Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di Fakultas Sains dan Teknologi Pasca Covid-19
Corresponding Author(s) : Nurul Faizah Rozy
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 2 (2024): Maret
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah mengakibatkan transformasi mendalam dalam sektor pendidikan, mendorong pertumbuhan pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif penting saat pembelajaran tatap muka terhambat. Meskipun menawarkan fleksibilitas, transisi ke pembelajaran daring memerlukan adaptasi yang bertahap. Kendala yang dihadapi siswa, seperti koneksi internet yang tidak stabil dan dukungan finansial, menyoroti kebutuhan akan aksesibilitas teknologi yang lebih baik. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa, melalui integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta teknik pembelajaran aktif, dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil pembelajaran. Penelitian ini mengevaluasi berbagai aspek pembelajaran jarak jauh, termasuk proses pembelajaran, sarana-prasarana, dan aspek psikologis siswa di Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran menyeluruh, mengevaluasi dampak, dan menyusun rekomendasi. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan survei dengan 500 responden mahasiswa FST melalui kuesioner elektronik. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan preferensi terhadap model pembelajaran hibrid yang menggabungkan pembelajaran di kelas dan daring dan menegaskan pentingnya perencanaan yang matang serta dukungan infrastruktur untuk menjaga kualitas pendidikan di era pasca-Covid-19. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang implementasi pembelajaran jarak jauh di FST, menyoroti tantangan yang dihadapi serta rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan ke depannya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Pregowska, K. Masztalerz, M. Garlińska, and M. Osial, “A worldwide journey through distance education—from the post office to virtual, augmented and mixed realities, and education during the COVID-19 pandemic,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 3, p. 118, 2021.
- P. T. Febrianto, S. Mas’udah, and L. A. Megasari, “Implementation of online learning during the covid-19 pandemic on Madura Island, Indonesia,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 19, no. 8, pp. 233–254, 2020.
- R. M. Napitupulu, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 23–33, 2020.
- T. N. Rahmadi, “Perbandingan Digital Model dan Hybrid Model dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Pandemi COVID-19,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 10, pp. 1800–1811, 2021.
- A. Türkan, H. Leblebici, and I. Önal, “Opinions of Teacher Candidates on Distance Education Implemented during the COVID-19 Pandemic Period.,” Online Submission, vol. 7, no. 11, pp. 329–353, 2020.
- H. Jusuf, A. Sobari, and M. Fathoni, “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19:-,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 1, no. 1, 2020.
- A. Rohmanu, E. Muafiah, A. Rahman Hakim, and V. V. W. Damayanti, “Kesiapan, Kompleksitas Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh: Perspektif Mahasiswa Iain Ponorogo,” KESIAPAN, KOMPLEKSITAS DAN HARAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH: PERSPEKTIF MAHASISWA IAIN PONOROGO, vol. 11, no. 2, pp. 221–241, 2020.
- Y. B. Melnyk, I. S. Pypenko, and Y. V. Maslov, “COVID-19 pandemic as a factor revolutionizing the industry of higher education,” Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, vol. 12, no. 5, pp. 1–6, 2020.
- H. M. Alakrash and N. A. Razak, “Education and the Fourth Industrial Revolution: Lessons from COVID-19.,” Computers, Materials & Continua, vol. 70, no. 1, 2022.
- Q. Aini, M. Budiarto, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Exploring e-learning challenges during the global COVID-19 pandemic: A review,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 16, no. 2, pp. 57–65, 2020.
- U. Rahardja, S. Sudaryono, N. P. L. Santoso, A. Faturahman, and Q. Aini, “Covid-19: Digital Signature Impact on Higher Education Motivation Performance,” International Journal of Artificial Intelligence Research, vol. 4, no. 1, pp. 65–74, 2020.
- R. Assya’bani and M. Majdi, “Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 2, pp. 555–568, 2022.
- H. Polianovskyi, T. Zatonatska, O. Dluhopolskyi, and I. Liutyi, “Digital and technological support of distance learning at universities under COVID-19 (case of Ukraine),” Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala, vol. 13, no. 4, pp. 595–613, 2021.
- A. K. H. Alghamdi, W. S. El-Hassan, A. A. M. H. Al-Ahdal, and A. A. Hassan, “Distance Education in Higher Education in Saudi Arabia in the Post-COVID-19 Era.,” World Journal on Educational Technology: Current Issues, vol. 13, no. 3, pp. 485–501, 2021.
- J. Singh et al., “Online, hybrid, and face-to-face learning through the eyes of faculty, students, administrators, and instructional designers: Lessons learned and directions for the post-vaccine and post-pandemic/COVID-19 world,” Journal of Educational Technology Systems, vol. 50, no. 3, pp. 301–326, 2022.
- R. Assya’bani and M. Majdi, “Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 2, pp. 555–568, 2022.
