Analisa Peran Triple Helik dalam Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0
Corresponding Author(s) : Dewi Sri Surya Wuisan
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret
Abstract
Di era yang sudah canggih ini banyak sekali teknologi teknologi yang dapat membantu dalam berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang pendidikan sudah sebaiknya di dunia pendidikan pada saat ini memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan proses belajar mengajar yang berkualitas dengan menggunakan teknologi Industri 4.0 di lingkungan pendidikan. Dan tujuan utama dari artikel ini adalah untuk mengusulkan institusi berbasis masyarakat (perusahaan, pemerintah, dan akademisi) untuk mengembangkan pendidikan 4.0. Rancangan tersebut dijabarkan melalui pandangan sistem yang tertata dengan baik berdasarkan praktik baik, tantangan dan peluang dalam pendidikan 4.0, dengan mempertimbangkan literatur teknis-ilmiah. Karya ilmiah utama ini berkontribusi pada penciptaan pengetahuan pendidikan 4.0 baru dan memperluas serta memperdalam literatur yang ada dan dapat mendukung penelitian baru dan mendorong inisiatif pada subjek tersebut. Kontribusi terapan utamanya adalah peningkatan akses pendidikan berkualitas melalui pengembangan pendidikan 4.0. Karya ini dikembangkan melalui tinjauan sistematis literatur teknis-ilmiah dalam pendidikan 4.0. Dalam metode penelitian ini menggunakan tinjauan literatur yang sistematis berdasarkan analisis kritis terhadap literatur yang dapat mengidentifikasi studi yang paling relevan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- E. S. Herlina, “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” Jurnal Pionir, vol. 5, no. 4, 2019.
- J. Bruneel, T. Ratinho, B. Clarysse, and A. Groen, “The Evolution of Business Incubators: Comparing demand and supply of business incubation services across different incubator generations,” Technovation, vol. 32, no. 2, pp. 110–121, 2012.
- I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022.
- D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, vol. 2, no. 1, pp. 456–469.
- S. M. Hackett and D. M. Dilts, “A systematic review of business incubation research,” J Technol Transf, vol. 29, no. 1, pp. 55–82, 2004.
- A. I. Wahyuni and S. Noviaristanti, “Startup characteristics and the role of business incubators in Indonesia,” Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), vol. 8, no. 2, p. 251, 2022.
- D. Mohammed, A. G. Prawiyog, and E. R. Dewi, “Environmental Management/Marketing Research: Bibliographic Analysis,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 191–197, 2022.
- N. Septiani, A. S. Bist, C. S. Bangun, and E. Dolan, “Digital Business Student Development for Entrepreneurs with Software,” Startupreneur Bisnis Digital, vol. 1, no. 1 April, pp. 33–43, 2022.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
- C. S. Bangun and N. A. Santoso, “Inovasi Pengembangan Kartu Ujian Online pada Web Portal dengan Metode Waterfall,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2022.
- M. R. Anwar, M. Yusup, S. Millah, and S. Purnama, “The Role of Business Incubators in Developing Local Digital Startups in Indonesia,” Startupreneur Bisnis Digital, vol. 1, no. 1 April, pp. 1–10, 2022.
- R. E. Santoso, A. G. Prawiyogi, U. Rahardja, F. P. Oganda, and N. Khofifah, “Penggunaan dan Manfaat Big Data dalam Konten Digital,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 3, no. 2, pp. 88–91, 2022.
- U. Rahardja, “Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
- P. Hendriyati, F. Agustin, U. Rahardja, and T. Ramadhan, “Management Information Systems on Integrated Student and Lecturer Data,” Aptisi Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2022.
- U. Rahardja, “Social Media Analysis as a Marketing Strategy in Online Marketing Business,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 176–182, 2022.
- N. Ramadhona, A. A. Putri, and D. S. S. Wuisan, “Students’ Opinions of the Use of Quipper School as an Online Learning Platform for Teaching English,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2022.
- S. Syamsuar and R. Reflianto, “Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0,” E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2019.
- M. Aspi and S. Syahrani, “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan,” Adiba: Journal of Education, vol. 2, no. 1, pp. 64–73, 2022.
- Y. S. Rahayuningsih and S. Iskandar, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan budaya sekolah yang positif di era revolusi industri 4.0,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 7850–7857, 2022.
- A. R. Taraju, N. Nurdin, and A. Pettalongi, “Tantangan dan Strategi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, vol. 1, pp. 311–316, 2022.
- N. Rahayu, “Peran Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0,” 2022.
- I. Handayani and R. Agustina, “Starting a digital business: Being a millennial entrepreneur innovating,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 126–133, 2022.
- N. K. A. Dwijendra et al., “Application of experimental design in optimizing fuel station queuing system,” Industrial Engineering & Management Systems, vol. 21, no. 2, pp. 381–389, 2022.
- L. Gozali12, M. Masrom, H. N. Haron, and T. Y. M. Zagloel, “A framework of successful E-business incubator for indonesian public universities,” The Asian Journal of Technology Management Vol, vol. 8, no. 2, pp. 120–134, 2015.
- P. A. Suraya, T. Ramadhan, N. Lutfiani, A. Khoirunisa, and U. Rahardja, “Blockchain, Information and Speculation Calculations in Indonesia: Recent Work,” in 2022 10th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2022, pp. 1–8.
- T. Nurgiansah, “Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA,” 2019, vol. 1, pp. 95–102.
- M. Marsono, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial,” in Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 2019, vol. 1, no. 1.
- Y. Yusnaini and S. Slamet, “Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan,” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, vol. 12, no. 01.
- A. Rifa’i, “Pendidikan 4.0, Antara Tantangan dan Peluang,” Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik, 2021.
