Penggunaan Teknologi Seluler untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris dalam Pendidikan Jarak Jauh
Corresponding Author(s) : Reni Koibur
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 2 (2024): Maret
Abstract
Keberhasilan akademis sangat bergantung pada pemahaman bahasa, terutama dalam konteks penguasaan kosakata. Mahasiswa sering menghadapi tantangan dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris, yang merupakan kunci keberhasilan akademik. Keterbatasan akses, fleksibilitas, dan dukungan pedagogis dalam Pendidikan Jarak Jauh menuntut solusi inovatif. Penelitian ini mengadopsi metodologi Penelitian Desain Berbasis Riset (DBR) untuk mengembangkan Teknologi Seluler, sebuah aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk pembelajaran kosakata. Proses pengembangan melibatkan iterasi desain, implementasi, dan evaluasi, dengan fokus pada kebutuhan dan konteks pembelajar. Teknologi Seluler VocUp berhasil diimplementasikan dan menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan penguasaan kosakata. Aplikasi ini memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif dan adaptif, berkat fitur-fiturnya yang responsif terhadap kebutuhan pengguna dan kondisi pembelajaran. Penggunaan Teknologi Seluler telah menyediakan sarana yang lebih fleksibel dan mudah diakses untuk pembelajaran kosakata, mengatasi berbagai hambatan yang biasanya dihadapi dalam Pendidikan Jarak Jauh. Hal ini membuka jalan bagi pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan terpusat pada siswa. Teknologi Seluler ini menawarkan solusi praktis dan efektif untuk tantangan pembelajaran kosakata di lingkungan universitas, khususnya dalam Pendidikan Jarak Jauh. Dengan pendekatan yang responsif dan berbasis pembelajaran, aplikasi ini tidak hanya meningkatkan penguasaan kosakata, tetapi juga mendorong pengembangan model pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif di masa depan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- R. P. SUharto, “Persepsi Mahasiswa Bahasa Inggris terhadap Penggunaan YouTube sebagai Media Pembelajaran Online Matakuliah English for MICE,” Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, vol. 2, no. 4, pp. 704–711, 2022.
- L. K. Van, T. A. Dang, D. B. T. Pham, T. T. N. Vo, and V. P. H. Pham, “The effectiveness of using technology in learning English,” AsiaCALL Online Journal, vol. 12, no. 2, pp. 24–40, 2021.
- A. DHANAN and M. IWAN, “Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Materi Speaking pada Mahasiswa Universitas Maritim Amni Semarang,” Prosiding Kemaritiman 2021, 2021.
- F. S. Munir, “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar dengan Berbantuan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 174–189, 2023.
- A. Nababan, “Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Learning,” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2020.
- S. Xue, “A conceptual model for integrating affordances of mobile technologies into task-based language teaching,” Interactive Learning Environments, vol. 30, no. 6, pp. 1131–1144, 2022.
- R. E. Putri and I. Efendi, “Penerapan Aplikasi Bahasa Inggris Berbasis Android untuk Meningkatakan Kosakata Siswa Sekolah Dasar,” GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 69–72, 2023.
- R. N. Emiliasari and E. Kosmajadi, “Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris,” JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2019.
- R. N. Haryadi, D. Utarinda, M. S. Poetri, and D. Sunarsi, “Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal Informatika Utama, vol. 1, no. 1, pp. 28–35, 2023.
- D. Calderón-Garrido, F. Ramos-Pardo, and C. Suárez-Guerrero, “The use of Mobile phones in classrooms: A systematic review,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 17, no. 6, pp. 194–210, 2022.
- T. Hao, Z. Wang, and Y. Ardasheva, “Technology-assisted vocabulary learning for EFL learners: A meta-analysis,” J Res Educ Eff, vol. 14, no. 3, pp. 645–667, 2021.
- F. F. Azahra and M. Anugerahwati, “Penggunaan Whatsapp dan Aktivitas Personal Bio-Poem Dalam Pembelajaran Grammar,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 6, no. 7, pp. 1051–1056, 2021.
- S. SYAFRİZAL, M. MASRUPİ, and İ. MAULUDAH, “The Impact of Experiential Learning Method and Vocabolary Mastery Toward Indonesiaon Students’ Reading Comprehension Though Animation Video,” Journal for the Education of Gifted Young Scientists, vol. 7, no. 3, pp. 449–458, 2019.
