Date Log

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lingkungan Bermain Digital Mengintegrasikan Teknologi dengan Permainan Tradisional di Prasekolah
Corresponding Author(s) : Lalita Patel
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 3 No. 2 (2025): March
Abstract
Integrasi lingkungan bermain digital dalam pendidikan anak usia dini menawarkan peluang baru untuk meningkatkan perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Namun, menyeimbangkan permainan digital dan tradisional masih menjadi tantangan dalam menciptakan kurikulum prasekolah yang mendukung perkembangan holistik. Studi ini mengkaji dampak penggabungan permainan digital dan tradisional terhadap hasil belajar, keterlibatan, kreativitas, dan perkembangan keterampilan motorik anak-anak prasekolah. Pendekatan metode campuran digunakan, yang melibatkan observasi terhadap 50 anak prasekolah di lima institusi dan wawancara dengan 10 guru prasekolah. Observasi berfokus pada interaksi anak-anak dengan permainan digital dan tradisional, sedangkan wawancara mengeksplorasi wawasan guru mengenai manfaat dan tantangan. Data sekunder dari alat pendidikan, kurikulum, dan studi kasus melengkapi temuan ini. Data dianalisis menggunakan analisis tematik untuk wawasan kualitatif dan metode statistik untuk mengevaluasi keterlibatan, hasil pembelajaran, dan keterampilan motorik.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. Rahmawati, “Pengembangan minat baca anak di era digital,” Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 108–113, 2022.
- N. Veronica, “Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini,” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 49–55, 2018.
- R. F. W. Zega, “Manfaat penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran anak usia dini,” PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 53–64, 2023.
- F. N. Fatimah, H. U. N. Afifah, R. Auliani, and S. A. Larasati, “Alat permainan edukatif sebagai sumber dan media pembelajaran anak usia dini,” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 44–56, 2023.
- N. B. Darmawati and C. Widyasari, “Permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6827–6836, 2022.
- O. Witasari and N. A. Wiyani, “Permainan tradisional untuk membentuk karakter anak usia dini: studi pada tk diponegoro 140 rawalo banyumas,” JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, vol. 2, no. 1, pp. 52–63, 2020.
- R. M. Dewi and D. U. Mailasari, “Pengembangan keterampilan kolaborasi pada anak usia dini melalui permainan tradisional,” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 8, no. 2, pp. 220–235, 2020.
- S. W. Asih and M. Y. M. El-Yunusi, “Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini,” Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 13, no. 1, pp. 150–160, 2024.
- M. Sit, Optimalisasi kecerdasan majemuk anak usia dini dengan permainan tradisional. Prenada Media, 2021.
- B. S. Adi, S. Sudaryanti, and M. Muthmainah, “Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 9, no. 1, pp. 33–39, 2020.
- J. Dini, “Peran permainan tradisional dalam meningkatkan sosial emosional anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 4, pp. 4565–4574, 2023.
- H. Cendana and D. Suryana, “Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 771–778, 2022.
- S. N. Damayanti, F. H. Tiaraningrum, J. Nurefendi, and E. Y. Lestari, “Pengenalan permainan tradisional untuk melestarikan budaya indonesia,” Jurnal Bina Desa, vol. 5, no. 1, pp. 39–44, 2023.
- F. F. Handayani and E. Munastiwi, “Implementasi permainan tradisional di era digital dan integrasinya dalam pendidikan anak usia dini,” Generasi Emas, vol. 5, no. 2, pp. 11–20, 2022.
- F. S. Riadi and T. Lestari, “Efektivitas permainan tradisional pada perkembangan sosial siswa sekolah dasar di era digital,” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), vol. 6, no. 2, pp. 122–129, 2021.
- E. Rustan and A. Munawir, “Eksistensi permainan tradisional edukatif pada generasi digital natives,” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 5, no. 2, pp. 181–196, 2020.
- A. R. Sonjaya, Z. Arifin, and R. A. Pratiwi, “Revitalisasi permainan tradisional sebagai wahana peredam permainan digital pada anak,” Jurnal Pendidikan UNIGA, vol. 15, no. 1, pp. 385–396, 2021.
