Date Log
Penelitian Minat Ekstrakurikuler Mahasiswa Dalam Bermusik Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Era 4.0
Corresponding Author(s) : Sondang Visiana Sihotang
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret
Abstract
Era Globalisasi mempengaruhi perubahan besar terhadap perkembangan teknologi yang berdampak pada keberlangsungan ekonomi, sosial, infastruktur, politik dan terkhusus pada pendidikan. Salah satunya pada perubahan model pembelajaran, kini pembelajaran jarak jauh telah banyak di aplikasikan dalam pendidikan tingkat sarjana. Model pendidikan praktek jarak jauh ini memiliki masalah-masalah tertentu yang perlu dicermati, salah satu masalah yang harus dipecahkan yakni pada minat ekstrakulikuler mahasiswa yang semakin menurun sehingga menjadi latar belakang penelitian ini untuk mengetahui minat ekstrakulikuler mahasiswa pada jarak jauh. Kontribusi penelitian ini adalah untuk mengetahui minat musik mahasiswa pada ekstrakulikuler yang dilakukan secara jarak jauh di era 4.0 dan pandangannya terhadap pendidikan jarak jauh. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan survei model diadopsi dengan partisipasi total 52 Mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sebuah kuesioner terdiri dari 12 item yang dikembangkan oleh para peneliti. Ditemukan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki antusias yang sangat baik pada ekstrakulikuler musik, berdasarkan hasil akhir penelitian pandangan minat musik mahasiswa meningkat pada pembelajaran jarak jauh sebanyak 55,7% dari yang sebelumnya berpendapat negatif kini menjadi positif setelah menjalankan pembelajaran jarak jauh. Dan total keseluruhan mahasiswa yang memiliki pandangan positif adalah 90.3%.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- S. Rashid, A. Khattak, M. Ashiq, S. U. Rehman, and M. R. Rasool, “Educational landscape of virtual reality in higher education: Bibliometric evidences of publishing patterns and emerging trends,” Publications, vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.3390/publications9020017.
- T. M. Indriani, T. Fathoni, and C. Riyana, “Implementasi Blended Learning dalam Program Pendidikan Jarak Jauh Pada Jenjang Penddikan Menengah Kejuruan,” Edutcehnologia, vol. 2, no. 2, pp. 129–139, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/19668
- C. Technology and B. Thesis, “Make twents great again,” no. July, 2021.
- H. J. Seo, G. M. Park, M. Son, and A. J. Hong, “Establishment of virtual-reality-based safety education and training system for safety engagement,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 12, 2021, doi: 10.3390/educsci11120786.
- V. No and U. Rahardja, “Jurnal MENTARI : Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
- D. Wardani and E. Komara, “Faktor Pengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal,” vol. 8114.
- M. D. González-Zamar and E. Abad-Segura, “Visual arts in the university educational ecosystem: Analysis of schools of knowledge,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 4, 2021, doi: 10.3390/educsci11040184.
- I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” … : Manajemen, Pendidikan dan …, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022, [Online]. Available: https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/124%0Ahttps://journal.pandawan.id/mentari/article/download/124/144
- V. No, C. S. Bangun, and N. A. Santoso, “Jurnal Mentari : Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi Inovasi Pengembangan Kartu Ujian Online pada Web Portal dengan Metode Waterfall,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8.
- M. U. Sattar, S. Palaniappan, A. Lokman, N. Shah, U. Khalid, and R. Hasan, “Motivating medical students using virtual reality based education,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 15, no. 2, pp. 160–174, 2020, doi: 10.3991/ijet.v15i02.11394.
- D. Murdiawati, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Di Surabaya Untuk Memilih Karir Menjadi Akuntan Publik,” vol. 20, no. 2, pp. 248–256, 2020.
- A. Harianti, M. Malinda, H. L. Suwarno, Y. Margaretha, and D. Kambuno, “Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi , Kompetensi dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa,” vol. 16, no. 3, pp. 214–220, 2020.
- P. A. Sunarya, M. Ilmu, M. Administrasi, and K. Tangerang, “The Impact of Gamification on IDU ( ILearning Instruction ) in Expanding Understudy Learning Inspiration,” vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” … , Pendidikan dan Teknologi …, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022, [Online]. Available: https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/137%0Ahttps://journal.pandawan.id/mentari/article/download/137/147
- K. Kano, L. K. Choi, and B. subhan Riza, “Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia,” … Bisnis Digital, vol. 1, no. 1, pp. 44–61, 2022, doi: 10.32812/jibeka.vXiX.XX.
- G. Alfarsi and A. bin Mohd Yusof, “Virtual reality applications in education domain,” Proceedings - 2020 21st International Arab Conference on Information Technology, ACIT 2020, vol. 1, no. 1, pp. 68–72, 2020, doi: 10.1109/ACIT50332.2020.9300056.
- N. M. Elcokany, A. I. Abdelhafez, V. M. Samuel Sharaby, and S. Belal, “Use of computer-based scenarios for clinical teaching: Impact on nursing students’ decision-making skills,” Healthcare (Switzerland), vol. 9, no. 9, 2021, doi: 10.3390/healthcare9091228.
- M. Kancharla, G. S. Kamisetty, and S. H. Dudekula, “MUSTER : VIRTUAL CLASSROOM FOR STUDENTS USING D-JANGO,” no. 05, pp. 295–301, 2022.
- I. Type, “Virtual Reality in Nursing Education,” 2022.
- A. R. Jung and E. A. Park, “The Effectiveness of Learning to Use HMD-Based VR Technologies on Nursing Students: Chemoport Insertion Surgery,” Int J Environ Res Public Health, vol. 19, no. 8, 2022, doi: 10.3390/ijerph19084823.
