Literasi Digital Mahasiswa Menggunakan Kerangka Pengukuran Literasi Digital Kominfo
Corresponding Author(s) : Petrus Dwi Ananto Pamungkas
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 2 No. 1 (2023): September
Abstract
Digitalisasi menjadi hal penting saat pandemi Covid-19, dimana ada pembatasan interaksi sehingga segala kegiatan dilakukan secara daring, termasuk pembelajaran. Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita memiliki keterampilan digital, terutama pemanfaatan media sosial, yang diperoleh selama pembelajaran dari rumah. Tetapi perlu diketahui sampai sejauh mana keterampilan digital tersebut, bagaimana keterampilan pengamanan data pribadi dalam bermedia sosial, dan bagaimana kebiasaan berdigital yang terbentuk selama pemanfaatan media sosial. Melalui metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan mendeskripsikan hasil distribusi kuesioner terhadap pendapat dan persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita maka dapat diketahui tingkat literasi digital yang termasuk sangat tinggi dimana atribut mahasiswa mampu melakukan kegiatan digital secara mandiri bahkan mampu membantu orang lain yang mengalami kesulitan. Sayangnya, hal tersebut harus mendapatkan perhatian lebih besar karena mahasiswa masih kurang paham pentingnya kerahasiaan data pribadi dan privacy orang lain dalam bermedia sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- A. A. Laksono, “The Impact Learning Organization and Organization Culture To Employee Performance, Mediated By Knowledge Sharing (Empirical Study On Bumitama Agri LTD.),” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 5, no. 2, pp. 145–156, 2023.
- R. R. T. Ayuninggati, S. V. Sihotang, and M. I. Mustopa, “Penelitian Minat Ekstrakurikuler Mahasiswa Dalam Bermusik Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Era 4.0,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 175–186, 2023.
- H. Yuniar, I. Hamdani, and G. Ikhtiono, “Upaya peningkatan literasi digital dalam program beasiswa cendekia Baznas (BCB) di kota Bogor,” Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, vol. 6, no. 2, pp. 47–60, 2022.
- I. Bahijah, S. N. S. Ishak, N. Rahmatika, and A. Ahmad, “WASATHIYAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z),” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 4, pp. 1–20, 2022.
- P. Arisna, I. Juliwardi, and M. Qudraty, “ANALISIS EPIC MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS VIDEO PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL,” Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, vol. 3, no. 1, pp. 535–546, 2023.
- T. Hadi and A. B. Marpaung, “Transformational Leadership and Knowledge Management Impact on Organization Performance: A Systematic Review,” International Journal of Social Service and Research, vol. 3, no. 1, pp. 228–235, 2023.
- S. D. Sugiyanti, R. Widayanti, M. B. Ulum, G. Firmansyah, and A. H. Azizah, “Design Dashboard Monitoring Teacher Performance Assessment at Cinta Kasih Tzu Chi High School,” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 4, no. 1, pp. 46–56, 2022.
- M. Herlina, “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 144–154, 2023.
- S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
- Kominfo dan Katadata Insight Center, “Status Literasi Digital di Indonesia 2022,” Jakarta, 2023.
- E. P. Nugroho, K. Hidayat, and E. A. Nurdin, “Development of E-learning-based blended learning to increase student learning motivation during a pandemic,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 2, pp. 160–169, 2023.
- C. D. Qarlina and F. Wulandari, “Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Promosi Terhadap Minat Peserta Didik di SMA Batik Surakarta,” Technomedia Journal, vol. 8, no. 1SP, pp. 82–91, 2023.
- W. Sejati and V. Melinda, “Education on the Use of Iot Technology for Energy Audit and Management Within the Context of Conservation and Efficiency,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 2, pp. 138–143, 2023.
- Z. Kedah, “Inovasi Penerapan Teknik Gamifikasi Terhadap Pembelajaran Kampus Merdeka,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 133–143, 2023.
- V. Cahyani, Ilhamsyah, and N. Mutiah, “Analisis Tingkat Literasi Digital pada Generasi Z dengan Menggunakan Digital Competence Framework 2.1,” CODING: Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2021.
- P. D. A. Pamungkas, H. A. Win, C. W. Astuti, E. Silalahi, and R. K. Setyawati, “Pelatihan Daring Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning dalam Mendukung Pembuatan Soal Ujian Daring bagi Dosen,” Jurnal Karya untuk Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 10, 2020.
- R. Setyaningsih, Abdullah, E. Prihantoro, and Hustinawaty, “Model Penguatan Literasi Digital melalui Pemanfaatan E-Learning,” Jurnal ASPIKOM, vol. 3, no. 6, pp. 1200–1214, 2019.
- M. F. Akbar and F. D. Anggaraeni, “Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Sel-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi,” Jurnal Indigenous, vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2017.
- Sugiyono and P. Lestari, Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Analisis Teks, Cara Menulis Artikel untuk Jurnal Nasional dan Internasional). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2021.
- W. S. A. Arum, M. Fahri, N. Amelia, and S. Watini, “Implementasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi Dalam Pendidikan Karakter Pancasila,” Technomedia Journal, vol. 8, no. 1SP, pp. 18–29, 2023.
