Date Log
Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM
Corresponding Author(s) : Rahmat Salam
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret
Abstract
Menjalankan bisnis di era modern berbeda dengan bisnis di masa lalu. Bisnis maju adalah mereka yang dapat memasarkan produk dan layanan mereka secara teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang detail tentang strategi virtual marketing produk UMKM. Untuk itu kami memperoleh bukti-bukti yang kami teliti dari berbagai sumber, antara lain karya tulis ilmiah khususnya strategi pemasaran teknologi untuk produk usaha kecil. Hal itu berada di bawah pendekatan fenomenologis, mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk mengekstrak esensi untuk menjawab masalah saat ini. Kajian yang masuk meliputi pengkodean data tema, evaluasi informasi, penarikan kesimpulan, dan mencari validitas dalam menjawab permasalahan. Berdasarkan data yang dianalisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pemasaran online berhasil dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk media digital, memetakan pemasaran, memilih media digital yang sesuai, dan menerapkan semua aktivitas pemasaran berbasis internet.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. R. S. Panjaitan, U. Rahardja, Q. Aini, N. P. L. Santoso, and D. Apriliasari, “The Management Innovation of Kuliah Kerja Praktek (KKP),” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 62–73, 2022.
- S. Purnama, Q. Aini, U. Rahardja, N. P. L. Santoso, and S. Millah, “Design of Educational Learning Management Cloud Process with Blockchain 4.0 based E-Portfolio,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 4, pp. 628–635, 2021.
- D. Mohammed, A. G. Prawiyog, and E. R. Dewi, “Environmental Management/Marketing Research: Bibliographic Analysis,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 191–197, 2022.
- F. M. Dewi and L. Sulivyo, “Influence of Consumer Behavior and Marketing Mix on Product Purchasing Decisions,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 2, pp. 151–157, 2022.
- U. Rahardja, “Social Media Analysis as a Marketing Strategy in Online Marketing Business,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 176–182, 2022.
- R. Budiman, N. A. Romadini, M. A. H. Aziz, and A. G. Pratama, “The Impact of Online Gambling Among Indonesian Teens and Technology,” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 3, no. 2, pp. 162–167, 2022.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
- R. E. Santoso, F. P. Oganda, E. P. Harahap, and N. I. Permadi, “Pemanfaatan Penggunaan Hyperlocal Marketing bagi Startup Bidang Kuliner di Tangerang,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 2, no. 2, pp. 60–65, 2021.
- M. Azmi, M. S. Shihab, D. Rustiana, and D. P. Lazirkha, “The Effect Of Advertising, Sales Promotion, And Brand Image On Repurchasing Intention (Study On Shopee Users),” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 3, no. 2, pp. 76–85, 2022.
- H. Awali, “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19,” BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2020.
- L. Nirmalasari, A. Alwiyah, P. A. Sunarya, and A. S. Panjaitan, “A Digital Marketing Strategy Based on Applications to Rise Customer Satisfaction,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 2, no. 2, pp. 139–145, 2022.
- S. Maesaroh, R. R. Lubis, L. N. Husna, R. Widyaningsih, and R. Susilawati, “Efektivitas Implementasi Manajemen Business Intelligence pada Industri 4.0,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022.
- R. E. Santoso, F. P. Oganda, E. P. Harahap, and N. I. Permadi, “Pemanfaatan Penggunaan Hyperlocal Marketing bagi Startup Bidang Kuliner di Tangerang,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 2, no. 2, pp. 60–65, 2021.
- Q. Aini, E. P. Harahap, N. P. L. Santoso, S. N. Sari, and P. A. Sunarya, “Blockchain Based Certificate Verification System Management,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 3, pp. 1–10, 2023.
- S. N. Husin, P. Edastama, and A. Tambunan, “Digital Marketing Strategy using White Hat SEO Techniques,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 2, no. 2, pp. 171–179, 2022.
- J. Sulaksono, “Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020.
- A. Kurniawan and A. Alhifni, “Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing dan Pelatihan Keterampilan Usaha,” ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 201–207, 2022.
