Date Log
Implementasikan Sistem Informasi dalam Mendukung Perilaku Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce
Corresponding Author(s) : Nana Sutisna
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 1 (2023): September
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi implementasi sistem informasi dalam mendukung perilaku pembelian pada platform e-commerce, dengan fokus pada penggunaan metode TAM (Technology Acceptance Model). Latar belakang penelitian ini melibatkan pertumbuhan yang pesat dalam industri e-commerce, di mana banyak konsumen beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam konteks ini, penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dalam lingkungan e-commerce. Metode TAM digunakan untuk menganalisis variabel yang terkait dengan adopsi sistem informasi, termasuk Perceived Usefulness (Persepsi Kebermanfaatan), Attitude Toward Using (Sikap terhadap Penggunaan), Behavioral Intention to Use (Niat Perilaku Penggunaan), Perceived Ease of Use (Persepsi Kemudahan Penggunaan), dan Actual System Use (Penggunaan Sistem yang Sebenarnya). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan dalam konteks e-commerce, serta untuk mengidentifikasi sejauh mana pengaruh sistem informasi dalam pengambilan keputusan pembelian. Dengan menganalisis variabel-variabel yang telah disebutkan, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang berguna bagi perusahaan e-commerce dalam merancang strategi pemasaran dan pengembangan sistem informasi yang lebih efektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan di e-commerce. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor penting seperti Perceived Usefulness, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use, Perceived Ease of Use, dan Actual System Use, penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada perusahaan e-commerce untuk meningkatkan pengalaman pembelian pelanggan, memperbaiki antarmuka pengguna, dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- M. R. Julianto and B. Daniawan, “E-Commerce Information System Using Technology Acceptance Model Approach,” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol. 13, no. 1, pp. 1–8, 2022.
- R. Mulyana, A. U. Hasanah, A. Khoirunisa, A. Y. Pratama, R. A. D. Septian, and A. Faturahman, “Overview of the Integration Between Electric Vehicles and Smart Grid Technology,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–7.
- I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022.
- A. R. H. Utami, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce,” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), vol. 1, no. 6, pp. 79–93, 2020.
- A. Frimayasa, “Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia,” Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 11, no. 03, pp. 941–945, 2022.
- I. K. Rachmawati, Y. Handoko, F. Nuryati, M. Wulan, and S. Hidayatullah, “Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online,” 2019.
- S. Nawangsari and Y. Karmayanti, “Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui media sosial instagram (Studi kasus pada online shop YLK. Store),” Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 2018.
- J. F. Andry and F. M. Susanto, “Analisis Deskriptif Perilaku Konsumen Shopee: Technology Acceptance Model (TAM),” Journal of Technology and Informatics (JoTI), vol. 4, no. 2, pp. 63–68, 2023.
- M. H. Yulianto and D. Djuharni, “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Penjualan Pada CV. Tri Kencana Cilegon-Banten,” Jurnal Akuntansi Kontemporer, vol. 11, no. 1, pp. 40–51, 2019.
- A. Arfian, A. A. Yana, H. Sulaiman, and A. Astrilyana, “Analysis Of The Level Of User Satisfaction Of Tanihub APK Using The Tam Model,” JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), vol. 6, no. 2, pp. 537–544, 2022.
- N. Yunita and D. S. Canta, “Penerapan Metode Technology Acceptance Model dalam Mengukur Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli,” Jurnal Sosial Teknologi, vol. 2, no. 5, pp. 443–451, 2022.
- W. R. Farrasari and I. Amaliah, “Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Masyarakat Kota Bandung dalam Berbelanja Produk Fashion di E-Commerce Shopee,” in Bandung Conference Series: Economics Studies, 2023.
- R. Lasiba, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce pada Aplikasi Shopee (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang dan Universitas Negeri Malang),” 2022.
- W. R. Farrasari and I. Amaliah, “Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Masyarakat Kota Bandung dalam Berbelanja Produk Fashion di E-Commerce Shopee,” in Bandung Conference Series: Economics Studies, 2023.
- A. Purwanto and N. Nurahman, “Model Penerimaan Penggunaan E-Marketplace Dengan Technology Acceptance Model di Pusat Pembelanjaan Mentaya Kotawaringin Timur,” Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 15, no. 2, pp. 81–89, 2020.
- U. Rahardja, I. D. Hapsari, P. O. H. Putra, and A. N. Hidayanto, “Technological readiness and its impact on mobile payment usage: A case study of go-pay,” Cogent Eng, vol. 10, no. 1, p. 2171566, 2023.
- M. I. H. M. Baso and D. Daryanti, “Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar,” Jurnal Mirai Management, vol. 7, no. 2, pp. 355–365, 2022.
