Date Log
Inovasi Penerapan Teknik Gamifikasi Terhadap Pembelajaran Kampus Merdeka
Corresponding Author(s) : Zulkarnain Kedah
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret
Abstract
Belakangan ini pendidikan diramaikan dengan hadirnya program Kampus Merdeka yang dicetuskan oleh Nadiem Makarim. Hal itu menggunakan konsep Kampus Merdeka belajar mengikuti perkembangan pendidikan di era 4.0. Perubahan ini menjadi paradigma bagi Perguruan Tinggi untuk membangun Kampus Merdeka belajar agar siap menghadapi tantangan di era 4.0. Namun, tantangan itu tidak mudah bagi Perguruan Tinggi agar mahasiswa mengikuti program merdeka belajar dengan cepat. Penelitian ini bertujuan penggunaan teknik gamifikasi agar mahasiswa termotivasi mengikuti kegiatan merdeka belajar pada sistem pembelajaran. Gamifikasi berupa sebuah badge atas pencapaian mahasiswa dalam segala aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Sistem merdeka belajar Perguruan Tinggi dirancang dengan menggunakan metode Agile Development dan 2 (dua) jenis framework yaitu Laravel dan VueJS dalam sebuah website. Adanya literature review sebagai acuan penelitian pembelajaran dengan gamifikasi membuktikan signifikan. Hasil penelitian dapat dibuktikan dengan hasil Analisa Skor SUS menunjukan angka 90. Hal ini menandakan bahwa sistem kampus merdeka belajar memberikan manfaat positif bagi mahasiswa. Maka perpaduan merdeka belajar dengan gamifikasi membuat mahasiswa bisa lebih termotivasi dan siap menghadapi tantangan belajar di era 4.0.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Q. Aini, B. S. Riza, N. P. L. Santoso, A. Faturahman, and U. Rahardja, “Digitalization of Smart Student Assessment Quality in Era 4.0,” Int. J, vol. 9, no. 1.2, 2020.
- K. Arora and M. Faisal, “The Use of Data Science in Digital Marketing Techniques: Work Programs, Performance Sequences and Methods.,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 143–155, 2022.
- N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, pp. 141–157, 2020.
- S. Priatmoko and N. I. Dzakiyyah, “Relevansi kampus merdeka terhadap kompetensi guru era 4.0 dalam perspektif experiential learning theory,” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2020.
- I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022.
- I. Widaningsih, Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
- D. Apriliasari and B. A. P. Seno, “Inovasi Pemanfaatan Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Kekayaan Intelektual Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 68–76, 2022.
- H. Hanifah, S. Susanti, and A. S. Adji, “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran,” MANAZHIM, vol. 2, no. 1, pp. 105–117, 2020.
- Q. Aini, N. Azizah, R. Salam, N. P. L. Santoso, and F. P. Oganda, “SKEMA KREDIBILITAS SERTIFIKAT BERBASIS ILEARNING GAMIFIKASI BLOCKCHAIN PADA KAMPUS MERDEKA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, 2022.
- A. Muis, Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Laksana, 2019.
- M. Tohir, “Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” 2020.
- U. Rahardja, N. Lutfiani, E. P. Harahap, and L. Wijayanti, “iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0,” Technomedia J, vol. 4, no. 2, pp. 261–276, 2021.
- P. A. Sunarya, “The Impact of Gamification on IDU (ILearning Instruction) in Expanding Understudy Learning Inspiration,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022.
- E. Kustriyono, H. R. Aulia, and A. Pramitasari, “Merdeka Belajar dalam Pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan,” Konferensi Ilmiah Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 94–97, 2020.
- L. Honesti, Q. Aini, M. I. Setiawan, N. P. L. Santoso, and W. Y. Prihastiwi, “Smart Contract-based Gamification Scheme for College in Higher Education,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 2, pp. 102–111, 2022.
- M. Kamil, U. Rahardja, P. A. Sunarya, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Socio-economic perspective: Mitigate covid-19 impact on education,” in 2020 Fifth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2020, pp. 1–7.
- P. A. Sunarya, “Machine Learning and Artificial Intelligence as Educational Games,” International Transactions on Artificial Intelligence, vol. 1, no. 1, pp. 129–138, 2022.
- Q. Aini, T. Hariguna, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Understanding how gamification influences behaviour in education,” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 269–274, 2019.
- N. Ramadhona, A. A. Putri, and D. S. S. Wuisan, “Students’ Opinions of the Use of Quipper School as an Online Learning Platform for Teaching English,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2022.
- D. I. Savitri, “Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar,” in Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2020, vol. 2.
- A. R. S. Panjaitan, U. Rahardja, Q. Aini, N. P. L. Santoso, and D. Apriliasari, “The Management Innovation of Kuliah Kerja Praktek (KKP),” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 62–73, 2022.
- U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
- Q. A. Qurotul Aini, M. B. Mukti Budiarto, P. O. H. POH Putra, and U. R. Untung Rahardja, “Exploring e-learning challenges during the global COVID-19 pandemic: A review,” Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), vol. 16, no. 2, pp. 47–65, 2020.
- L. Meria, Q. Aini, N. P. L. Santoso, U. Raharja, and S. Millah, “Management of Access Control for Decentralized Online Educations using Blockchain Technology,” in 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2021, pp. 1–6.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
- K. R. Winatha and K. A. Ariningsih, “Persepsi mahasiswa terhadap penerapan gamifikasi dalam pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 17, no. 2, pp. 265–274, 2020.
- M. D. Solviana, “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung,” Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020.
- N. Supriagi, T. M. Hidayat, and A. D. A. R. Ahmad, “Pendidikan Manufaktur Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Inovasi Di Era Industri 4.0,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 14–21, 2020.