- A. Muhammmad and D. Saputra, “Peningkatan Penggunaan Teknologi Informasi dalam Edukasi Pemasaran Digital Pelaku Usaha Rumahan,” Jurnal Abdimas ADPI Sains Dan Teknologi, vol. 2, no. 3, pp. 19–23, 2021.
- A. Armiani, B. Basuki, and N. Suwarno, “Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat,” EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), vol. 5, no. 3, pp. 300–320, 2021.
- K. D. Nusandari, R. Widayanti, Y. F. Achmad, A. H. Azizah, and N. A. Santoso, “Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 77–88, 2022.
- D. Zarasky and N. Septiani, “Analisis Faktor Kepuasan dan Minat Penggunaan E-Money Flazz BCA di Kota Tangerang,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89–99, 2022.
- E. Kurniawan, N. Nofriadi, and D. Maharani, “Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM,” Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2021.
- M. Ramaditya, S. Effendi, F. Faruqi, and A. Darmawan, “Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun,” Journal of Sustainable Community Development (JSCD), vol. 2, no. 1, pp. 48–54, 2020.
- E. Y. R. Pardede and M. Simanjuntak, “Penguatan Pemasaran Digital UMKM Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang, UD Rezeki Baru),” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 113–119, 2022.
- R. Kusumawati, A. Akmalia, and I. Bukhori, “Pemanfaatan pemasaran digital bagi umkm klepu lor,” Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 786–794, 2022.
- C. Lukita and A. Faturahman, “Perkembangan FinTech Terhadap Crowdfunding dan Blockchain di era Disrupsi 4.0,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 9–19, 2022.
- I. Ratnasari, A. P. Arnu, and H. Hannie, “PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI UMKM JUARA KABUPATEN KARAWANG,” Jurnal Abdimas Mandiri, vol. 5, no. 1, 2021.
- A. P. Putri et al., “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 2.1 Desember, pp. 828–839, 2022.
- M. N. K. Almubaroq and S. L. Mufreni, “Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Peningkatan Promosi di Instagram pada UMKM (Studi Kasus CV. Satoeasa untuk Indonesia),” in Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2021, vol. 2, pp. 214–218.
- S. Supangat, “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE,” PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE, 2021.
- F. L. R. Riwoe and M. Mulyana, “Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor,” Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2022.
- A. Zarkasih, S. L. Nasution, M. R. Siregar, and R. S. Munthe, “Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM,” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 159–164, 2022.
References
A. R. S. Panjaitan, U. Rahardja, Q. Aini, N. P. L. Santoso, and D. Apriliasari, “The Management Innovation of Kuliah Kerja Praktek (KKP),” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 62–73, 2022.
S. Purnama, Q. Aini, U. Rahardja, N. P. L. Santoso, and S. Millah, “Design of Educational Learning Management Cloud Process with Blockchain 4.0 based E-Portfolio,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 4, pp. 628–635, 2021.
D. Mohammed, A. G. Prawiyog, and E. R. Dewi, “Environmental Management/Marketing Research: Bibliographic Analysis,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 191–197, 2022.
F. M. Dewi and L. Sulivyo, “Influence of Consumer Behavior and Marketing Mix on Product Purchasing Decisions,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 2, pp. 151–157, 2022.
U. Rahardja, “Social Media Analysis as a Marketing Strategy in Online Marketing Business,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 176–182, 2022.
R. Budiman, N. A. Romadini, M. A. H. Aziz, and A. G. Pratama, “The Impact of Online Gambling Among Indonesian Teens and Technology,” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 3, no. 2, pp. 162–167, 2022.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
R. E. Santoso, F. P. Oganda, E. P. Harahap, and N. I. Permadi, “Pemanfaatan Penggunaan Hyperlocal Marketing bagi Startup Bidang Kuliner di Tangerang,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 2, no. 2, pp. 60–65, 2021.
M. Azmi, M. S. Shihab, D. Rustiana, and D. P. Lazirkha, “The Effect Of Advertising, Sales Promotion, And Brand Image On Repurchasing Intention (Study On Shopee Users),” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 3, no. 2, pp. 76–85, 2022.
H. Awali, “Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19,” BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2020.