- R. M. Putri, A. D. Oktaviani, A. S. F. Utami, H. A. Addiina, and H. Nisa, “Hubungan pembelajaran jarak jauh dan gangguan somatoform dengan tingkat stres mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, vol. 2, no. 1, pp. 38–45, 2020.
- S. H. D. Hatmo, “Dampak pandemi covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran jarak jauh secara daring,” Scholaria: Jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol. 11, no. 2, pp. 115–122, 2021.
- L. Handayani, “Keuntungan, kendala dan solusi pembelajaran online selama pandemi COVID-19: Studi ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 1, no. 2, pp. 15–23, 2020.
- R. D. Ariyanto, S. Andrianie, and G. S. Hanggara, “Implementasi pendidikan karakter di masa pandemi covid-19: Tantangan dan Kontribusi,” 2020.
- N. L. S. Nuraini, S. Qihua, A. S. Venatius, T. I. Slamet, and P. S. Cholifah, “Distance learning strategy in COVID-19 pandemic for primary schools,” International Webinar Series-Educational Revolution in Post Covid Era, pp. 107–116, 2020.
- M. Rais, “Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Habitus Baru Dalam Ekosistem Pendidikan Di Uin Alauddin Makassar,” Al-Qalam, vol. 26, no. 2, pp. 267–280, 2020.
- N. Lutfiani, Q. Aini, U. Rahardja, N. Septiani, and I. K. Gunawan, “Desain Aplikasi Software as a Service sebagai Layanan Perbelanjaan Online,” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 9, no. 02, pp. 181–194, 2023.
- R. S. Putra and I. Irwansyah, “Media komunikasi digital, efektif namun tidak efisien, studi media richness theory dalam pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi di masa pandemi,” Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 3, no. 2, pp. 1–13, 2020.
- M. MANSYUR, “Covid-19 And The Communication Revolution: An Analysis Of Student Social Change In Higher Education,” Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, pp. 27–43, 2023.
- M. Siahaan, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 1, no. 1, 2020.
- B. F. Prisuna, “Pengaruh penggunaan aplikasi google meet terhadap hasil belajar,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 137–147, 2021.
- R. K. Oetomo, P. D. A. Pamungkas, and N. Septianingsih, “Literasi Digital Mahasiswa Menggunakan Kerangka Pengukuran Literasi Digital Kominfo,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 73–83, 2023.
- R. A. Febriyanti, T. Nurtino, M. L. Huzaifah, and D. A. R. Kusumawardhani, “Information Technology Development’s Impact On Library Services,” International Transactions on Education Technology, vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2023.
- A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic),” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020.
- F. D. Pertiwi et al., “Dampak Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Terhadap Kinerja Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibn Khaldun Bogor,” Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 71–82, 2022.
- G. Far-Far, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, vol. 17, no. 1, 2021.
- A. N. Sutisno and D. Nurdiyanti, “Sistem Daring Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Realisasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 4, no. 2, pp. 265–273, 2020.
- D. Wahyudin, A. Karim, and A. Saepurrohman, “Pengelolaan pembelajaran jarak jauh: Kajian dasar hukum dan respon mahasiswa,” 2020.
References
A. Pregowska, K. Masztalerz, M. Garlińska, and M. Osial, “A worldwide journey through distance education—from the post office to virtual, augmented and mixed realities, and education during the COVID-19 pandemic,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 3, p. 118, 2021.
P. T. Febrianto, S. Mas’udah, and L. A. Megasari, “Implementation of online learning during the covid-19 pandemic on Madura Island, Indonesia,” International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, vol. 19, no. 8, pp. 233–254, 2020.
R. M. Napitupulu, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 23–33, 2020.
T. N. Rahmadi, “Perbandingan Digital Model dan Hybrid Model dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Pandemi COVID-19,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 10, pp. 1800–1811, 2021.
A. Türkan, H. Leblebici, and I. Önal, “Opinions of Teacher Candidates on Distance Education Implemented during the COVID-19 Pandemic Period.,” Online Submission, vol. 7, no. 11, pp. 329–353, 2020.
H. Jusuf, A. Sobari, and M. Fathoni, “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19:-,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 1, no. 1, 2020.
A. Rohmanu, E. Muafiah, A. Rahman Hakim, and V. V. W. Damayanti, “Kesiapan, Kompleksitas Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh: Perspektif Mahasiswa Iain Ponorogo,” KESIAPAN, KOMPLEKSITAS DAN HARAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH: PERSPEKTIF MAHASISWA IAIN PONOROGO, vol. 11, no. 2, pp. 221–241, 2020.
Y. B. Melnyk, I. S. Pypenko, and Y. V. Maslov, “COVID-19 pandemic as a factor revolutionizing the industry of higher education,” Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, vol. 12, no. 5, pp. 1–6, 2020.
