Pengaruh Hasil Belajar Pendidikan Fisika Siswa menggunakan Teknik Meta-analisis dengan Model PBL (Problem Based Learning)
Corresponding Author(s) : Intan Permata Sari
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 1 (2022): September
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah atau PBL (Problem Based Learning) digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif jurnal nasional yang terakreditasi oleh sinta. Penggunaan teknik meta-analisis digunakan untuk mengetahui dampak pada model pembelajaran PBL. Hasil penelitian dapat diperoleh dengan menggunakan metode meta-analisis. Kebaruan yang didapat menunjukkan rata-rata effect size atau besar pengaruh 0,265 atau kategori efek besar. Sehingga secara keseluruhan berdampak positif dan efektif. Model PBL (Problem Based learning) berpengaruh positif jika dilihat dari segi tingkat pendidikan, materi yang digunakan, dan media yang dipakai. Dapat disimpulkan hasil belajar fisika siswa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dinilai efektif dan terlihat adanya peningkatan.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- U. Oktaviani, “Heny Nugroho 4d) , Eka Susanti 5e) 1,2,3,4,5 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” Jl. Kapten Suparman, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
- H. Fuadi, A. Z. Robbia, J. Jamaluddin, and A. W. Jufri, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 108–116, Nov. 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i2.122.
- M. Tohir, “Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.” [Online]. Available: https://matematohir.wordpress.com/
- L. Hewi, M. Shaleh, and P. IAIN Kendari, “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini),” vol. 04, no. 1, pp. 30–41, 2020.
- T. A. Astuti, N. Nurhayati, R. H. Ristanto, and R. Rusdi, “Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis,” JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), vol. 4, no. 2, pp. 67–74, Nov. 2019, doi: 10.31932/jpbio.v4i2.473.
- I. Anugraheni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar and U. Kristen Satya Wacana, “META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD”.
- M. Elvianasti, L. Lufri, A. Asrizal, and R. Rikizaputra, “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Suatu Meta-Analisis,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 1, pp. 390–398, Dec. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1819.
- T. Sinta et al., “Chemistry in Education PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI,” CiE, vol. 9, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
- “Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar,” 2020, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
- M. Safrida and A. Kistian, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE KECAMATAN KAWAY XVI.”
- N. I. Wulandari, A. Wijayanti, and W. Budhi, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA,” Jurnal Pijar Mipa, vol. 13, no. 1, pp. 51–55, Mar. 2018, doi: 10.29303/jpm.v13i1.538.
- P. X. Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas SMK Negeri, B. Suci Aldila, and R. Mukhaiyar, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning”, [Online]. Available: https://ranahresearch.com.
- F. Daulay and H. Effendi, “JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Efektivitas Model Problem-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK”, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index
- N. Rizky, F. Kanza, A. D. Lesmono, and H. M. Widodo, “ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 2 JEMBER.”
- K. H. Utama and F. Kristin, “Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 889–898, Jul. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.482.
- T. Putra Wijaya, A. Triwijaya, F. Menix, and D. Desnita, “Meta-Analysis of The Effect of Problem Based Learning Model on Understanding Physics Concepts of High School Students,” Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 9, no. 1, p. 26, Jun. 2021, doi: 10.31258/jgs.9.1.26-34.
- Y. K. Sari, D. Juandi, M. Tamur, and A. M. G. Adem, “META-ANALYSIS: MENGEVALUASI EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA,” Journal of Honai Math, vol. 4, no. 1, pp. 1–18, Mar. 2021, doi: 10.30862/jhm.v4i1.144.
- T. F. Kristiana and E. H. Radia, “Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 818–826, Mar. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.828.
- D. Eka Pratiwi, F. Sesunan, I. Dewa Putu Nyeneng, F. Universitas Lampung, and J. Soemantri Brodjonegoro No, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA.”
- M. Safitri and I. Idrus, “UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL),” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, vol. 2, no. 1, pp. 103–112, 2018.
- F. Cahyaningsih, I. E. Roektiningroem, and U. N. Yogyakarta, “PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM-PBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF THE EFFECT OF STEM-PBL ON CRITICAL THINKING AND COGNITIVE OUTCOME’S.”
- J. Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, O. Aji Saputro, and T. Sri Rayahu, “PERBEDAAN PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,” JIPP, vol. 4, 2020.
- M. Hoke, F. Dungus, and T. Makahinda, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI GAYA PEGAS,” 2021.
- E. Cinda, H. Pgsd, S. Singkawang, and K. Barat, “Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 3 Nomor 1 bulan Maret,” 2018.
- M. Taofiq, D. Setiadi, and G. Hadiprayitno, ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA DI SMAN 1 KAYANGAN.
- “EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA”.
- M. Alperi, “Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Kimia Development Of Guided Discovery Based Electronic Module For Chemical Lessons In Redox Reaction Materials View project Virtual Practicum Guideline Development Based on 5E Learning Cycle View project,” 2022. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/358467558
- A. Feri and Z. Zulherman, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 3, p. 418, Aug. 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i3.33127.
- A. Roudhotul Jannah, I. Rahmawati, and F. Reffiane, “Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku,” vol. 8, no. 3, pp. 342–350, 2020.
- “Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar {281 PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN MEDIA MOFIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Delismar SMP Negeri 5 Kota Jambi Contributor”.