L. Nirmalasari, A. Alwiyah, P. A. Sunarya, and A. S. Panjaitan, “A Digital Marketing Strategy Based on Applications to Rise Customer Satisfaction,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 2, no. 2, pp. 139–145, 2022.
S. Maesaroh, R. R. Lubis, L. N. Husna, R. Widyaningsih, and R. Susilawati, “Efektivitas Implementasi Manajemen Business Intelligence pada Industri 4.0,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022.
R. E. Santoso, F. P. Oganda, E. P. Harahap, and N. I. Permadi, “Pemanfaatan Penggunaan Hyperlocal Marketing bagi Startup Bidang Kuliner di Tangerang,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 2, no. 2, pp. 60–65, 2021.
Q. Aini, E. P. Harahap, N. P. L. Santoso, S. N. Sari, and P. A. Sunarya, “Blockchain Based Certificate Verification System Management,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 3, pp. 1–10, 2023.
S. N. Husin, P. Edastama, and A. Tambunan, “Digital Marketing Strategy using White Hat SEO Techniques,” International Journal of Cyber and IT Service Management, vol. 2, no. 2, pp. 171–179, 2022.
J. Sulaksono, “Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020.
A. Kurniawan and A. Alhifni, “Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui Pengembangan Digital Marketing dan Pelatihan Keterampilan Usaha,” ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 201–207, 2022.
A. Muhammmad and D. Saputra, “Peningkatan Penggunaan Teknologi Informasi dalam Edukasi Pemasaran Digital Pelaku Usaha Rumahan,” Jurnal Abdimas ADPI Sains Dan Teknologi, vol. 2, no. 3, pp. 19–23, 2021.
A. Armiani, B. Basuki, and N. Suwarno, “Teknologi Digital Memediasi Dampak Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Umkm Di Nusa Tenggara Barat,” EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), vol. 5, no. 3, pp. 300–320, 2021.
K. D. Nusandari, R. Widayanti, Y. F. Achmad, A. H. Azizah, and N. A. Santoso, “Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 77–88, 2022.
D. Zarasky and N. Septiani, “Analisis Faktor Kepuasan dan Minat Penggunaan E-Money Flazz BCA di Kota Tangerang,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89–99, 2022.
E. Kurniawan, N. Nofriadi, and D. Maharani, “Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM,” Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2021.
M. Ramaditya, S. Effendi, F. Faruqi, and A. Darmawan, “Pelatihan Kewirausahaan Kreatif Berbasis Manajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun,” Journal of Sustainable Community Development (JSCD), vol. 2, no. 1, pp. 48–54, 2020.
E. Y. R. Pardede and M. Simanjuntak, “Penguatan Pemasaran Digital UMKM Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Keripik Cap Rumah Adat Minang, UD Rezeki Baru),” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 113–119, 2022.
R. Kusumawati, A. Akmalia, and I. Bukhori, “Pemanfaatan pemasaran digital bagi umkm klepu lor,” Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 786–794, 2022.
C. Lukita and A. Faturahman, “Perkembangan FinTech Terhadap Crowdfunding dan Blockchain di era Disrupsi 4.0,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 9–19, 2022.
I. Ratnasari, A. P. Arnu, and H. Hannie, “PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA ANGGOTA KOPERASI UMKM JUARA KABUPATEN KARAWANG,” Jurnal Abdimas Mandiri, vol. 5, no. 1, 2021.
A. P. Putri et al., “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 2.1 Desember, pp. 828–839, 2022.
M. N. K. Almubaroq and S. L. Mufreni, “Penerapan Strategi Digital Marketing untuk Peningkatan Promosi di Instagram pada UMKM (Studi Kasus CV. Satoeasa untuk Indonesia),” in Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2021, vol. 2, pp. 214–218.
S. Supangat, “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE,” PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PT BUKA LAPAK DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI MARKETPLACE, 2021.
F. L. R. Riwoe and M. Mulyana, “Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor,” Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, vol. 3, no. 1, pp. 25–32, 2022.
A. Zarkasih, S. L. Nasution, M. R. Siregar, and R. S. Munthe, “Strategi Pemasaran Produk Di Era Digital Pada UMKM,” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 159–164, 2022.