Analisa MBPH: Nasi Sumsum sebagai Pangan Ekonomi bagi Masyarakat Tangerang Selatan
Corresponding Author(s) : Aropria Saulina Panjaitan
Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi,
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret
Abstract
Maraknya penggunaan model dalam pembelajaran sejarah di negara modern telah mempengaruhi pendidikan di Indonesia. seperti mengikuti Gaya pembelajaran modern di kelas tanpa memperhatikan latar belakang sosial budaya mahasiswa. Namun, penggunaan sebenarnya dari ini tidak membuat proses pembelajaran berjalan lancar seperti yang dibayangkan dan diharapkan. Meskipun telah ada Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dan pemerhati pendidikan menyatakan bahwa penggunaan model dalam sejarah sangat efektif dalam membangun suasana belajar yang lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan Model Pembelajaran Berpikir Sejarah (MPBH) dalam rangka pembentukan pemahaman tentang bahan dasar nasi sum-sum ebagai makanan penyelamat masyarakat Tangerang selatan. Mata pelajaran yang akan dipelajari mahasiswa, yaitu mata kuliah sejarah sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar melalui MPBH mendorong siswa untuk memahami masa lampau, mengurai bagian-bagian cerita sejarah, dan menemukan maknanya berlatih mengembangkan kemampuan berpikir. Sehingga pembelajaran sejarah mampu mengembangkan pemikiran yang mengedepankan prinsip. Oleh karena itu, MPBH sangat efektif dalam pembelajaran perilaku akademik mahasiswa budaya dalam mempelajari sejarah sosial tentang hal ini. Materi yang akan dipelajari adalah mata kuliah sejarah sosial
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
- N. Lutfiani, S. Wijono, U. Rahardja, A. Iriani, Q. Aini, and R. A. D. Septian, “A Bibliometric Study : Recommendation based on Artificial Intelligence for iLearning Education,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 5, no. 2, pp. 112–119, Nov. 2022, doi: 10.34306/att.v5i2.279.
- Yusuf Perdana, S. Sumargono, and V. Rachmedita, “Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 8, no. 2, pp. 79–98, Nov. 2019, doi: 10.21009/jps.082.01.
- M. Baihaiki, “Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS Harapan Jaya Jakarta Barat,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 1, no. 7, 2021, [Online]. Available: https://greenvest.co.id/
- M. I. Sari, A. Fidyasari, and K. A. Setiawan, “PENGEMBANGAN DESA BEJI SEBAGAI WISATA EDUKASI KAMPUNG TEMPE,” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 973–978, Nov. 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2806.
- P. P. A. Saifulloh, “Gagasan Konstitusi Pangan: Urgensi Pengaturan Hak Atas Pangan Warga Negara dalam Amandemen Kelima UUD 1945,” Jurnal HAM, vol. 12, no. 2, p. 227, Aug. 2021, doi: 10.30641/ham.2021.12.227-244.
- Yusuf Perdana, S. Sumargono, and V. Rachmedita, “Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 8, no. 2, pp. 79–98, Nov. 2019, doi: 10.21009/jps.082.01.
- Q. Aini, U. Rahardja, R. Supriyati, and A. Khoirunisa, “Pengaruh Mailing Groups Sebagai Media Diskusi Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 3, no. 1, p. 24, Mar. 2019, doi: 10.30865/mib.v3i1.1039.
- M. I. Sari, A. Fidyasari, and K. A. Setiawan, “PENGEMBANGAN DESA BEJI SEBAGAI WISATA EDUKASI KAMPUNG TEMPE,” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 973–978, Nov. 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2806.
- I. Akbar Endarto, “ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
- U. Rahardja, T. Hariguna, and Q. Aini, “Understanding the impact of determinants in game learning acceptance: An empirical study,” International Journal of Education and Practice, vol. 7, no. 3, pp. 136–145, 2019, doi: 10.18488/journal.61.2019.73.136.145.
- R. M. Aboe and M. Ibrahim, “PENGEMBANGAN COMMUNITY-BASED TOURISM (PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT) DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI KASTELA KOTA TERNATE SELATAN,” 2019.
- M. Baihaiki, “Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS Harapan Jaya Jakarta Barat,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 1, no. 7, 2021, [Online]. Available: https://greenvest.co.id/
- U. Rahardja, “Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
- M. Taufiqurrohman and M. Yusuf, “Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Pengolahan Daur Ulang Limbah,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 46–57, 2022.
- M. Fayiz, N. Hilmy, U. Darusalam, and A. Rubhasy, “Augmented Reality sebagai Media Edukasi Sejarah Bangunan Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah menggunakan Metode Marker Based Tracking dan Algoritma Fast Corner Detection,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 4, no. 2, p. 2020, 2020, doi: 10.35870/jti.