- A. Munandar, “Pengembangan Aplikasi Android untuk Mendukung Pembelajaran Listening Bahasa Inggris Kelas XI SMAN 1 Boyan Tanjung,” Jurnal Penelitian Inovatif, vol. 2, no. 3, pp. 511–542, 2022.
- M. Tubagus and S. Kom, Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Inovasi. Nas Media Pustaka, 2021.
- A. H. Fansury, M. A. Rahman, and B. Jabu, Developing mobile English application as teaching media: Pengembangan aplikasi bahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Deepublish, 2021.
- T. A. Agustina, N. A. Aisyah, and R. Wirawan, “PERANCANGAN APLIKASI ANDROID E-LEARN ARMETA DENGAN PENDEKATAN MEODE WATERFALL,” Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA), vol. 1, no. 1, pp. 31–48, 2023.
- M. R. P. Hardiyanto, G. Pahlevi, and M. F. Nugroho, “Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, 2023.
- S. L. Iftitah, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DALAM MEMBANGUN MERDEKA BELAJAR ANAK USIA DINI,” MEDIA, p. 79, 2023.
- A. Nababan, “Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Learning,” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2020.
- A. Ahmad, J. Afrizal, and N. Wulandari, “Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Kahoot di Perguruan Tinggi untuk Konteks Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing,” GERAM, vol. 9, no. 1, pp. 24–29, 2021.
- N. Saleh, “APLIKASI OFFLINE MEMBANTU SISWA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMIK COVID-19,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 12, no. 2, pp. 44–56, 2023.
- H. Hajarudin, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Kolaboratif dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di STIE Ganesha,” Journal on Education, vol. 5, no. 4, pp. 17352–17362, 2023.
- E. Armiyanto, “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Di Masa Covid 19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin STTI Bontang,” Bedumanagers Journal, vol. 2, no. 2, pp. 42–50, 2021.
- F. N. Hidayati and N. L. Fatmawati, “Pengembangan video animasi powtoon sebagai media pembelajaran linguistik jarak jauh,” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), vol. 8, no. 1, pp. 55–67, 2022.
- M. I. Gunawan, “ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19,” in Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2021, pp. 90–101.
- N. Indrayani, A. Jazuly, N. Kurnia, and I. Zahro, “Pengajaran dan Pembelajaran Jarak Jauh: Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Bisnis Berbasis Teknologi untuk Mahasiswa S1 di Tingkat Universitas,” Education Journal: Journal Educational Research and Development, vol. 7, no. 1, pp. 25–35, 2023.
- E. Sugiharyanti, “Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 7, no. 2, pp. 212–220, 2022.
- W. Susanti, R. R. Yuliendi, A. Ambiyar, and W. Wakhinuddin, “Perancangan Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris Untuk Pemula Berbasis Multimedia,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 18, no. 1, pp. 101–112, 2020.
- R. N. Haryadi, D. Utarinda, M. S. Poetri, and D. Sunarsi, “Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal Informatika Utama, vol. 1, no. 1, pp. 28–35, 2023.
References
R. P. SUharto, “Persepsi Mahasiswa Bahasa Inggris terhadap Penggunaan YouTube sebagai Media Pembelajaran Online Matakuliah English for MICE,” Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, vol. 2, no. 4, pp. 704–711, 2022.
L. K. Van, T. A. Dang, D. B. T. Pham, T. T. N. Vo, and V. P. H. Pham, “The effectiveness of using technology in learning English,” AsiaCALL Online Journal, vol. 12, no. 2, pp. 24–40, 2021.
A. DHANAN and M. IWAN, “Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Materi Speaking pada Mahasiswa Universitas Maritim Amni Semarang,” Prosiding Kemaritiman 2021, 2021.
F. S. Munir, “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar dengan Berbantuan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 174–189, 2023.
A. Nababan, “Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Learning,” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2020.
S. Xue, “A conceptual model for integrating affordances of mobile technologies into task-based language teaching,” Interactive Learning Environments, vol. 30, no. 6, pp. 1131–1144, 2022.
R. E. Putri and I. Efendi, “Penerapan Aplikasi Bahasa Inggris Berbasis Android untuk Meningkatakan Kosakata Siswa Sekolah Dasar,” GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 69–72, 2023.
R. N. Emiliasari and E. Kosmajadi, “Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris,” JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, vol. 1, no. 1, pp. 35–42, 2019.