- N. P. L. Santoso, D. I. Desrianti, D. Darmawan, S. M. Wahid, A. Fitriani, and A. Y. Fauzi, “Optimizing solar energy adoption through technological and economic initiatives,” in 2024 3rd International Conference on Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT). IEEE, 2024, pp. 1–6.
- S. Sudaryanti, P. Prayitno, N. Arifiyanti, and O. Maharani, “Pengembangan kemampuan motorik dan sosial emosional anak usia dini menggunakan permainan tradisional,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 13, no. 1, pp. 114–125, 2024.
- R. D. Widjayatri, F. G. Pangestu, N. Purnama, S. Nurlaela, T. Husna, and W. Aditya, “Permainan tradisional bakiak dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini,” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 9, no. 2, pp. 74–91, 2023.
- R. P. Safitri, F. Romadonika, D. Istiana, B. N. Hidayati, R. A. Hayun, and H. P. Rusiana, “Pengaruh permainan tradisional sasak gobak sodor terhadap kemampuan motorik kasar pada anak prasekolah di paud pemda lombok barat,” Jurnal Antara Keperawatan, vol. 1, no. 3, pp. 151–157, 2020.
- D. K. Sari, P. H. Dwipurra, S. Nisa’Rizky, and L. D. Masrifah, “Traditional games, use gadget pendampingan permainan tradisional dalam mengurangi penggunaan gadget pada anak pra sekolah di paud cahaya hati kota kediri,” Journal of Community Engagement in Health, vol. 5, no. 1, pp. 51–63, 2022.
- B. N. Buahana and S. Suparno, “Pengaruh permainan tradisional benteng terhadap keterampilan motorik kasar anak prasekolah,” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 2, no. 03, pp. 507–512, 2022.
- F. Dzulfadhilah, “Psikoedukasi peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget anak usia dini di era digital,” ECEJ: Early Childhood Education Journal, vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2023.
- O. Rizan, L. Laurentinus, H. Hamidah, and S. Sarwindah, “Pembuatan media promosi alternatif melalui digital branding pada sekolah paud,” To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 275–283, 2023.
- L. Marklund, “Swedish preschool teachers’ perceptions about digital play in a workplace-learning context,” Early years, vol. 42, no. 2, pp. 167–181, 2022.
- D. N. Bay, “The perspective of preschool teachers on the use of digital technology,” Southeast Asia Early Childhood Journal, vol. 11, no. 2, pp. 87–111, 2022.
- A. Isteniˇc, V. Rosanda, M. Volk, and M. Gaˇcnik, “Parental perceptions of child’s play in the post-digital era: parents’ dilemma with digital formats informing the kindergarten curriculum,” Children, vol. 10, no. 1, p. 101, 2023.
- M. Undheim, “Children and teachers engaging together with digital technology in early childhood education and care institutions: A literature review,” European early childhood education research journal, vol. 30, no. 3, pp. 472–489, 2022.
References
A. Rahmawati, “Pengembangan minat baca anak di era digital,” Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 108–113, 2022.
N. Veronica, “Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini,” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 49–55, 2018.
R. F. W. Zega, “Manfaat penggunaan permainan edukatif dalam pembelajaran anak usia dini,” PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 53–64, 2023.
F. N. Fatimah, H. U. N. Afifah, R. Auliani, and S. A. Larasati, “Alat permainan edukatif sebagai sumber dan media pembelajaran anak usia dini,” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 44–56, 2023.
N. B. Darmawati and C. Widyasari, “Permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6827–6836, 2022.
O. Witasari and N. A. Wiyani, “Permainan tradisional untuk membentuk karakter anak usia dini: studi pada tk diponegoro 140 rawalo banyumas,” JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, vol. 2, no. 1, pp. 52–63, 2020.
R. M. Dewi and D. U. Mailasari, “Pengembangan keterampilan kolaborasi pada anak usia dini melalui permainan tradisional,” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 8, no. 2, pp. 220–235, 2020.
S. W. Asih and M. Y. M. El-Yunusi, “Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini,” Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 13, no. 1, pp. 150–160, 2024.
M. Sit, Optimalisasi kecerdasan majemuk anak usia dini dengan permainan tradisional. Prenada Media, 2021.
B. S. Adi, S. Sudaryanti, and M. Muthmainah, “Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 9, no. 1, pp. 33–39, 2020.