H. M. Alakrash and N. A. Razak, “Education and the Fourth Industrial Revolution: Lessons from COVID-19.,” Computers, Materials & Continua, vol. 70, no. 1, 2022.
Q. Aini, M. Budiarto, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Exploring e-learning challenges during the global COVID-19 pandemic: A review,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 16, no. 2, pp. 57–65, 2020.
U. Rahardja, S. Sudaryono, N. P. L. Santoso, A. Faturahman, and Q. Aini, “Covid-19: Digital Signature Impact on Higher Education Motivation Performance,” International Journal of Artificial Intelligence Research, vol. 4, no. 1, pp. 65–74, 2020.
R. Assya’bani and M. Majdi, “Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 2, pp. 555–568, 2022.
H. Polianovskyi, T. Zatonatska, O. Dluhopolskyi, and I. Liutyi, “Digital and technological support of distance learning at universities under COVID-19 (case of Ukraine),” Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala, vol. 13, no. 4, pp. 595–613, 2021.
A. K. H. Alghamdi, W. S. El-Hassan, A. A. M. H. Al-Ahdal, and A. A. Hassan, “Distance Education in Higher Education in Saudi Arabia in the Post-COVID-19 Era.,” World Journal on Educational Technology: Current Issues, vol. 13, no. 3, pp. 485–501, 2021.
J. Singh et al., “Online, hybrid, and face-to-face learning through the eyes of faculty, students, administrators, and instructional designers: Lessons learned and directions for the post-vaccine and post-pandemic/COVID-19 world,” Journal of Educational Technology Systems, vol. 50, no. 3, pp. 301–326, 2022.
R. Assya’bani and M. Majdi, “Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21,” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol. 16, no. 2, pp. 555–568, 2022.
R. M. Putri, A. D. Oktaviani, A. S. F. Utami, H. A. Addiina, and H. Nisa, “Hubungan pembelajaran jarak jauh dan gangguan somatoform dengan tingkat stres mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, vol. 2, no. 1, pp. 38–45, 2020.
S. H. D. Hatmo, “Dampak pandemi covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran jarak jauh secara daring,” Scholaria: Jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol. 11, no. 2, pp. 115–122, 2021.
L. Handayani, “Keuntungan, kendala dan solusi pembelajaran online selama pandemi COVID-19: Studi ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 1, no. 2, pp. 15–23, 2020.
R. D. Ariyanto, S. Andrianie, and G. S. Hanggara, “Implementasi pendidikan karakter di masa pandemi covid-19: Tantangan dan Kontribusi,” 2020.
N. L. S. Nuraini, S. Qihua, A. S. Venatius, T. I. Slamet, and P. S. Cholifah, “Distance learning strategy in COVID-19 pandemic for primary schools,” International Webinar Series-Educational Revolution in Post Covid Era, pp. 107–116, 2020.
M. Rais, “Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Habitus Baru Dalam Ekosistem Pendidikan Di Uin Alauddin Makassar,” Al-Qalam, vol. 26, no. 2, pp. 267–280, 2020.
N. Lutfiani, Q. Aini, U. Rahardja, N. Septiani, and I. K. Gunawan, “Desain Aplikasi Software as a Service sebagai Layanan Perbelanjaan Online,” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 9, no. 02, pp. 181–194, 2023.
R. S. Putra and I. Irwansyah, “Media komunikasi digital, efektif namun tidak efisien, studi media richness theory dalam pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi di masa pandemi,” Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 3, no. 2, pp. 1–13, 2020.
M. MANSYUR, “Covid-19 And The Communication Revolution: An Analysis Of Student Social Change In Higher Education,” Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, vol. 7, no. 1, pp. 27–43, 2023.
M. Siahaan, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 1, no. 1, 2020.
B. F. Prisuna, “Pengaruh penggunaan aplikasi google meet terhadap hasil belajar,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 137–147, 2021.
R. K. Oetomo, P. D. A. Pamungkas, and N. Septianingsih, “Literasi Digital Mahasiswa Menggunakan Kerangka Pengukuran Literasi Digital Kominfo,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 73–83, 2023.
R. A. Febriyanti, T. Nurtino, M. L. Huzaifah, and D. A. R. Kusumawardhani, “Information Technology Development’s Impact On Library Services,” International Transactions on Education Technology, vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2023.
A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic),” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020.
F. D. Pertiwi et al., “Dampak Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Terhadap Kinerja Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibn Khaldun Bogor,” Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 71–82, 2022.
G. Far-Far, “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, vol. 17, no. 1, 2021.
A. N. Sutisno and D. Nurdiyanti, “Sistem Daring Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Realisasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 4, no. 2, pp. 265–273, 2020.
D. Wahyudin, A. Karim, and A. Saepurrohman, “Pengelolaan pembelajaran jarak jauh: Kajian dasar hukum dan respon mahasiswa,” 2020.