- S. Purnama and C. Sriliasta, “Independent Learning and Blended Learning Information System Student,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 2, pp. 144–150, 2023.
- U. Rahardja, “Implementation of enterprise resource planning (erp) in indonesia to increase the significant impact of management control systems,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 2, pp. 152–159, 2023.
References
A. A. Laksono, “The Impact Learning Organization and Organization Culture To Employee Performance, Mediated By Knowledge Sharing (Empirical Study On Bumitama Agri LTD.),” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 5, no. 2, pp. 145–156, 2023.
R. R. T. Ayuninggati, S. V. Sihotang, and M. I. Mustopa, “Penelitian Minat Ekstrakurikuler Mahasiswa Dalam Bermusik Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Era 4.0,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 175–186, 2023.
H. Yuniar, I. Hamdani, and G. Ikhtiono, “Upaya peningkatan literasi digital dalam program beasiswa cendekia Baznas (BCB) di kota Bogor,” Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, vol. 6, no. 2, pp. 47–60, 2022.
I. Bahijah, S. N. S. Ishak, N. Rahmatika, and A. Ahmad, “WASATHIYAH ISLAM DI ERA DISRUPSI DIGITAL (Pendidikan Nilai-Nilai Wasathiyah Islam Dalam Bersosial Media Di Kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z),” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 4, pp. 1–20, 2022.
P. Arisna, I. Juliwardi, and M. Qudraty, “ANALISIS EPIC MODEL TERHADAP EFEKTIVITAS VIDEO PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL,” Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, vol. 3, no. 1, pp. 535–546, 2023.
T. Hadi and A. B. Marpaung, “Transformational Leadership and Knowledge Management Impact on Organization Performance: A Systematic Review,” International Journal of Social Service and Research, vol. 3, no. 1, pp. 228–235, 2023.
S. D. Sugiyanti, R. Widayanti, M. B. Ulum, G. Firmansyah, and A. H. Azizah, “Design Dashboard Monitoring Teacher Performance Assessment at Cinta Kasih Tzu Chi High School,” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 4, no. 1, pp. 46–56, 2022.
M. Herlina, “Analisa Model Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Antroposen,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 144–154, 2023.
S. Kosasi, S. Millah, and N. P. L. Santoso, “Manajemen dalam Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan menggunakan Komputasi Awan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2022.
Kominfo dan Katadata Insight Center, “Status Literasi Digital di Indonesia 2022,” Jakarta, 2023.
E. P. Nugroho, K. Hidayat, and E. A. Nurdin, “Development of E-learning-based blended learning to increase student learning motivation during a pandemic,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 2, pp. 160–169, 2023.
C. D. Qarlina and F. Wulandari, “Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Promosi Terhadap Minat Peserta Didik di SMA Batik Surakarta,” Technomedia Journal, vol. 8, no. 1SP, pp. 82–91, 2023.
W. Sejati and V. Melinda, “Education on the Use of Iot Technology for Energy Audit and Management Within the Context of Conservation and Efficiency,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 2, pp. 138–143, 2023.
Z. Kedah, “Inovasi Penerapan Teknik Gamifikasi Terhadap Pembelajaran Kampus Merdeka,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 133–143, 2023.
V. Cahyani, Ilhamsyah, and N. Mutiah, “Analisis Tingkat Literasi Digital pada Generasi Z dengan Menggunakan Digital Competence Framework 2.1,” CODING: Jurnal Komputer dan Aplikasi, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2021.
P. D. A. Pamungkas, H. A. Win, C. W. Astuti, E. Silalahi, and R. K. Setyawati, “Pelatihan Daring Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning dalam Mendukung Pembuatan Soal Ujian Daring bagi Dosen,” Jurnal Karya untuk Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 10, 2020.
R. Setyaningsih, Abdullah, E. Prihantoro, and Hustinawaty, “Model Penguatan Literasi Digital melalui Pemanfaatan E-Learning,” Jurnal ASPIKOM, vol. 3, no. 6, pp. 1200–1214, 2019.
M. F. Akbar and F. D. Anggaraeni, “Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Sel-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi,” Jurnal Indigenous, vol. 2, no. 1, pp. 28–38, 2017.
Sugiyono and P. Lestari, Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Analisis Teks, Cara Menulis Artikel untuk Jurnal Nasional dan Internasional). Bandung: Penerbit Alfabeta, 2021.
W. S. A. Arum, M. Fahri, N. Amelia, and S. Watini, “Implementasi Perkembangan Ilmu dan Teknologi Dalam Pendidikan Karakter Pancasila,” Technomedia Journal, vol. 8, no. 1SP, pp. 18–29, 2023.
S. Purnama and C. Sriliasta, “Independent Learning and Blended Learning Information System Student,” International Transactions on Education Technology, vol. 1, no. 2, pp. 144–150, 2023.
U. Rahardja, “Implementation of enterprise resource planning (erp) in indonesia to increase the significant impact of management control systems,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 2, pp. 152–159, 2023.