- G. I. Windana, T. Irawati, and S. H. Fitriasih, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model Dalam Analisis Loyalitas Pengguna E-Commerce,” Jurnal TIKomSiN, vol. 10, no. 1, 2022.
- N. Nurfiyah, N. A. Mayangky, S. Hadianti, and D. Riana, “Analisis technology acceptance model pada aplikasi platform perdagangan elektronik di kalangan mahasiswa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 59–68, 2019.
- T. Hariguna, U. Rahardja, and Q. Aini, “The antecedent e-government quality for public behaviour intention, and extended expectation-confirmation theory,” Computer Science and Information Technologies, vol. 4, no. 1, pp. 33–42, 2023.
- R. Mulyana, A. U. Hasanah, A. Khoirunisa, A. Y. Pratama, R. A. D. Septian, and A. Faturahman, “Overview of the Integration Between Electric Vehicles and Smart Grid Technology,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–7.
- A. P. N. Sari and F. S. Goestjahjanti, “Pengaruh CR dan NPM Terhadap ROE pada PT Mustika Ratu Tbk,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 111–122, 2023.
- N. Sitohang, “Penerapan Terhadap Model Penerimaan Teknologi (TAM) Dengan Penerimaan Aplikasi E-Commerce Dalam Kehidupan Bisnis Usaha Mikro Masyarakat,” Journal of Trends Economics and Accounting Research, vol. 1, no. 2, pp. 44–50, 2020.
- U. Rahardja, Q. Aini, D. Manongga, I. Sembiring, and Y. P. A. Sanjaya, “Enhancing Machine Learning with Low-Cost P M2. 5 Air Quality Sensor Calibration using Image Processing,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 3, pp. 11–19, 2023.
- F. D. Azizah, A. N. Nur, and A. H. P. K. Putra, “Impulsive buying behavior: Implementation of IT on technology acceptance model on E-Commerce purchase decisions,” Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, vol. 2, no. 1, pp. 58–72, 2022.
- Q. Aini, U. Rahardja, D. Manongga, I. Sembiring, M. Hardini, and H. Agustian, “IoT-Based Indoor Air Quality Using Esp32,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–5.
- M. Herlina, “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 144–154, 2023.
- I. S. Fadli, N. P. Lestari, and A. A. Putri, “Implementation of White Hat SEO-Based Digital Incubator Platform,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 2, pp. 122–130, 2023.
- M. I. H. M. Baso and D. Daryanti, “PENGARUH E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP PRODUKTIVITAS UMKM DI KOTA MAKASSAR,” in Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 2022, pp. 195–199.
- P. Padeli, E. Sediyono, Z. A. Hasibuan, S. Maulana, and A. Faturahman, “iLearning Education 2.0 Based MooC Platform as Collaborative Learning Smart Technology,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–6.
- F. D. Azizah, A. N. Nur, and A. H. P. K. Putra, “Impulsive buying behavior: Implementation of IT on technology acceptance model on E-Commerce purchase decisions,” Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, vol. 2, no. 1, pp. 58–72, 2022.
References
M. R. Julianto and B. Daniawan, “E-Commerce Information System Using Technology Acceptance Model Approach,” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol. 13, no. 1, pp. 1–8, 2022.
R. Mulyana, A. U. Hasanah, A. Khoirunisa, A. Y. Pratama, R. A. D. Septian, and A. Faturahman, “Overview of the Integration Between Electric Vehicles and Smart Grid Technology,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–7.
I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022.
A. R. H. Utami, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce,” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), vol. 1, no. 6, pp. 79–93, 2020.
A. Frimayasa, “Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia,” Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 11, no. 03, pp. 941–945, 2022.
I. K. Rachmawati, Y. Handoko, F. Nuryati, M. Wulan, and S. Hidayatullah, “Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online,” 2019.
S. Nawangsari and Y. Karmayanti, “Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui media sosial instagram (Studi kasus pada online shop YLK. Store),” Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 2018.
J. F. Andry and F. M. Susanto, “Analisis Deskriptif Perilaku Konsumen Shopee: Technology Acceptance Model (TAM),” Journal of Technology and Informatics (JoTI), vol. 4, no. 2, pp. 63–68, 2023.
M. H. Yulianto and D. Djuharni, “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Penjualan Pada CV. Tri Kencana Cilegon-Banten,” Jurnal Akuntansi Kontemporer, vol. 11, no. 1, pp. 40–51, 2019.
A. Arfian, A. A. Yana, H. Sulaiman, and A. Astrilyana, “Analysis Of The Level Of User Satisfaction Of Tanihub APK Using The Tam Model,” JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), vol. 6, no. 2, pp. 537–544, 2022.
