Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah
Corresponding Author(s) : Lovinta Happy Atrinawati
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 2 (2024): Maret
Abstract
Di era digital, teknologi pembelajaran aktif merupakan kunci transformasi pendidikan, terutama di sekolah kejuruan menengah, namun implementasinya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas teknologi pembelajaran aktif dalam pendidikan kejuruan menengah, terutama dalam konteks pengembangan motivasi karir siswa. Dengan pendekatan mixed-methods, penelitian mengkombinasikan survei skala Likert dan wawancara mendalam, menilai pengalaman dan persepsi siswa serta guru terhadap teknologi. Survei mengukur keterlibatan, motivasi belajar, dan persepsi efektivitas pembelajaran, sementara wawancara mendalam menggali pengalaman dan tantangan dalam implementasi teknologi. Penelitian ini melibatkan 150 siswa dan 30 guru dari berbagai institusi kejuruan untuk memastikan representasi yang luas dari berbagai program studi, tahun ajaran, dan latar belakang guru. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa teknologi pembelajaran aktif signifikan dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, dengan siswa menyoroti interaktivitas dan kolaborasi sebagai aspek positif. Guru juga mencatat peningkatan partisipasi dan interaksi di kelas. Namun, tantangan seperti kebutuhan pelatihan guru yang komprehensif dan peningkatan infrastruktur teknologi teridentifikasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya mengintegrasikan teknologi pembelajaran aktif dalam pendidikan kejuruan menengah dan menekankan perlunya pendekatan holistik, melibatkan pelatihan guru yang efektif, kurikulum adaptif, dan infrastruktur yang memadai, untuk memaksimalkan potensi pendidikan dengan teknologi.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- S. Hartati, D. Nurdin, and D. Arisandi, “Edukasi Kepemimpinan Digital pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru,” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 238–244, 2023.
- R. Widyastuti, A. A. Widiastuti, R. Febe, and A. Seviyani, “Penerapan Kurilum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keunggulan Studi Kasus SMK Tanjung Priok 1,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 5, pp. 3180–3185, 2023.
- W. A. Ramadhani, H. Assasanaim, A. A. Resanti, S. R. Ariyanto, and F. Rozi, “ANALISIS PEMINATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” Research and Development Journal of Education, vol. 9, no. 2, pp. 648–657, 2023.
- F. Fatihaturahmi, “Studi Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline dalam Pembuatan Pola Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Vokasi Informatika, pp. 138–144, 2022.
- Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y, “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480, 2023.
- Nasution, A., Siddik, M., & Manurung, N, “Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” Journal Of Science And Social Research, 4(1), 1-5.
- Sholeh, M. I., & Efendi, N, “Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital,” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126, 2023.
- R. Fadillah, A. Ambiyar, M. Giatman, F. Fadhilah, M. Muskhir, and H. Effendi, “Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 138–146, 2021.
- N. A. Safitri and G. A. Y. P. Adistana, “Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis,” Jurnal Pendidikan tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 4021–4031, 2021.
- A. Farzana, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Menengah,” Jurnal Dunia Ilmu, vol. 3, no. 2, 2023.
- W. U. Putra and N. Mayasari, “Kurikulum Berorientasi Karier di Perguruan Tinggi Jawa Barat: Menghubungkan Pendidikan dengan Tuntutan Dunia Kerja Melalui Pembelajaran Praktis dan Keterampilan Industri,” Jurnal Pendidikan West Science, vol. 1, no. 08, pp. 528–537, 2023.
- S. Sutama and I. N. Fajriani, “Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Varidika, vol. 33, no. 2, pp. 129–140, 2022.
- S. Duma, M. Limbong, and L. G. Kailola, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 815–826, 2021.
- A. HARDIANTI, S. SUHARTI, and P. PURNAMAWATI, “PENTINGNYA MANAJEMEN PEMBELAJARAN CRITICAL THINGKING SKILL PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK),” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, vol. 2, no. 2, pp. 106–115, 2022.
- R. A. Sari, B. Musthafa, and F. N. Yusuf, “Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 21, no. 2, pp. 1–11, 2021.
- T. Annisa and R. M. A. Salim, “Pengaruh planned happenstance terhadap career decision Self-efficacy dengan career exploration behavior sebagai mediator,” Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, vol. 11, no. 02, pp. 149–160, 2020.
- A. Kurniawan and F. N. Mahmudah, “Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah kejuruan,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 184–196, 2020.
- S. Mujab, Transformasi Pendidikan SMK: Menuju SDM Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan. Penerbit Adab, 2023.
- M. Mardianto, T. Kuat, and M. Muchlas, “Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Open Source Tutorial Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 22769–22779, 2023.
- N. Hapiana, S. Fitriana, and D. Maulia, “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Teknologi 1 Purbalingga,” PD ABKIN JATIM Open Journal System, vol. 3, no. 1, pp. 51–65, 2022.