- L. D. Agitsna, R. Wahyuni, D. Friansah, and D. Friansah, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 11 LUBUKLINGGAU,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 3, Dec. 2019, doi: 10.24127/ajpm.v8i3.2360.
- S. Lawi, S. Hadi, J. Putra, and Y. Nong Bunga, “Original Artikel.”
- D. Cristianti, P. Biologi, F. Ilmu Pendidikan, and U. K. A Wahab Hasbullah, “EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI EUBACTERIA 1) Ospa Pea Yuanita Meishanti, 2),” EDUSCOPE, vol. 04, no. 01, 2018.
References
U. Oktaviani, “Heny Nugroho 4d) , Eka Susanti 5e) 1,2,3,4,5 Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” Jl. Kapten Suparman, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
H. Fuadi, A. Z. Robbia, J. Jamaluddin, and A. W. Jufri, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 108–116, Nov. 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i2.122.
M. Tohir, “Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.” [Online]. Available: https://matematohir.wordpress.com/
L. Hewi, M. Shaleh, and P. IAIN Kendari, “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini),” vol. 04, no. 1, pp. 30–41, 2020.
T. A. Astuti, N. Nurhayati, R. H. Ristanto, and R. Rusdi, “Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis,” JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), vol. 4, no. 2, pp. 67–74, Nov. 2019, doi: 10.31932/jpbio.v4i2.473.
I. Anugraheni Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar and U. Kristen Satya Wacana, “META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD”.
M. Elvianasti, L. Lufri, A. Asrizal, and R. Rikizaputra, “Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia : Suatu Meta-Analisis,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 1, pp. 390–398, Dec. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1819.
T. Sinta et al., “Chemistry in Education PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI,” CiE, vol. 9, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
“Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar,” 2020, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
M. Safrida and A. Kistian, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE KECAMATAN KAWAY XVI.”
N. I. Wulandari, A. Wijayanti, and W. Budhi, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA,” Jurnal Pijar Mipa, vol. 13, no. 1, pp. 51–55, Mar. 2018, doi: 10.29303/jpm.v13i1.538.
P. X. Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas SMK Negeri, B. Suci Aldila, and R. Mukhaiyar, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning”, [Online]. Available: https://ranahresearch.com.
F. Daulay and H. Effendi, “JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL) Efektivitas Model Problem-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK”, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index
N. Rizky, F. Kanza, A. D. Lesmono, and H. M. Widodo, “ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 2 JEMBER.”
K. H. Utama and F. Kristin, “Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 889–898, Jul. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.482.
T. Putra Wijaya, A. Triwijaya, F. Menix, and D. Desnita, “Meta-Analysis of The Effect of Problem Based Learning Model on Understanding Physics Concepts of High School Students,” Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 9, no. 1, p. 26, Jun. 2021, doi: 10.31258/jgs.9.1.26-34.
Y. K. Sari, D. Juandi, M. Tamur, and A. M. G. Adem, “META-ANALYSIS: MENGEVALUASI EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA,” Journal of Honai Math, vol. 4, no. 1, pp. 1–18, Mar. 2021, doi: 10.30862/jhm.v4i1.144.
T. F. Kristiana and E. H. Radia, “Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 818–826, Mar. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.828.
D. Eka Pratiwi, F. Sesunan, I. Dewa Putu Nyeneng, F. Universitas Lampung, and J. Soemantri Brodjonegoro No, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN SIKAP ILMIAH SISWA.”
M. Safitri and I. Idrus, “UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL),” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, vol. 2, no. 1, pp. 103–112, 2018.
F. Cahyaningsih, I. E. Roektiningroem, and U. N. Yogyakarta, “PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM-PBL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF THE EFFECT OF STEM-PBL ON CRITICAL THINKING AND COGNITIVE OUTCOME’S.”
J. Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, O. Aji Saputro, and T. Sri Rayahu, “PERBEDAAN PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,” JIPP, vol. 4, 2020.
M. Hoke, F. Dungus, and T. Makahinda, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI GAYA PEGAS,” 2021.
E. Cinda, H. Pgsd, S. Singkawang, and K. Barat, “Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 3 Nomor 1 bulan Maret,” 2018.
M. Taofiq, D. Setiadi, and G. Hadiprayitno, ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK YANG BERBEDA DI SMAN 1 KAYANGAN.
“EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA”.
M. Alperi, “Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Kimia Development Of Guided Discovery Based Electronic Module For Chemical Lessons In Redox Reaction Materials View project Virtual Practicum Guideline Development Based on 5E Learning Cycle View project,” 2022. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/358467558
A. Feri and Z. Zulherman, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod,” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 3, p. 418, Aug. 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i3.33127.
A. Roudhotul Jannah, I. Rahmawati, and F. Reffiane, “Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku,” vol. 8, no. 3, pp. 342–350, 2020.
“Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar {281 PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN MEDIA MOFIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Delismar SMP Negeri 5 Kota Jambi Contributor”.
L. D. Agitsna, R. Wahyuni, D. Friansah, and D. Friansah, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 11 LUBUKLINGGAU,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 3, Dec. 2019, doi: 10.24127/ajpm.v8i3.2360.
S. Lawi, S. Hadi, J. Putra, and Y. Nong Bunga, “Original Artikel.”
D. Cristianti, P. Biologi, F. Ilmu Pendidikan, and U. K. A Wahab Hasbullah, “EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATERI EUBACTERIA 1) Ospa Pea Yuanita Meishanti, 2),” EDUSCOPE, vol. 04, no. 01, 2018.