- M. R. Anwar, F. P. Oganda, N. P. L. Santoso, and M. Fabio, “Artificial Intelligence that Exists in the Human Mind,” International Transactions on Artificial Intelligence, vol. 1, no. 1, pp. 28–42, 2022.
- Z. F. A’ini, S. M. Soenarno, and Z. R. Alfy, “Hasil Edukasi Healthy Food Jelly Jahe Di PKK Mawar Kramat Jati, Jakarta Timur,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 51–59, Jun. 2022, doi: 10.30998/jpmbio.v1i1.1037.
- Q. Aini et al., “Security Level Significance in DApps Blockchain-Based Document Authentication,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 4, no. 3, pp. 292–305, 2022.
- H. Haerullah and E. Elihami, “FORMAL DAN NON FORMAL”.
- M. Rakhmansyah et al., “Smart Digital Signature Berbasis Blockchain Pada Pendidikan Tinggi Menggunakan Metode SWOT.”
- I. Akbar Endarto, “ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
- E. R. Marjito1 and K. Juniardi2, “URGENSI PENANAMAN NILAI-NILAI BUDAYA BERBASIS TRADISI SAPRAHAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI KOTA PONTIANAK URGENCY OF PLANTING CULTURAL VALUES BASED ON SAPRAHAN TRADITION IN LOCAL HISTORY LEARNING IN PONTIANAK CITY.”
- Q. Aini, E. P. Harahap, N. P. L. Santoso, S. N. Sari, and P. A. Sunarya, “Blockchain Based Certificate Verification System Management,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 3, pp. 1–10, 2023.
- D. Apriliasari and B. A. P. Seno, “Inovasi Pemanfaatan Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Kekayaan Intelektual Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 68–76, 2022.
- Q. Aini, N. Azizah, R. Salam, N. P. L. Santoso, and F. P. Oganda, “SKEMA KREDIBILITAS SERTIFIKAT BERBASIS ILEARNING GAMIFIKASI BLOCKCHAIN PADA KAMPUS MERDEKA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, 2022.
- “148-Article Text-1510-1-10-20210819”.
- D. Aulia Ramadhani, R. Kurniasari, P. Studi Gizi, F. Ilmu Kesehatan, and U. Singaperbangsa Karawang, “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Literature Review:Pengaruh Media Komunikasi Terhadap Keamanan Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar”, doi: 10.5281/zenodo.6408379.
- Yusrawati, T. Mariyanti, and N. Septiani, “The Effect of Commitment to Managerial Performance Intervening variable at the National Baznas of Riau Province,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 4, no. 2, pp. 135–141, Jul. 2022, doi: 10.34306/att.v4i2.249.
- A. S. Anwar, U. Rahardja, A. G. Prawiyogi, N. P. L. Santoso, and S. Maulana, “iLearning Model Approach in Creating Blockchain Based Higher Education Trust,” International Journal of Artificial Intelligence Research, vol. 6, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.29099/ijair.v6i1.258.
- J. P. Antropologi and A. Aricindy, “Pelestarian Panganan Tradisional Melalui Pasar Kamu Kawan Lama dalam Mengembangkan Wisata Kuliner di Daerah Pantai Labu Preservation of Traditional Food Through Pasar Kamu Kawan Lama in Developing Culinary Tourism in the Labu Beach Area,” vol. 4, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bdh
- P. A. Sunarya, “Penerapan Sertifikat pada Sistem Keamanan menggunakan Teknologi Blockchain,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 58–67, 2022.
- S. T. Sampoerna, U. Rahardja, Mardiana, V. T. Devana, and N. P. Lestari Santoso, “Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 46–55, Mar. 2022, doi: 10.34306/adimas.v2i2.567.
- M. Fayiz, N. Hilmy, U. Darusalam, and A. Rubhasy, “Augmented Reality sebagai Media Edukasi Sejarah Bangunan Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah menggunakan Metode Marker Based Tracking dan Algoritma Fast Corner Detection,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 4, no. 2, p. 2020, 2020, doi: 10.35870/jti.
- “dampak-kecerdasan-buatan-bagi-pendidikan”.
- W. Hadi, “MENGGALI POTENSI KAMPUNG WISATA DI KOTA YOGYAKARTA SEBAGAI DAYA TARIK WISATAWAN,” 2019.
- R. M. Aboe and M. Ibrahim, “PENGEMBANGAN COMMUNITY-BASED TOURISM (PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT) DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI KASTELA KOTA TERNATE SELATAN,” 2019.
- M. Mutiani, E. Warmansyah Abbas, S. Syaharuddin, and H. Susanto, “Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah,” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, vol. 3, no. 2, pp. 113–122, May 2020, doi: 10.17509/historia.v3i2.23440.