- H. Sihotang, “Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan Guru dalam Tranformasi Pendidikan 4.0,” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 13, no. 2, pp. 204–215, 2020.
- D. Lase, “Pendidikan di era revolusi industri 4.0,” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, vol. 12, no. 2, pp. 28–43, 2019.
- F. N. Mahmudah and E. C. S. Putra, “Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 43–53, 2021.
- E. S. Herlina, “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” Jurnal Pionir, vol. 5, no. 4, 2019.
- D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, vol. 2, no. 1, pp. 456–469.
- N. Ramadhona, A. A. Putri, and D. S. S. Wuisan, “Students’ Opinions of the Use of Quipper School as an Online Learning Platform for Teaching English,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2022.
References
E. S. Herlina, “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” Jurnal Pionir, vol. 5, no. 4, 2019.
J. Bruneel, T. Ratinho, B. Clarysse, and A. Groen, “The Evolution of Business Incubators: Comparing demand and supply of business incubation services across different incubator generations,” Technovation, vol. 32, no. 2, pp. 110–121, 2012.
I. P. Sari, D. Nanto, and A. A. Putri, “Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2022.
D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, vol. 2, no. 1, pp. 456–469.
S. M. Hackett and D. M. Dilts, “A systematic review of business incubation research,” J Technol Transf, vol. 29, no. 1, pp. 55–82, 2004.
A. I. Wahyuni and S. Noviaristanti, “Startup characteristics and the role of business incubators in Indonesia,” Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), vol. 8, no. 2, p. 251, 2022.
D. Mohammed, A. G. Prawiyog, and E. R. Dewi, “Environmental Management/Marketing Research: Bibliographic Analysis,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 191–197, 2022.
N. Septiani, A. S. Bist, C. S. Bangun, and E. Dolan, “Digital Business Student Development for Entrepreneurs with Software,” Startupreneur Bisnis Digital, vol. 1, no. 1 April, pp. 33–43, 2022.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
C. S. Bangun and N. A. Santoso, “Inovasi Pengembangan Kartu Ujian Online pada Web Portal dengan Metode Waterfall,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2022.
M. R. Anwar, M. Yusup, S. Millah, and S. Purnama, “The Role of Business Incubators in Developing Local Digital Startups in Indonesia,” Startupreneur Bisnis Digital, vol. 1, no. 1 April, pp. 1–10, 2022.
R. E. Santoso, A. G. Prawiyogi, U. Rahardja, F. P. Oganda, and N. Khofifah, “Penggunaan dan Manfaat Big Data dalam Konten Digital,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, vol. 3, no. 2, pp. 88–91, 2022.
U. Rahardja, “Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
P. Hendriyati, F. Agustin, U. Rahardja, and T. Ramadhan, “Management Information Systems on Integrated Student and Lecturer Data,” Aptisi Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2022.
U. Rahardja, “Social Media Analysis as a Marketing Strategy in Online Marketing Business,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 176–182, 2022.
N. Ramadhona, A. A. Putri, and D. S. S. Wuisan, “Students’ Opinions of the Use of Quipper School as an Online Learning Platform for Teaching English,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2022.
S. Syamsuar and R. Reflianto, “Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0,” E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, vol. 6, no. 2, 2019.
M. Aspi and S. Syahrani, “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan,” Adiba: Journal of Education, vol. 2, no. 1, pp. 64–73, 2022.
Y. S. Rahayuningsih and S. Iskandar, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan budaya sekolah yang positif di era revolusi industri 4.0,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 7850–7857, 2022.
A. R. Taraju, N. Nurdin, and A. Pettalongi, “Tantangan dan Strategi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, vol. 1, pp. 311–316, 2022.
N. Rahayu, “Peran Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0,” 2022.
I. Handayani and R. Agustina, “Starting a digital business: Being a millennial entrepreneur innovating,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA Journal), vol. 1, no. 2, pp. 126–133, 2022.
N. K. A. Dwijendra et al., “Application of experimental design in optimizing fuel station queuing system,” Industrial Engineering & Management Systems, vol. 21, no. 2, pp. 381–389, 2022.
L. Gozali12, M. Masrom, H. N. Haron, and T. Y. M. Zagloel, “A framework of successful E-business incubator for indonesian public universities,” The Asian Journal of Technology Management Vol, vol. 8, no. 2, pp. 120–134, 2015.
P. A. Suraya, T. Ramadhan, N. Lutfiani, A. Khoirunisa, and U. Rahardja, “Blockchain, Information and Speculation Calculations in Indonesia: Recent Work,” in 2022 10th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 2022, pp. 1–8.
T. Nurgiansah, “Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA,” 2019, vol. 1, pp. 95–102.
M. Marsono, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial,” in Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 2019, vol. 1, no. 1.
Y. Yusnaini and S. Slamet, “Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan,” in Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, vol. 12, no. 01.
A. Rifa’i, “Pendidikan 4.0, Antara Tantangan dan Peluang,” Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik, 2021.
H. Sihotang, “Kepemimpinan Transformasional dan Pemberdayaan Guru dalam Tranformasi Pendidikan 4.0,” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 13, no. 2, pp. 204–215, 2020.
D. Lase, “Pendidikan di era revolusi industri 4.0,” SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, vol. 12, no. 2, pp. 28–43, 2019.
F. N. Mahmudah and E. C. S. Putra, “Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 43–53, 2021.
E. S. Herlina, “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” Jurnal Pionir, vol. 5, no. 4, 2019.
D. Surani, “Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, vol. 2, no. 1, pp. 456–469.
N. Ramadhona, A. A. Putri, and D. S. S. Wuisan, “Students’ Opinions of the Use of Quipper School as an Online Learning Platform for Teaching English,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 1, pp. 35–41, 2022.