- C. S. Bangun, S. Purnama, and A. S. Panjaitan, “Analysis of New Business Opportunities from Online Informal Education Mediamorphosis Through Digital Platforms,” vol. 1, no. 1, pp. 42–52, 2022.
- H. Prabowo, T. Sriwidadi, and R. B. Ikhsan, “The Influence of Dynamic Capability on Sustainable Competitive Advantage: An Empirical Study of Small Businesses in Indonesia,” Journal of Asian Finance, Economics and Business, vol. 8, no. 4, pp. 809–817, 2021, doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0949.
- S. H. Ermila Mahariyanti, “Efektivitas Penggunaan Blended Learning dengan Platform Quipper School terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA di SMAN 2 Selong,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 6, no. 4, pp. 911–920, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4314057.
References
S. Rashid, A. Khattak, M. Ashiq, S. U. Rehman, and M. R. Rasool, “Educational landscape of virtual reality in higher education: Bibliometric evidences of publishing patterns and emerging trends,” Publications, vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.3390/publications9020017.
T. M. Indriani, T. Fathoni, and C. Riyana, “Implementasi Blended Learning dalam Program Pendidikan Jarak Jauh Pada Jenjang Penddikan Menengah Kejuruan,” Edutcehnologia, vol. 2, no. 2, pp. 129–139, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/19668
C. Technology and B. Thesis, “Make twents great again,” no. July, 2021.
H. J. Seo, G. M. Park, M. Son, and A. J. Hong, “Establishment of virtual-reality-based safety education and training system for safety engagement,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 12, 2021, doi: 10.3390/educsci11120786.
V. No and U. Rahardja, “Jurnal MENTARI : Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
D. Wardani and E. Komara, “Faktor Pengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal,” vol. 8114.
M. D. González-Zamar and E. Abad-Segura, “Visual arts in the university educational ecosystem: Analysis of schools of knowledge,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 4, 2021, doi: 10.3390/educsci11040184.
I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” … : Manajemen, Pendidikan dan …, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022, [Online]. Available: https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/124%0Ahttps://journal.pandawan.id/mentari/article/download/124/144
V. No, C. S. Bangun, and N. A. Santoso, “Jurnal Mentari : Manajemen Pendidikan dan Teknologi Informasi Inovasi Pengembangan Kartu Ujian Online pada Web Portal dengan Metode Waterfall,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8.
M. U. Sattar, S. Palaniappan, A. Lokman, N. Shah, U. Khalid, and R. Hasan, “Motivating medical students using virtual reality based education,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 15, no. 2, pp. 160–174, 2020, doi: 10.3991/ijet.v15i02.11394.
D. Murdiawati, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Di Surabaya Untuk Memilih Karir Menjadi Akuntan Publik,” vol. 20, no. 2, pp. 248–256, 2020.
A. Harianti, M. Malinda, H. L. Suwarno, Y. Margaretha, and D. Kambuno, “Peran Pendidikan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Motivasi , Kompetensi dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa,” vol. 16, no. 3, pp. 214–220, 2020.
P. A. Sunarya, M. Ilmu, M. Administrasi, and K. Tangerang, “The Impact of Gamification on IDU ( ILearning Instruction ) in Expanding Understudy Learning Inspiration,” vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” … , Pendidikan dan Teknologi …, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022, [Online]. Available: https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/137%0Ahttps://journal.pandawan.id/mentari/article/download/137/147
K. Kano, L. K. Choi, and B. subhan Riza, “Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia,” … Bisnis Digital, vol. 1, no. 1, pp. 44–61, 2022, doi: 10.32812/jibeka.vXiX.XX.
G. Alfarsi and A. bin Mohd Yusof, “Virtual reality applications in education domain,” Proceedings - 2020 21st International Arab Conference on Information Technology, ACIT 2020, vol. 1, no. 1, pp. 68–72, 2020, doi: 10.1109/ACIT50332.2020.9300056.
N. M. Elcokany, A. I. Abdelhafez, V. M. Samuel Sharaby, and S. Belal, “Use of computer-based scenarios for clinical teaching: Impact on nursing students’ decision-making skills,” Healthcare (Switzerland), vol. 9, no. 9, 2021, doi: 10.3390/healthcare9091228.
M. Kancharla, G. S. Kamisetty, and S. H. Dudekula, “MUSTER : VIRTUAL CLASSROOM FOR STUDENTS USING D-JANGO,” no. 05, pp. 295–301, 2022.
I. Type, “Virtual Reality in Nursing Education,” 2022.
A. R. Jung and E. A. Park, “The Effectiveness of Learning to Use HMD-Based VR Technologies on Nursing Students: Chemoport Insertion Surgery,” Int J Environ Res Public Health, vol. 19, no. 8, 2022, doi: 10.3390/ijerph19084823.
C. S. Bangun, S. Purnama, and A. S. Panjaitan, “Analysis of New Business Opportunities from Online Informal Education Mediamorphosis Through Digital Platforms,” vol. 1, no. 1, pp. 42–52, 2022.
H. Prabowo, T. Sriwidadi, and R. B. Ikhsan, “The Influence of Dynamic Capability on Sustainable Competitive Advantage: An Empirical Study of Small Businesses in Indonesia,” Journal of Asian Finance, Economics and Business, vol. 8, no. 4, pp. 809–817, 2021, doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0949.
S. H. Ermila Mahariyanti, “Efektivitas Penggunaan Blended Learning dengan Platform Quipper School terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Kelas XI MIPA di SMAN 2 Selong,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 6, no. 4, pp. 911–920, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4314057.