N. Yunita and D. S. Canta, “Penerapan Metode Technology Acceptance Model dalam Mengukur Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli,” Jurnal Sosial Teknologi, vol. 2, no. 5, pp. 443–451, 2022.
W. R. Farrasari and I. Amaliah, “Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Masyarakat Kota Bandung dalam Berbelanja Produk Fashion di E-Commerce Shopee,” in Bandung Conference Series: Economics Studies, 2023.
R. Lasiba, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce pada Aplikasi Shopee (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang dan Universitas Negeri Malang),” 2022.
W. R. Farrasari and I. Amaliah, “Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Minat Masyarakat Kota Bandung dalam Berbelanja Produk Fashion di E-Commerce Shopee,” in Bandung Conference Series: Economics Studies, 2023.
A. Purwanto and N. Nurahman, “Model Penerimaan Penggunaan E-Marketplace Dengan Technology Acceptance Model di Pusat Pembelanjaan Mentaya Kotawaringin Timur,” Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. 15, no. 2, pp. 81–89, 2020.
U. Rahardja, I. D. Hapsari, P. O. H. Putra, and A. N. Hidayanto, “Technological readiness and its impact on mobile payment usage: A case study of go-pay,” Cogent Eng, vol. 10, no. 1, p. 2171566, 2023.
M. I. H. M. Baso and D. Daryanti, “Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar,” Jurnal Mirai Management, vol. 7, no. 2, pp. 355–365, 2022.
G. I. Windana, T. Irawati, and S. H. Fitriasih, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model Dalam Analisis Loyalitas Pengguna E-Commerce,” Jurnal TIKomSiN, vol. 10, no. 1, 2022.
N. Nurfiyah, N. A. Mayangky, S. Hadianti, and D. Riana, “Analisis technology acceptance model pada aplikasi platform perdagangan elektronik di kalangan mahasiswa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 59–68, 2019.
T. Hariguna, U. Rahardja, and Q. Aini, “The antecedent e-government quality for public behaviour intention, and extended expectation-confirmation theory,” Computer Science and Information Technologies, vol. 4, no. 1, pp. 33–42, 2023.
R. Mulyana, A. U. Hasanah, A. Khoirunisa, A. Y. Pratama, R. A. D. Septian, and A. Faturahman, “Overview of the Integration Between Electric Vehicles and Smart Grid Technology,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–7.
A. P. N. Sari and F. S. Goestjahjanti, “Pengaruh CR dan NPM Terhadap ROE pada PT Mustika Ratu Tbk,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 111–122, 2023.
N. Sitohang, “Penerapan Terhadap Model Penerimaan Teknologi (TAM) Dengan Penerimaan Aplikasi E-Commerce Dalam Kehidupan Bisnis Usaha Mikro Masyarakat,” Journal of Trends Economics and Accounting Research, vol. 1, no. 2, pp. 44–50, 2020.
U. Rahardja, Q. Aini, D. Manongga, I. Sembiring, and Y. P. A. Sanjaya, “Enhancing Machine Learning with Low-Cost P M2. 5 Air Quality Sensor Calibration using Image Processing,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 3, pp. 11–19, 2023.
F. D. Azizah, A. N. Nur, and A. H. P. K. Putra, “Impulsive buying behavior: Implementation of IT on technology acceptance model on E-Commerce purchase decisions,” Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, vol. 2, no. 1, pp. 58–72, 2022.
Q. Aini, U. Rahardja, D. Manongga, I. Sembiring, M. Hardini, and H. Agustian, “IoT-Based Indoor Air Quality Using Esp32,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–5.
M. Herlina, “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 144–154, 2023.
I. S. Fadli, N. P. Lestari, and A. A. Putri, “Implementation of White Hat SEO-Based Digital Incubator Platform,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 2, pp. 122–130, 2023.
M. I. H. M. Baso and D. Daryanti, “PENGARUH E-COMMERCE DENGAN PENERAPAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP PRODUKTIVITAS UMKM DI KOTA MAKASSAR,” in Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 2022, pp. 195–199.
P. Padeli, E. Sediyono, Z. A. Hasibuan, S. Maulana, and A. Faturahman, “iLearning Education 2.0 Based MooC Platform as Collaborative Learning Smart Technology,” in 2022 IEEE Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT), IEEE, 2022, pp. 1–6.
F. D. Azizah, A. N. Nur, and A. H. P. K. Putra, “Impulsive buying behavior: Implementation of IT on technology acceptance model on E-Commerce purchase decisions,” Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, vol. 2, no. 1, pp. 58–72, 2022.