J. Dini, “Peran permainan tradisional dalam meningkatkan sosial emosional anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 4, pp. 4565–4574, 2023.
H. Cendana and D. Suryana, “Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 771–778, 2022.
S. N. Damayanti, F. H. Tiaraningrum, J. Nurefendi, and E. Y. Lestari, “Pengenalan permainan tradisional untuk melestarikan budaya indonesia,” Jurnal Bina Desa, vol. 5, no. 1, pp. 39–44, 2023.
F. F. Handayani and E. Munastiwi, “Implementasi permainan tradisional di era digital dan integrasinya dalam pendidikan anak usia dini,” Generasi Emas, vol. 5, no. 2, pp. 11–20, 2022.
F. S. Riadi and T. Lestari, “Efektivitas permainan tradisional pada perkembangan sosial siswa sekolah dasar di era digital,” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), vol. 6, no. 2, pp. 122–129, 2021.
E. Rustan and A. Munawir, “Eksistensi permainan tradisional edukatif pada generasi digital natives,” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 5, no. 2, pp. 181–196, 2020.
A. R. Sonjaya, Z. Arifin, and R. A. Pratiwi, “Revitalisasi permainan tradisional sebagai wahana peredam permainan digital pada anak,” Jurnal Pendidikan UNIGA, vol. 15, no. 1, pp. 385–396, 2021.
N. P. L. Santoso, D. I. Desrianti, D. Darmawan, S. M. Wahid, A. Fitriani, and A. Y. Fauzi, “Optimizing solar energy adoption through technological and economic initiatives,” in 2024 3rd International Conference on Creative Communication and Innovative Technology (ICCIT). IEEE, 2024, pp. 1–6.
S. Sudaryanti, P. Prayitno, N. Arifiyanti, and O. Maharani, “Pengembangan kemampuan motorik dan sosial emosional anak usia dini menggunakan permainan tradisional,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 13, no. 1, pp. 114–125, 2024.
R. D. Widjayatri, F. G. Pangestu, N. Purnama, S. Nurlaela, T. Husna, and W. Aditya, “Permainan tradisional bakiak dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini,” Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, vol. 9, no. 2, pp. 74–91, 2023.
R. P. Safitri, F. Romadonika, D. Istiana, B. N. Hidayati, R. A. Hayun, and H. P. Rusiana, “Pengaruh permainan tradisional sasak gobak sodor terhadap kemampuan motorik kasar pada anak prasekolah di paud pemda lombok barat,” Jurnal Antara Keperawatan, vol. 1, no. 3, pp. 151–157, 2020.
D. K. Sari, P. H. Dwipurra, S. Nisa’Rizky, and L. D. Masrifah, “Traditional games, use gadget pendampingan permainan tradisional dalam mengurangi penggunaan gadget pada anak pra sekolah di paud cahaya hati kota kediri,” Journal of Community Engagement in Health, vol. 5, no. 1, pp. 51–63, 2022.
B. N. Buahana and S. Suparno, “Pengaruh permainan tradisional benteng terhadap keterampilan motorik kasar anak prasekolah,” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 2, no. 03, pp. 507–512, 2022.
F. Dzulfadhilah, “Psikoedukasi peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget anak usia dini di era digital,” ECEJ: Early Childhood Education Journal, vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2023.
O. Rizan, L. Laurentinus, H. Hamidah, and S. Sarwindah, “Pembuatan media promosi alternatif melalui digital branding pada sekolah paud,” To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 275–283, 2023.
L. Marklund, “Swedish preschool teachers’ perceptions about digital play in a workplace-learning context,” Early years, vol. 42, no. 2, pp. 167–181, 2022.
D. N. Bay, “The perspective of preschool teachers on the use of digital technology,” Southeast Asia Early Childhood Journal, vol. 11, no. 2, pp. 87–111, 2022.
A. Isteniˇc, V. Rosanda, M. Volk, and M. Gaˇcnik, “Parental perceptions of child’s play in the post-digital era: parents’ dilemma with digital formats informing the kindergarten curriculum,” Children, vol. 10, no. 1, p. 101, 2023.
M. Undheim, “Children and teachers engaging together with digital technology in early childhood education and care institutions: A literature review,” European early childhood education research journal, vol. 30, no. 3, pp. 472–489, 2022.