Peran strategi pemasaran digital dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas pengguna aplikasi tokopedia (studi pada mahasiswa politeknik negeri banjarmasin),” Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2023.
References
S. Z. Aida et al., “Analisis strategi pemasaran konveksi baju jawaz tanjungsari boyolangu dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas pelanggan,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 3, no. 1, pp. 143–154, 2023.
M. A. Budiana and N. Ariyani, “Strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di terminal petikemas koja,” ijd-demos, vol. 5, no. 1, 2023.
D. Sonatasia, O. Onsardi, and E. Arini, “Strategi meningkatkan loyalitas konsumen makanan khas kota curup kabupaten rejang lebong,” Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), vol. 1, no. 1, pp. 11–25, 2020.
E. Safitri, L. Auliana, I. Sukoco, and C. S. Barkah, “Kajian literatur peran integrated marketing communication (imc) dalam mempertahankan loyalitas konsumen,” Jurnal Aplikasi Bisnis, vol. 19, no. 2, pp. 259–267, 2022.
C. D. Amarta, A. Wardaya, A. V. Nugroho, and P. A. Setiawan, “Strategi pemasaran digital dan kualitas produk untuk mendapatkan loyalitas pelanggan,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 7608–7621, 2022.
O. Evelin, F. Prima, and I. Sujana, “Strategi pemasaran madu kelulut dalam rangka mendukung produk unggulan khas kalimantan barat menggunakan analisis swot dan qspm,” Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjungpura, vol. 5, no. 1, 2021.
S. R. Sasongko, “Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran),” Jurnal ilmu manajemen terapan, vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021.
R. Putra, “Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualitas produk, citra merek dan persepsi harga (literature review manajemen pemasaran),” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 4, pp. 516–524, 2021.
F. Anggraini and A. Budiarti, “Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek,” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), vol. 8,no. 3, pp. 86–94, 2020.
A. B. Pertiwi, H. Ali, and F. D. S. Sumantyo, “Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan: Analisis persepsi harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan (literature review manajemen pemasaran),” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 6, pp. 582–591, 2022.
R. Anastasia, N. Ruruk, A. Jaya, J. B. Halik, and J. P. Londong, “Pengaruh relationship marketing dan loyalitas pelanggan terhadap keputusan pembelian konsumen mixue makassar,” Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), vol. 5, no. 2, pp. 56–70, 2023.
R. T. Aldisa, P. Maulana, and M. A. Abdullah, “Penerapan big data analytic terhadap strategi pemasaran job portal di indonesia dengan karakteristik big data 5v,” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 3, no. 3, pp. 267–272, 2022.
A. H. Widyadhini, B. M. Wibawa, and D. S. Ardiantoro, “Implementasi market basket analysis terhadap strategi pemasaran produk: Studi kasus pt. petrokimia gresik,” Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 10, no. 1, pp. D33–D39, 2021.
E. Agustian, I. Mutiara, and A. Rozi, “Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm kota jambi,” J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), vol. 5, no. 2, pp. 257–262, 2020.
A. Ma’rufah, “Strategi service quality sebagai media dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan jasa pendidikan,” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 813–822, 2023.
H. Sa’diyah and R. Oktafia, “Strategi pemasaran sebagai upaya meningkatkan omset penjualan umkm kerajinan kopyah,” MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, vol. 13, no. 1, pp. 107–122, 2021.
D. Darmawan, “Pencapaian kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui strategi pemasaran berdasarkan pengalaman (studi kasus pelanggan rumah makan ayam bakar wong solo di mojokerto),” Jurnal Lima Daun Ilmu (MADA), vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2021.
F. Sudirjo, T. Purwati, W. Widyastuti, Y. U. Budiman, and M. Manuhutu, “Analisis dampak strategi pemasaran digital dalam meningkatkan loyalitas pelanggan: Perspektif industri e-commerce,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 7524–7532, 2023.
D. Wahyono, S. Supriandi, and D. R. Pontoan, “Menguji hubungan antara strategi pemasaran, loyalitas pelanggan, keterlibatan karyawan terhadap profitabilitas umkm kuliner di kota bandung,” Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, vol. 2, no. 02, pp. 106–117, 2023.
A. Liubana, W. O. Kowey, P. V. Alfonso, and W. P. Putra, “Pengaruh strategi pemasaran digital, citra merek, dan loyalitas pelanggan terhadap kinerja penjualan produk fashion di e-commerce shopee,” Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, vol. 2, no. 04, pp. 352–361, 2023.
S. Ratnawati et al., “Analisis swot dalam menentukan strategi pemasaran (studi kasus di kantor pos kota magelang 56100),” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 17, no. 2, pp. 58–70, 2020.
R. B. Seran, E. Sundari, and M. Fadhila, “Strategi pemasaran yang unik: Mengoptimalkan kreativitas dalam menarik perhatian konsumen,” Jurnal Mirai Management, vol. 8, no. 1, pp. 206–211, 2023.
H. Hasbullah, E. Meidasari, and A. A. Isabella, “Kualitas custumer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada dealer yamaha bahana pagar bandar lampung,” Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), vol. 1, no. 1, 2022.
A. E. Nasution, L. P. Putri, and R. A. Astuti, “Pemasaran digital terintegrasi terhadap loyalitas pelanggan,” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, vol. 23, no. 2, pp. 162–176, 2022.
I. Wicaksana, “Pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan pada pelanggan usia muda,” Jurnal Manajemen Kewirausahaan, vol. 18, no. 1, pp. 1–10, 2021.
A. Kurniasih and F. Yuliaty, “Pemasaran digital dan citra merek meningkatkan loyalitas pelanggan melalui kepuasan pada pelanggan produk fashion,” Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2022.
A. Rostiani, R. Lestari, and A. Nurwulandari, “Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan pemasaran digital terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di apartemen kemang grup pt pudjiadi prestige tbk jakarta,” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, vol. 4, no. Spesial Issue 4, pp. 1989–2003, 2022.
R. Widyastuti, A. Yulastri, K. Suryani, A. F. Rahmadani et al., “Strategi pemasaran online terhadap kepuasan konsumen penggemar fresh milk,” The Indonesian Journal of Computer Science, vol. 12, no. 6, 2023.
O. Hapsara, W. D. Febrian, N. Nuzleha, I. Sani, L. Lustono, N. Yuni, A. Abdurohim, M. Karmila, R. Utami, L. Yuliana et al., “Manajemen pemasaran jasa: Membangun loyalitas pelanggan,” Repository Eureka Media Aksara, 2023.
S. H. Maharani and T. Effendi, “Peran strategi pemasaran digital dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas pengguna aplikasi tokopedia (studi pada mahasiswa politeknik negeri banjarmasin),” Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2023.