- U. Rahardja, “Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
- S. Rashid, A. Khattak, M. Ashiq, S. Ur Rehman, and M. Rashid Rasool, “Educational landscape of virtual reality in higher education: Bibliometric evidences of publishing patterns and emerging trends,” Publications, vol. 9, no. 2, p. 17, 2021.
- K. Kano, L. K. Choi, and B. subhan Riza, “Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia,” Startupreneur Bisnis Digital, vol. 1, no. 1 April, pp. 44–62, 2022.
- S. Purnama, Q. Aini, U. Rahardja, N. P. L. Santoso, and S. Millah, “Design of Educational Learning Management Cloud Process with Blockchain 4.0 based E-Portfolio,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 4, pp. 628–635, 2021.
References
Q. Aini, B. S. Riza, N. P. L. Santoso, A. Faturahman, and U. Rahardja, “Digitalization of Smart Student Assessment Quality in Era 4.0,” Int. J, vol. 9, no. 1.2, 2020.
K. Arora and M. Faisal, “The Use of Data Science in Digital Marketing Techniques: Work Programs, Performance Sequences and Methods.,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 143–155, 2022.
N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, pp. 141–157, 2020.
S. Priatmoko and N. I. Dzakiyyah, “Relevansi kampus merdeka terhadap kompetensi guru era 4.0 dalam perspektif experiential learning theory,” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2020.
I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022.
I. Widaningsih, Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
D. Apriliasari and B. A. P. Seno, “Inovasi Pemanfaatan Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Kekayaan Intelektual Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 68–76, 2022.
H. Hanifah, S. Susanti, and A. S. Adji, “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran,” MANAZHIM, vol. 2, no. 1, pp. 105–117, 2020.
Q. Aini, N. Azizah, R. Salam, N. P. L. Santoso, and F. P. Oganda, “SKEMA KREDIBILITAS SERTIFIKAT BERBASIS ILEARNING GAMIFIKASI BLOCKCHAIN PADA KAMPUS MERDEKA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, 2022.
A. Muis, Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Laksana, 2019.
M. Tohir, “Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” 2020.
U. Rahardja, N. Lutfiani, E. P. Harahap, and L. Wijayanti, “iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0,” Technomedia J, vol. 4, no. 2, pp. 261–276, 2021.
P. A. Sunarya, “The Impact of Gamification on IDU (ILearning Instruction) in Expanding Understudy Learning Inspiration,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2022.
E. Kustriyono, H. R. Aulia, and A. Pramitasari, “Merdeka Belajar dalam Pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan,” Konferensi Ilmiah Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 94–97, 2020.
L. Honesti, Q. Aini, M. I. Setiawan, N. P. L. Santoso, and W. Y. Prihastiwi, “Smart Contract-based Gamification Scheme for College in Higher Education,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 2, pp. 102–111, 2022.
M. Kamil, U. Rahardja, P. A. Sunarya, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Socio-economic perspective: Mitigate covid-19 impact on education,” in 2020 Fifth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2020, pp. 1–7.
P. A. Sunarya, “Machine Learning and Artificial Intelligence as Educational Games,” International Transactions on Artificial Intelligence, vol. 1, no. 1, pp. 129–138, 2022.
Q. Aini, T. Hariguna, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Understanding how gamification influences behaviour in education,” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 269–274, 2019.
N. Ramadhona, A. A. Putri, and D. S. S. Wuisan, “Students’ Opinions of the Use of Quipper School as an Online Learning Platform for Teaching English,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2022.
D. I. Savitri, “Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar,” in Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2020, vol. 2.
A. R. S. Panjaitan, U. Rahardja, Q. Aini, N. P. L. Santoso, and D. Apriliasari, “The Management Innovation of Kuliah Kerja Praktek (KKP),” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 62–73, 2022.
U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
Q. A. Qurotul Aini, M. B. Mukti Budiarto, P. O. H. POH Putra, and U. R. Untung Rahardja, “Exploring e-learning challenges during the global COVID-19 pandemic: A review,” Jurnal Sistem Informasi (Journal of Information System), vol. 16, no. 2, pp. 47–65, 2020.
L. Meria, Q. Aini, N. P. L. Santoso, U. Raharja, and S. Millah, “Management of Access Control for Decentralized Online Educations using Blockchain Technology,” in 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2021, pp. 1–6.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
K. R. Winatha and K. A. Ariningsih, “Persepsi mahasiswa terhadap penerapan gamifikasi dalam pembelajaran,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 17, no. 2, pp. 265–274, 2020.
M. D. Solviana, “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung,” Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020.
N. Supriagi, T. M. Hidayat, and A. D. A. R. Ahmad, “Pendidikan Manufaktur Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Inovasi Di Era Industri 4.0,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 14–21, 2020.
U. Rahardja, “Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
S. Rashid, A. Khattak, M. Ashiq, S. Ur Rehman, and M. Rashid Rasool, “Educational landscape of virtual reality in higher education: Bibliometric evidences of publishing patterns and emerging trends,” Publications, vol. 9, no. 2, p. 17, 2021.
K. Kano, L. K. Choi, and B. subhan Riza, “Implications of Digital Marketing Strategy The Competitive Advantages of Small Businesses in Indonesia,” Startupreneur Bisnis Digital, vol. 1, no. 1 April, pp. 44–62, 2022.
S. Purnama, Q. Aini, U. Rahardja, N. P. L. Santoso, and S. Millah, “Design of Educational Learning Management Cloud Process with Blockchain 4.0 based E-Portfolio,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 4, pp. 628–635, 2021.