- A. Suherman, D. Weny, and W. Bastaman, “PERKEMBANGAN SEKOLAH RAKYAT (VOLKSCHOOL) DI GUNUNG KENCANA KABUPATEN LEBAK BANTEN,” Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, vol. 2, no. 2, 2019.
- U. Rahardja, “Blockchain Education: as a Challenge in the Academic Digitalization of Higher Education,” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 4, no. 1, pp. 62–69, Sep. 2022, doi: 10.34306/itsdi.v4i1.571.
References
N. Lutfiani, S. Wijono, U. Rahardja, A. Iriani, Q. Aini, and R. A. D. Septian, “A Bibliometric Study : Recommendation based on Artificial Intelligence for iLearning Education,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 5, no. 2, pp. 112–119, Nov. 2022, doi: 10.34306/att.v5i2.279.
Yusuf Perdana, S. Sumargono, and V. Rachmedita, “Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 8, no. 2, pp. 79–98, Nov. 2019, doi: 10.21009/jps.082.01.
M. Baihaiki, “Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS Harapan Jaya Jakarta Barat,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 1, no. 7, 2021, [Online]. Available: https://greenvest.co.id/
M. I. Sari, A. Fidyasari, and K. A. Setiawan, “PENGEMBANGAN DESA BEJI SEBAGAI WISATA EDUKASI KAMPUNG TEMPE,” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 973–978, Nov. 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2806.
P. P. A. Saifulloh, “Gagasan Konstitusi Pangan: Urgensi Pengaturan Hak Atas Pangan Warga Negara dalam Amandemen Kelima UUD 1945,” Jurnal HAM, vol. 12, no. 2, p. 227, Aug. 2021, doi: 10.30641/ham.2021.12.227-244.
Yusuf Perdana, S. Sumargono, and V. Rachmedita, “Integrasi Sosiokultural Siswa Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 8, no. 2, pp. 79–98, Nov. 2019, doi: 10.21009/jps.082.01.
Q. Aini, U. Rahardja, R. Supriyati, and A. Khoirunisa, “Pengaruh Mailing Groups Sebagai Media Diskusi Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 3, no. 1, p. 24, Mar. 2019, doi: 10.30865/mib.v3i1.1039.
M. I. Sari, A. Fidyasari, and K. A. Setiawan, “PENGEMBANGAN DESA BEJI SEBAGAI WISATA EDUKASI KAMPUNG TEMPE,” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 973–978, Nov. 2021, doi: 10.31004/cdj.v2i3.2806.
I. Akbar Endarto, “ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
U. Rahardja, T. Hariguna, and Q. Aini, “Understanding the impact of determinants in game learning acceptance: An empirical study,” International Journal of Education and Practice, vol. 7, no. 3, pp. 136–145, 2019, doi: 10.18488/journal.61.2019.73.136.145.
R. M. Aboe and M. Ibrahim, “PENGEMBANGAN COMMUNITY-BASED TOURISM (PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT) DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI KASTELA KOTA TERNATE SELATAN,” 2019.
M. Baihaiki, “Implementasi Game Edukasi Kesenian Budaya Indonesia Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada SDS Harapan Jaya Jakarta Barat,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 1, no. 7, 2021, [Online]. Available: https://greenvest.co.id/
U. Rahardja, “Skema Catatan Kesehatan menggunakan Teknologi Blockchain dalam Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2022.
M. Taufiqurrohman and M. Yusuf, “Pemanfaatan Energi Terbarukan dalam Pengolahan Daur Ulang Limbah,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 46–57, 2022.
M. Fayiz, N. Hilmy, U. Darusalam, and A. Rubhasy, “Augmented Reality sebagai Media Edukasi Sejarah Bangunan Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah menggunakan Metode Marker Based Tracking dan Algoritma Fast Corner Detection,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 4, no. 2, p. 2020, 2020, doi: 10.35870/jti.
M. R. Anwar, F. P. Oganda, N. P. L. Santoso, and M. Fabio, “Artificial Intelligence that Exists in the Human Mind,” International Transactions on Artificial Intelligence, vol. 1, no. 1, pp. 28–42, 2022.
Z. F. A’ini, S. M. Soenarno, and Z. R. Alfy, “Hasil Edukasi Healthy Food Jelly Jahe Di PKK Mawar Kramat Jati, Jakarta Timur,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 51–59, Jun. 2022, doi: 10.30998/jpmbio.v1i1.1037.
Q. Aini et al., “Security Level Significance in DApps Blockchain-Based Document Authentication,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 4, no. 3, pp. 292–305, 2022.
