Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen
Corresponding Author(s) : Marliani Herlina
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret
Abstract
Selama abad terakhir, cara hidup manusia telah mulai melampaui batas-batas biofisik Bumi dengan cara yang mengkhawatirkan. Pengaruh biofisik bumi lebih dramatis dan tahan lama daripada sebelumnya. Banyak peneliti yang berpendapat bahwa umat manusia sudah menciptakan zaman geologi baru, yang mereka sebut Antroposen. Pendidikan, bahkan pada anak usia dini, sering dihadirkan sebagai obat untuk masalah yang kompleks ini. Namun, bagaimana orang bisa mempersiapkan anak kecil untuk menghadapinya dengan perubahan yang luar biasa seperti itu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan dan menguraikan misi pendidikan anak usia dini di zaman Antroposen. Metode penelitian ini menggunakan tinjauan literatur yang komprehensif, yang telah mencoba menemukan jawaban tentang bagaimana Antroposen dapat ditangani di pendidikan anak usia dini. Kami telah mencari jawaban dalam literatur ilmu alam, dokumen kebijakan, artikel penelitian pendidikan dan filsafat, dan mendiskusikan berbagai sudut pandang yang telah kami identifikasi. Kami berpendapat bahwa Antroposen menuntut pendidikan baru yang lebih otentik; perubahan menuju pendekatan yang lebih holistik, transformatif, dan berorientasi pada keberlanjutan. Pada saat yang sama, anak-anak seperti biasa memiliki hak atas masa kanak-kanak yang aman, positif, dan membesarkan hati.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- Q. Aini, U. Rahardja, N. Puji, L. Santoso, and A. Oktariyani, “APLIKASI BERBASIS BLOCKCHAIN DALAM DUNIA PENDIDIKAN DENGAN METODE SYSTEMATICS REVIEW,” 2021.
- L. Meria, Q. Aini, N. P. L. Santoso, U. Raharja, and S. Millah, “Management of Access Control for Decentralized Online Educations using Blockchain Technology,” in 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2021, pp. 1–6.
- U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
- N. J. Harahap, “Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0,” ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), vol. 6, no. 1, pp. 70–78, 2019.
- Q. Aini, B. S. Riza, N. P. L. Santoso, A. Faturahman, and U. Rahardja, “Digitalization of Smart Student Assessment Quality in Era 4.0,” Int. J, vol. 9, no. 1.2, 2020.
- N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, pp. 141–157, 2020.
- S. T. Sampoerna, U. Rahardja, Mardiana, V. T. Devana, and N. P. Lestari Santoso, “Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 46–55, Mar. 2022, doi: 10.34306/adimas.v2i2.567.
- I. U. Rahardja, M. M. MTI, M. Henderi, M. Yusup, M. Kom, and Q. Aini, RENCANA INDUK RISET RAHARJA (RIRR) 5.0. NIRWANA NUSANTARA, 2021.
- U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
- P. A. Sunarya, “Penerapan Sertifikat pada Sistem Keamanan menggunakan Teknologi Blockchain,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 58–67, 2022.
- S. Purnama, Q. Aini, U. Rahardja, N. P. L. Santoso, and S. Millah, “Design of Educational Learning Management Cloud Process with Blockchain 4.0 based E-Portfolio,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 4, pp. 628–635, 2021.
- M.-D. González-Zamar and E. Abad-Segura, “Visual Arts in the University Educational Ecosystem: Analysis of Schools of Knowledge,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 4, p. 184, 2021.
- M. Taufiqurrohman and M. Yusuf, “Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Pengolahan Daur Ulang Limbah,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 46–57, 2022.
- N. Djafri, A. Arwildayanto, and A. Suking, “Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1441–1453, 2020.
- J. P. A. U. Dini, “Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, p. 903, 2022.
- D. H. Muhammad, A. E. Deasari, and A. Dirgayunita, “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam,” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, vol. 4, no. 1, pp. 21–33, 2021.
- D. Zarasky and N. Septiani, “Analisis Faktor Kepuasan dan Minat Penggunaan E-Money Flazz BCA di Kota Tangerang,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89–99, 2022.
- K. D. Nusandari, R. Widayanti, Y. F. Achmad, A. H. Azizah, and N. A. Santoso, “Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 77–88, 2022.
- L. Meria, Q. Aini, N. P. L. Santoso, U. Raharja, and S. Millah, “Management of Access Control for Decentralized Online Educations using Blockchain Technology,” in 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2021, pp. 1–6.
- A. R. S. Panjaitan, U. Rahardja, Q. Aini, N. P. L. Santoso, and D. Apriliasari, “The Management Innovation of Kuliah Kerja Praktek (KKP),” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 62–73, 2022.
- M. Kamil, U. Rahardja, P. A. Sunarya, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Socio-economic perspective: Mitigate covid-19 impact on education,” in 2020 Fifth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2020, pp. 1–7.
- U. Rahardja, N. Lutfiani, E. P. Harahap, and L. Wijayanti, “iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0,” Technomedia J, vol. 4, no. 2, pp. 261–276, 2021.
- Q. Aini, T. Hariguna, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Understanding how gamification influences behaviour in education,” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 269–274, 2019.
- A. Muis, Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Laksana, 2019.
- H. Hanifah, S. Susanti, and A. S. Adji, “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran,” MANAZHIM, vol. 2, no. 1, pp. 105–117, 2020.
- S. Priatmoko and N. I. Dzakiyyah, “Relevansi kampus merdeka terhadap kompetensi guru era 4.0 dalam perspektif experiential learning theory,” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2020.