- A. Kurniawan and F. N. Mahmudah, “Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah kejuruan,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 184–196, 2020.
- M. Nurqozin and D. Putra, “Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau,” Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 12, no. 4, pp. 637–646, 2023.
- E. Melati, M. Kurniawan, M. Marlina, S. Santosa, R. Zahra, and Y. Purnama, “Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah,” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), vol. 6, no. 4, pp. 14–20, 2023.
- A. Farisi, A. D. Herlambang, and P. Zulvarina, “Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 4, pp. 1872–1882, 2023.
- F. A. Rahman and C. P. Bhakti, “Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal,” in Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 2020, pp. 36–42.
References
S. Hartati, D. Nurdin, and D. Arisandi, “Edukasi Kepemimpinan Digital pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Abdurrab Pekanbaru,” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 238–244, 2023.
R. Widyastuti, A. A. Widiastuti, R. Febe, and A. Seviyani, “Penerapan Kurilum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Program Keunggulan Studi Kasus SMK Tanjung Priok 1,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 5, pp. 3180–3185, 2023.
W. A. Ramadhani, H. Assasanaim, A. A. Resanti, S. R. Ariyanto, and F. Rozi, “ANALISIS PEMINATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” Research and Development Journal of Education, vol. 9, no. 2, pp. 648–657, 2023.
F. Fatihaturahmi, “Studi Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline dalam Pembuatan Pola Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Vokasi Informatika, pp. 138–144, 2022.
Subroto, D. E., Supriandi, S., Wirawan, R., & Rukmana, A. Y, “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia,” Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473-480, 2023.
Nasution, A., Siddik, M., & Manurung, N, “Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” Journal Of Science And Social Research, 4(1), 1-5.
Sholeh, M. I., & Efendi, N, “Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital,” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104-126, 2023.
R. Fadillah, A. Ambiyar, M. Giatman, F. Fadhilah, M. Muskhir, and H. Effendi, “Meta Analysis: Efektivitas Penggunaan Metode Proyect Based Learning Dalam Pendidikan Vokasi,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 138–146, 2021.
N. A. Safitri and G. A. Y. P. Adistana, “Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis,” Jurnal Pendidikan tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 4021–4031, 2021.
A. Farzana, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Menengah,” Jurnal Dunia Ilmu, vol. 3, no. 2, 2023.
W. U. Putra and N. Mayasari, “Kurikulum Berorientasi Karier di Perguruan Tinggi Jawa Barat: Menghubungkan Pendidikan dengan Tuntutan Dunia Kerja Melalui Pembelajaran Praktis dan Keterampilan Industri,” Jurnal Pendidikan West Science, vol. 1, no. 08, pp. 528–537, 2023.
S. Sutama and I. N. Fajriani, “Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Varidika, vol. 33, no. 2, pp. 129–140, 2022.
S. Duma, M. Limbong, and L. G. Kailola, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kristen Bittuang-Tana Toraja,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 815–826, 2021.
A. HARDIANTI, S. SUHARTI, and P. PURNAMAWATI, “PENTINGNYA MANAJEMEN PEMBELAJARAN CRITICAL THINGKING SKILL PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK),” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, vol. 2, no. 2, pp. 106–115, 2022.
R. A. Sari, B. Musthafa, and F. N. Yusuf, “Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 21, no. 2, pp. 1–11, 2021.
T. Annisa and R. M. A. Salim, “Pengaruh planned happenstance terhadap career decision Self-efficacy dengan career exploration behavior sebagai mediator,” Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, vol. 11, no. 02, pp. 149–160, 2020.
A. Kurniawan and F. N. Mahmudah, “Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah kejuruan,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 184–196, 2020.
S. Mujab, Transformasi Pendidikan SMK: Menuju SDM Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan. Penerbit Adab, 2023.
M. Mardianto, T. Kuat, and M. Muchlas, “Pengembangan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Open Source Tutorial Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 22769–22779, 2023.
N. Hapiana, S. Fitriana, and D. Maulia, “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Teknologi 1 Purbalingga,” PD ABKIN JATIM Open Journal System, vol. 3, no. 1, pp. 51–65, 2022.
A. Kurniawan and F. N. Mahmudah, “Pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menengah kejuruan,” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 4, no. 2, pp. 184–196, 2020.
M. Nurqozin and D. Putra, “Pembelajaran Berbasis Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Tebuireng III Indragiri Hilir Riau,” Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 12, no. 4, pp. 637–646, 2023.
E. Melati, M. Kurniawan, M. Marlina, S. Santosa, R. Zahra, and Y. Purnama, “Pengaruh Metode Pengajaran Berbasis Teknologi Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Menengah,” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), vol. 6, no. 4, pp. 14–20, 2023.
A. Farisi, A. D. Herlambang, and P. Zulvarina, “Hubungan Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Perencanaan Karier Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 4, pp. 1872–1882, 2023.
F. A. Rahman and C. P. Bhakti, “Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal,” in Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 2020, pp. 36–42.