H. Haerullah and E. Elihami, “FORMAL DAN NON FORMAL”.
M. Rakhmansyah et al., “Smart Digital Signature Berbasis Blockchain Pada Pendidikan Tinggi Menggunakan Metode SWOT.”
I. Akbar Endarto, “ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 1, pp. 37–51, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
E. R. Marjito1 and K. Juniardi2, “URGENSI PENANAMAN NILAI-NILAI BUDAYA BERBASIS TRADISI SAPRAHAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI KOTA PONTIANAK URGENCY OF PLANTING CULTURAL VALUES BASED ON SAPRAHAN TRADITION IN LOCAL HISTORY LEARNING IN PONTIANAK CITY.”
Q. Aini, E. P. Harahap, N. P. L. Santoso, S. N. Sari, and P. A. Sunarya, “Blockchain Based Certificate Verification System Management,” APTISI Transactions on Management (ATM), vol. 7, no. 3, pp. 1–10, 2023.
D. Apriliasari and B. A. P. Seno, “Inovasi Pemanfaatan Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Kekayaan Intelektual Pendidikan,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 68–76, 2022.
Q. Aini, N. Azizah, R. Salam, N. P. L. Santoso, and F. P. Oganda, “SKEMA KREDIBILITAS SERTIFIKAT BERBASIS ILEARNING GAMIFIKASI BLOCKCHAIN PADA KAMPUS MERDEKA,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, 2022.
“148-Article Text-1510-1-10-20210819”.
D. Aulia Ramadhani, R. Kurniasari, P. Studi Gizi, F. Ilmu Kesehatan, and U. Singaperbangsa Karawang, “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Literature Review:Pengaruh Media Komunikasi Terhadap Keamanan Makanan Jajanan Pada Anak Sekolah Dasar”, doi: 10.5281/zenodo.6408379.
Yusrawati, T. Mariyanti, and N. Septiani, “The Effect of Commitment to Managerial Performance Intervening variable at the National Baznas of Riau Province,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 4, no. 2, pp. 135–141, Jul. 2022, doi: 10.34306/att.v4i2.249.
A. S. Anwar, U. Rahardja, A. G. Prawiyogi, N. P. L. Santoso, and S. Maulana, “iLearning Model Approach in Creating Blockchain Based Higher Education Trust,” International Journal of Artificial Intelligence Research, vol. 6, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.29099/ijair.v6i1.258.
J. P. Antropologi and A. Aricindy, “Pelestarian Panganan Tradisional Melalui Pasar Kamu Kawan Lama dalam Mengembangkan Wisata Kuliner di Daerah Pantai Labu Preservation of Traditional Food Through Pasar Kamu Kawan Lama in Developing Culinary Tourism in the Labu Beach Area,” vol. 4, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bdh
P. A. Sunarya, “Penerapan Sertifikat pada Sistem Keamanan menggunakan Teknologi Blockchain,” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 58–67, 2022.
S. T. Sampoerna, U. Rahardja, Mardiana, V. T. Devana, and N. P. Lestari Santoso, “Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi,” ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 46–55, Mar. 2022, doi: 10.34306/adimas.v2i2.567.
M. Fayiz, N. Hilmy, U. Darusalam, and A. Rubhasy, “Augmented Reality sebagai Media Edukasi Sejarah Bangunan Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah menggunakan Metode Marker Based Tracking dan Algoritma Fast Corner Detection,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 4, no. 2, p. 2020, 2020, doi: 10.35870/jti.
“dampak-kecerdasan-buatan-bagi-pendidikan”.
W. Hadi, “MENGGALI POTENSI KAMPUNG WISATA DI KOTA YOGYAKARTA SEBAGAI DAYA TARIK WISATAWAN,” 2019.
R. M. Aboe and M. Ibrahim, “PENGEMBANGAN COMMUNITY-BASED TOURISM (PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT) DI KAWASAN EKOWISATA PANTAI KASTELA KOTA TERNATE SELATAN,” 2019.
M. Mutiani, E. Warmansyah Abbas, S. Syaharuddin, and H. Susanto, “Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah,” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, vol. 3, no. 2, pp. 113–122, May 2020, doi: 10.17509/historia.v3i2.23440.
A. Suherman, D. Weny, and W. Bastaman, “PERKEMBANGAN SEKOLAH RAKYAT (VOLKSCHOOL) DI GUNUNG KENCANA KABUPATEN LEBAK BANTEN,” Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, vol. 2, no. 2, 2019.
U. Rahardja, “Blockchain Education: as a Challenge in the Academic Digitalization of Higher Education,” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI), vol. 4, no. 1, pp. 62–69, Sep. 2022, doi: 10.34306/itsdi.v4i1.571.