R. N. Haryadi, D. Utarinda, M. S. Poetri, and D. Sunarsi, “Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal Informatika Utama, vol. 1, no. 1, pp. 28–35, 2023.
D. Calderón-Garrido, F. Ramos-Pardo, and C. Suárez-Guerrero, “The use of Mobile phones in classrooms: A systematic review,” International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), vol. 17, no. 6, pp. 194–210, 2022.
T. Hao, Z. Wang, and Y. Ardasheva, “Technology-assisted vocabulary learning for EFL learners: A meta-analysis,” J Res Educ Eff, vol. 14, no. 3, pp. 645–667, 2021.
F. F. Azahra and M. Anugerahwati, “Penggunaan Whatsapp dan Aktivitas Personal Bio-Poem Dalam Pembelajaran Grammar,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 6, no. 7, pp. 1051–1056, 2021.
S. SYAFRİZAL, M. MASRUPİ, and İ. MAULUDAH, “The Impact of Experiential Learning Method and Vocabolary Mastery Toward Indonesiaon Students’ Reading Comprehension Though Animation Video,” Journal for the Education of Gifted Young Scientists, vol. 7, no. 3, pp. 449–458, 2019.
A. Munandar, “Pengembangan Aplikasi Android untuk Mendukung Pembelajaran Listening Bahasa Inggris Kelas XI SMAN 1 Boyan Tanjung,” Jurnal Penelitian Inovatif, vol. 2, no. 3, pp. 511–542, 2022.
M. Tubagus and S. Kom, Model Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh: Kajian Teoritis dan Inovasi. Nas Media Pustaka, 2021.
A. H. Fansury, M. A. Rahman, and B. Jabu, Developing mobile English application as teaching media: Pengembangan aplikasi bahasa Inggris sebagai media pembelajaran. Deepublish, 2021.
T. A. Agustina, N. A. Aisyah, and R. Wirawan, “PERANCANGAN APLIKASI ANDROID E-LEARN ARMETA DENGAN PENDEKATAN MEODE WATERFALL,” Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi (JSIA), vol. 1, no. 1, pp. 31–48, 2023.
M. R. P. Hardiyanto, G. Pahlevi, and M. F. Nugroho, “Pengaruh Fitur-Fitur Aplikasi Duolingo Terhadap Popularitasnya,” Jurnal Sains, Nalar, dan Aplikasi Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, 2023.
S. L. Iftitah, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DALAM MEMBANGUN MERDEKA BELAJAR ANAK USIA DINI,” MEDIA, p. 79, 2023.
A. Nababan, “Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Learning,” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2020.
A. Ahmad, J. Afrizal, and N. Wulandari, “Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Kahoot di Perguruan Tinggi untuk Konteks Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing,” GERAM, vol. 9, no. 1, pp. 24–29, 2021.
N. Saleh, “APLIKASI OFFLINE MEMBANTU SISWA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI MASA PANDEMIK COVID-19,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 12, no. 2, pp. 44–56, 2023.
H. Hajarudin, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Kolaboratif dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di STIE Ganesha,” Journal on Education, vol. 5, no. 4, pp. 17352–17362, 2023.
E. Armiyanto, “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Di Masa Covid 19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin STTI Bontang,” Bedumanagers Journal, vol. 2, no. 2, pp. 42–50, 2021.
F. N. Hidayati and N. L. Fatmawati, “Pengembangan video animasi powtoon sebagai media pembelajaran linguistik jarak jauh,” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), vol. 8, no. 1, pp. 55–67, 2022.
M. I. Gunawan, “ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19,” in Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2021, pp. 90–101.
N. Indrayani, A. Jazuly, N. Kurnia, and I. Zahro, “Pengajaran dan Pembelajaran Jarak Jauh: Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Bisnis Berbasis Teknologi untuk Mahasiswa S1 di Tingkat Universitas,” Education Journal: Journal Educational Research and Development, vol. 7, no. 1, pp. 25–35, 2023.
E. Sugiharyanti, “Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Moodle E-Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 7, no. 2, pp. 212–220, 2022.
W. Susanti, R. R. Yuliendi, A. Ambiyar, and W. Wakhinuddin, “Perancangan Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris Untuk Pemula Berbasis Multimedia,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 18, no. 1, pp. 101–112, 2020.
R. N. Haryadi, D. Utarinda, M. S. Poetri, and D. Sunarsi, “Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris,” Jurnal Informatika Utama, vol. 1, no. 1, pp. 28–35, 2023.