- I. Widaningsih, Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
- M. Tohir, “Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” 2020.
- E. Kustriyono, H. R. Aulia, and A. Pramitasari, “Merdeka Belajar dalam Pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan,” Konferensi Ilmiah Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 94–97, 2020.
- D. I. Savitri, “Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar,” in Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2020, vol. 2.
- M. Mambang et al., “Pendampingan Pemanfaatan Gamifikasi untuk Pendidikan di Masa Depan,” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2022.
References
Q. Aini, U. Rahardja, N. Puji, L. Santoso, and A. Oktariyani, “APLIKASI BERBASIS BLOCKCHAIN DALAM DUNIA PENDIDIKAN DENGAN METODE SYSTEMATICS REVIEW,” 2021.
L. Meria, Q. Aini, N. P. L. Santoso, U. Raharja, and S. Millah, “Management of Access Control for Decentralized Online Educations using Blockchain Technology,” in 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2021, pp. 1–6.
U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
N. J. Harahap, “Mahasiswa dan Revolusi Industri 4.0,” ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), vol. 6, no. 1, pp. 70–78, 2019.
Q. Aini, B. S. Riza, N. P. L. Santoso, A. Faturahman, and U. Rahardja, “Digitalization of Smart Student Assessment Quality in Era 4.0,” Int. J, vol. 9, no. 1.2, 2020.
N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0,” Fitrah: Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 1, pp. 141–157, 2020.
S. T. Sampoerna, U. Rahardja, Mardiana, V. T. Devana, and N. P. Lestari Santoso, “Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 46–55, Mar. 2022, doi: 10.34306/adimas.v2i2.567.
I. U. Rahardja, M. M. MTI, M. Henderi, M. Yusup, M. Kom, and Q. Aini, RENCANA INDUK RISET RAHARJA (RIRR) 5.0. NIRWANA NUSANTARA, 2021.
U. Rahardja, E. R. Dewi, R. Supriati, N. P. L. Santoso, and A. Khoirunisa, “Pengabdian Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Teknik Informatika S1 Universitas Raharja,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 16–24, 2022.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
P. A. Sunarya, “Penerapan Sertifikat pada Sistem Keamanan menggunakan Teknologi Blockchain,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 58–67, 2022.
S. Purnama, Q. Aini, U. Rahardja, N. P. L. Santoso, and S. Millah, “Design of Educational Learning Management Cloud Process with Blockchain 4.0 based E-Portfolio,” Journal of Education Technology, vol. 5, no. 4, pp. 628–635, 2021.
M.-D. González-Zamar and E. Abad-Segura, “Visual Arts in the University Educational Ecosystem: Analysis of Schools of Knowledge,” Educ Sci (Basel), vol. 11, no. 4, p. 184, 2021.
M. Taufiqurrohman and M. Yusuf, “Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Pengolahan Daur Ulang Limbah,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 46–57, 2022.
N. Djafri, A. Arwildayanto, and A. Suking, “Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1441–1453, 2020.
J. P. A. U. Dini, “Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, p. 903, 2022.
D. H. Muhammad, A. E. Deasari, and A. Dirgayunita, “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Psikologi Islam,” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, vol. 4, no. 1, pp. 21–33, 2021.
D. Zarasky and N. Septiani, “Analisis Faktor Kepuasan dan Minat Penggunaan E-Money Flazz BCA di Kota Tangerang,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89–99, 2022.
K. D. Nusandari, R. Widayanti, Y. F. Achmad, A. H. Azizah, and N. A. Santoso, “Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM),” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 77–88, 2022.
L. Meria, Q. Aini, N. P. L. Santoso, U. Raharja, and S. Millah, “Management of Access Control for Decentralized Online Educations using Blockchain Technology,” in 2021 Sixth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2021, pp. 1–6.
A. R. S. Panjaitan, U. Rahardja, Q. Aini, N. P. L. Santoso, and D. Apriliasari, “The Management Innovation of Kuliah Kerja Praktek (KKP),” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 6, no. 1, pp. 62–73, 2022.
M. Kamil, U. Rahardja, P. A. Sunarya, Q. Aini, and N. P. L. Santoso, “Socio-economic perspective: Mitigate covid-19 impact on education,” in 2020 Fifth International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2020, pp. 1–7.
U. Rahardja, N. Lutfiani, E. P. Harahap, and L. Wijayanti, “iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0,” Technomedia J, vol. 4, no. 2, pp. 261–276, 2021.
Q. Aini, T. Hariguna, P. O. H. Putra, and U. Rahardja, “Understanding how gamification influences behaviour in education,” International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering, vol. 8, no. 1.5 Special Issue, pp. 269–274, 2019.
A. Muis, Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Laksana, 2019.
H. Hanifah, S. Susanti, and A. S. Adji, “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran,” MANAZHIM, vol. 2, no. 1, pp. 105–117, 2020.
S. Priatmoko and N. I. Dzakiyyah, “Relevansi kampus merdeka terhadap kompetensi guru era 4.0 dalam perspektif experiential learning theory,” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2020.
I. Widaningsih, Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
M. Tohir, “Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” 2020.
E. Kustriyono, H. R. Aulia, and A. Pramitasari, “Merdeka Belajar dalam Pembelajaran BIPA di Universitas Pekalongan,” Konferensi Ilmiah Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 94–97, 2020.
D. I. Savitri, “Peran Guru Sd Di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 Dan Merdeka Belajar,” in Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2020, vol. 2.
M. Mambang et al., “Pendampingan Pemanfaatan Gamifikasi untuk Pendidikan di Masa Depan,” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2022.